6 Cara Melancarkan Haid Alami dan Faktor Penyebabnya, Wanita Wajib Baca!

By

Haid atau menstruasi adalah rutinitas yang dialami wanita secara periodik sejak puber dengan waktu normal antara 4 hingga 6  hari dalam satu bulanan. Haid sering kali menjadi masalah bulanan yang kerap kali wanita alami, salah satunya ketika terjadi haid yang tidak lancar. Walau terbilang sebagai rutinitas, tidak semua wanita tahu cara melancarkan haid saat mereka mengalami masalahnya.

Apalagi bagi mereka yang baru beberapa kali mengalami menstruasi. Biasanya sering kali terjadi masalah haid tidak lancar. Bahkan tidak sedikit wanita yang mengalami gangguan haid sampai pingsan karena menahan sakit yang luar biasa.

Faktor Penyebab Haid Tidak Lancar

Tidak lancarnya haid yang dialami oleh seorang wanita, disebabkan oleh beberapa faktor. Apalagi mereka yang masih dalam masa puberitas, biasanya mereka ini paling sering mengalami masalah gangguan haid. Adapun beberapa faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Pikiran stres

Stres menjadi faktor utama seorang wanita mengalami masalah haid. Jika seseorang mengalami stres biasanya akan mengalami pengunduran waktu haid yang tidak normal, bisa 3-7 hari. Hal ini dikarenakan hypothalamus sebagai hormon pengatur siklus haid yang ada di otak terganggu. Sehingga siklus haid menjadi tidak normal seperti biasanya.

2. Mengalami Sakit

Selain stres, seorang wanita yang mengalami masalah haid adalah juga karena mengalami sakit. Beberapa jenis penyakit akan mengganggu siklus haid pada wanita, salah satunya adalah jamur atau bahkan lainnya yang lebih berbahaya.

3. Hormon tidak seimbang

Hormon juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tidak lancarnya haid pada wanita. Hormon yang mengalami masalah akan menghambat siklus haid beberapa hari. Haid terjadi karena kerja sama antar otak, sel telur, kelenjar otak dan juga kelenjar tiroid. Jika hormon gangguan maka otomatis haid akan terganggu juga.

4. Penurunan berat badan

Jika kamu saat ini sedang mengikuti program diet dan terjadi penurunan berat badan yang besar, maka bisa jadi hal tersebut menghambat siklus haid. Namun kondisi seperti ini, kamu jangan diam saja. Segera lakukan konsultasi dengan dokter.

5. Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah salah satu jenis kelenjar yang dapat mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Kelenjar tiroid memiliki peran penting dalam siklus haid dan sistem dalam tubuh. Jika kelenjar tiroid gangguan, maka bisa menyebabkan beragam jenis masalah salah satunya seperti terlambat haid.

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Cara melancarkan haid ini sebenarnya bisa dilakukan dengan beragam cara mulai dari memperbaiki pola  hidup, istirahat yang cukup, menenangkan pikiran dan juga menjaga pola makan serta dengan obat pelancar haid.

Akan tetapi ada cara lain yang lebih aman dan lebih mudah digunakan oleh para wanita, yaitu dengan cara yang alami. Selain lebih aman dan tidak memiliki efek samping, cara ini juga mudah dilakukan karena berasa dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

1. Air seduhan jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang dikenal dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan dapur. Namun bukan itu saja, bagi wanita yang mengalami masalah gangguan haid juga bisa lho menggunakan jahe sebagai alternatif obat alami haid. Jahe memiliki kandungan minyak atsiri, vitamin A, B2, C, serat, lemak, calium, zat Besi, fosfor dan lainnya.

Untuk menggunakan jahe sebagai obat alami untuk melancarkan haid sangat mudah. Kamu cukup mempersiapkan beberapa siung jahe, kemudian merebusnya dalam waktu yang cukup. Pisahkan jahe dan air rebusannya. Diamkan hingga dingin lalu minum secara rutin sampai haid lancar.

2. Jamu kunyit

Selain jahe, bubu dapur kedua yang juga terkenal memiliki banyak manfaatnya adalah kunyit. Kunyit memiliki zat anti oksidan dan anti inflamasi tinggi yang sangat bagus bagi tubuh. Selain itu kurkumin dalam kunyit juga bisa memberikan dampak luar biasa bagi tubuh kamu.

Buat kamu yang mengalami masalah haid, kunyit bisa menjadi obat alternatif yang tepat. Cara menggunakan kunyit sebagai obat pelancar haid ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat jamu berbahan dasar kunyit. Lalu minum secara rutin hingga haid lancar dan normal kembali.

3. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau bukan hanya nikmat dikonsumsi saja, melainkan juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang luar biasa. Air kelapa hijau memiliki kandungan senyawa anti bakteri dan anti virus yang terlarut dalam cairannya. Senyawa anti bakteri dalam air kelapa ini tentu sangat bagus untuk mengatasi bakteri dan virus.

Cara melancarkan haid dengan menggunakan air kelapa ini sangat mudah. Kamu hanya perlu meminum air kelapa hijau ini secara rutin. Senyawa dalam air kelapa akan membantu mengatasi bakteri dan virus serta mencukupi kandungan air dalam tubuh untuk membantu melancarkan metabolisme.

4. Air Rebusan daun pepaya

Jangan pernah sepelekan dengan daun pepaya. Walau dikenal dengan rasa pahitnya, namun ternyata dalam daun pepaya ini terkandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi tubuh lho. Menurut hasil riset dan penelitian membuktikan bahwa daun pepaya mengandung vitamin A, B, C,D, E dan juga kalsium.

Semua jenis vitamin ini tentu sangat dibutuhkan bagi tubuh. Selai itu, daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada haid dengan baik. Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah dengan merebus daun pepaya tadi, campurkan asam Jawa da tambahkan sedikit garam.

5. Jus wortel

Wortel memang terkenal dengan khasiatnya. Beragam jenis kandungan vitamin seperti vitamin A, C, kalsium dan Iron terkandung dalam wortel. Biasanya jus wortel dikonsumsi orang yang sedang mengalami diet untuk melancarkan metabolisme tubuh. Namun disamping itu, jus wortel juga bagus bagi wanita yang mengalami masalah haid.

Konsumsi jus wortel secara teratur maka haid yang bermasalah akan kembali membaik. Berbagai kandungan dalam wortel akan memperbaiki hormon dalam tubuh yang pada akhirnya akan memperbaiki siklus haid.

6. Makan makanan sehat

Masalah utama dari gangguan haid adalah hormon yang terganggu. Salah satu cara terbaik yang bis digunakan untuk mengatasinya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan cukup serat. Dengan demikian, maka hormon dalam tubuh akan kembali bekerja dengan baik dan memperbaiki sistem dalam tubuh, termasuk memperbaiki masalah siklus haid.

Mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur adalah salah satu hal yang penting anda lakukan agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik. Buah dan sayur adalah 2 jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme dan mencukupi gizi dengan baik. Apabila hal ini dilakukan dengan baik dan teratur maka siklus haid akan kembali normal.

Selain beberapa cara melancarkan haid diatas, kamu juga bisa melakukan beragam jenis aktivitas lain untuk membantu mengatasi masalah haid dengan baik. Beberapa hal penting yang harus dilakukan agar haid lancar adalah istirahat cukup, jaga pikiran, yoga, meditasi hingga melakukan terapi hormon dan konsultasi dengan dokter.

Tinggalkan komentar