2 Cara Membuat Air Garam Untuk Batuk Paling Sederhana Tapi Ampuh

Selain sebagai bahan penyedap rasa bumbu dapur, garam juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya mengobati batuk. Sebelum menggunakan garam, ketahuilah cara membuat air garam untuk batuk.

Batuk sendiri merupakan masalah yang pernah dialami oleh semua orang di dunia, entah anak-anak, orang dewasa, apalagi orang tua. Batuk sendiri merupakan suatu respon alami dalam tubuh seseorang terhadap sistem pernapasan yang berfungsi untuk mengeluarkan partikel ataupun zat dalam saluran pernapasan, dan juga bermanfaat untuk mencegah masuknya benda-benda asing ke dalam sistem pernapasan seseorang.

Penyebab Batuk

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat air garam untuk batuk, mari kita ketahui dulu apa saja penyebab batuk. Berdasarkan penyebabnya, secara garis besar batuk dapat dibagi menjadi dua. Yang pertama ada batuk akut atau batuk yang berlangsung dalam jangka waktu yang pendek, dan yang kedua ada batuk kronis atau batuk yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

1. Batuk akut

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami batuk akut. Berikut penjelasannya

  • Keadaan alergi seperti rhinitis atau yang lebih dikenal dengan demam
  • Faktor menghirup debu dan asap di ruang terbuka atau tertutup
  • Adanya akibat dari peningkatan kesehatan jangka panjang seperti asma, penyakit paru atau bronchitis kronis
  • Adanya infeksi saluran pernapasan bawah yang mempengaruhi kondisi paru-paru atau saluran udara bagian bawah. Contohnya seperti pneumonia
  • Adanya infeksi saluran pernapasan atas yang di mana menyerang tenggorokan atau sinus penderita. Contohnya seperti radang tenggorokan, sinusitis, flu, dan pilek

Jika kamu mengalami kondisi batuk akut ini, jangan pernah untuk disepelekan. Segeralah lakukan tindakan pencegahan masalah dengan hal-hal sederhana. Bisa juga dengan memanfaatkan air garam yang akan dijelaskan di bawah bagaimana cara membuat air garam untuk batuk. Jika ini dibiarkan, maka bisa memicu terjadinya batuk kronis pada diri kamu sendiri

2. Batuk kronis

Yang kedua ada batuk kronis atau jenis batuk yang berlangsung dalam jangka waktu lama pada tubuh penderitanya. Batuk kronis ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut

  • Penderita yang sering merokok
  • Terjadinya infeksi saluran pernapasan jangka panjang pada tubuh seseorang. Seperti bronkitis kronis.
  • Terjadi Bronkiektasis pada tubuh seseorang. Bronkiektasis ini sendiri merupakan kondisi yang di mana saluran udara paru-paru seseorang melebar secara tidak normal.
  • Di sebabkan oleh gejala seperti sesak napas, nyeri dada, dan mengi.

Kandungan Garam

Lebih baik jika sebelum mengetahui cara membuat air garam untuk batuk kamu mengetahui terlebih dahulu kandungan pada garam. Berikut akan dipaparkan beberapa kandungan pada garam.

1. Yodium

Garam dapur yang dijual bebas dipasaran mengandung zat yodium yang sangat tinggi.  Zat ini juga memilik manfaat yang sangat besar. Di mana mampu membantu meningkatkan kecerdasan si anak pada saat masa pertumbuhannya.

2. Phosfor

Kandungan phospor juga dimiliki oleh garam dapur. Yang mana kandungan phosphor ini memiliki manfaat untuk pembentukan tulang sekaligus bermanfaat sebagai pembentuk gigi.

3. Cobalt

Cobalt sendiri juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat luar biasa dan dibutuhkan oleh tubuh seseorang. Manfaat cobalt itu sendiri adalah untuk melakukan pembentukan pada pembuluh darah.

4. Kalsium

Zat kalsium pada garam juga memiliki manfaat yang besar. Di mana bermanfaat untuk membentuk fungsi dalam tulang dan gigi seorang manusia. Selain itu juga memiliki peranan sebagai vitalitas otot pada tubuh seseorang.

5. Kalium

Kalium itu sendiri memiliki manfaat untuk membentuk aktivitas otot pada jantung agar berjalan dengan lancar sesuai fungsinya.

6. Zinc atau seng

Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan enzim dan hormone.

7. Sulfur atau belerang

Sulfur atau belerang yang ada pada garam berfungsi sebagai proses pembentukan protein dalam tubuh.

8. Chlor

Kandungan Chlor pada garam memiliki peran yang sangat penting. Yang mana dapat membantu dalam proses pembentukan HCL dalam tubuh. Dan HCL ini memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman dan bibit penyakit dalam lambung serta mengaktifasi pepsinogen menjadi pensin.

9. Flour

Flour dalam garam memiliki manfaat sebagai pembentuk lapisan email pada gigi yang mampu melindungi dari segala macam masalah pada gigi seseorang.

10. Natrium atau Na

Kandungan natrium yang ada pada garam memiliki manfaat pembentuk faram di dalam tubuh dan memiliki fungsi untuk menghantar impuls dalam saraf dan tekanan osmosi yang terlatak pada sel. Yang mana ini berfungsi untuk menjaga kesinambungan cairan sel dengan cairan lain yang ada disekitarannya.

11. Tembaga

Kandungan tembaga yang ada pada garam dimanfaatkan oleh tubuh sebagai bahan untuk pembentuk hemoglobin di dalam sel darah merah seseorang.

12.  Mangan

Kandungan mangan itu sendiri memiliki fungsi untuk menjaga tubuh seseorang terutama dalam sistem pertumbuhan pada sistem reproduksi.

Cara Membuat Air Garam Untuk Batuk

Setelah kamu mengetahui penyebab batuk, tentu kamu akan mencari solusinya. Kali ini kamu bisa menggunakan solusi yang sangat sederhana di aplikasikan dan tentunya bahannya mudah untuk didapatkan. Penasaran? berikut penjelasan lengkapnya!

1. Menjadikan air garam sebagai air berkumur

Cara membuat air garam untuk batuk yang pertama adalah dengan menjadikan obat kumur. Dengan cara menjadikan garam sebagai air untuk berkumur dipercaya ampuh untuk meredakan iritasi pada tenggorokan dan menghilangkan dahak pada tengorokanmu.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana dan mudah kamu lakukan di rumah

  • Siapkan garam, air hangat, dan cangkir
  • Tuangkan  garam barang ¼ sendok teh atau ½ sendok teh ke dalam gelas
  • Tuangkan air hangat ke dalam campuran garam pada cangkir
  • Aduk hingga campuran merata
  • Selesai

Setelah selesai membuat campurannya kamu tinggal menggunakannya untuk berkumur di mulut. Pastikan air campuran tidak terlalu panas saat menggunakannya untuk berkumur.

Untuk masalah berkumur menggunakan air garam ini telah dibuktikan dengan sebuah studi yang dilakukan di The Mayo Clinic. Yang mana saat penelitian ini melibatkan 400 orang secara acak saat musim dingin dan pilek. Ketika melakukan penelitian ini, maka ditemukanlah bahwa berkumur dengan air garam sebanyak tiga kali dalam sehari sangat ampuh menyembuhkan kondisi infeksi pernapasan hingga 40 persen.

Untuk manfaat berkumur dengan air garam ini bisa digunakan oleh mereka yang masih sehat atau juga yang sudah mengalami permasalah batuk dan pilek. Lantas kenapa air garam mampu hilangkan batuk dan pilek?

Jawaban dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa larutan air garam mengandung larutan yang bernama saline. Yang mana larutan ini bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan cairan yang meradang pada tenggorokan seseorang. Sehingga sakit pada tenggorokan pun bisa hilang secara tuntas. Menarik bukan?

Kendati demikian air garam ampuh untuk basmi batuk dan pilek yang mengganggu, jangan sekali-kali memberikan campuran ini pada anak yang memiliki usia di bawah 6 tahun. Karena anak yang umur di bawah 6 tahun, sebagian besar belum bisa berkumur secara baik. Jika ini diberikan, bisa-bisa menimbulkan masalah yang baru lagi pada anak tersebut.

2. Dengan cara diminum langsung

Cara membuat air garam untuk batuk yang kedua bisa dengan diminum. Caranya pun sangat mudah

  • Siapkan 1,5 sendok teh garam dan air hangat
  • Tuangkan air hangat ke dalam gelas
  • Tuangkan 1,5 sendok teh garam ke dalam gelas
  • Aduk campuran hingga merata
  • Selesai

Kini kamu bisa meminum campuran air garam ini. Perlu diingat, air hangat yang digunakan jangan terlalu panas agar tidak terjadi masalah baru lagi.

Nah itulah 2 cara membuat air garam untuk batuk yang sangat mudah untuk kamu lakukan. selain caranya, juga ada 2 penyebab umum seseorang mengalami permasalah batuk dalam dirinya. Selamat mencoba!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *