Kandungan, Manfaat dan Cara Konsumsi Ketumbar untuk Kesehatan

sumbersehat – Jika Anda belum tahu, ada banyak cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Ya, salah satu bumbu dapur yang kerap dijumpai di berbagai masakan ini ternyata banyak menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan. Tak hanya aromanya yang khas, ketumbar juga punya segudang nutrisi dan bisa disulap jadi obat alami.

Ketumbar diyakini bisa mengobati gangguan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, hingga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lalu, apakah itu benar? Jika iya, bagaimana mengolah ketumbar agar bisa menjadi obat? Apakah ketumbar direbus atau direndam? Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak terus artikel berikut dan temukan beragam keutamaan ketumbar bagi kesehatan.

cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan

Kandungan Ketumbar untuk Kesehatan

Sebelum membahas tentang cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan, kita akan bahas dulu mengenai kandungannya. Bernama latin coriandrum sativum, ketumbar tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur tapi juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan alami beberapa penyakit.

Ini bukan merupakan fakta yang mengherankan sebab ketumbar memang memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Apa saja sebenarnya kandungan rempah-rempah satu ini? Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun ketumbar dipercaya kaya akan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Kandungan baik lain pada ketumbar diantaranya vitamin A,C,D,E, thiamin, riboflavin, niacin, hingga kalsium. Disebutkan juga bahwa ketumbar bersifat antibakteri, antioksidan, antijamur, bahkan dapat mencegah penyakit jantung. Lalu bagaimana cara merebus ketumbar untuk kesehatan jantung? Untuk mengetahui lebih lengkap tentang kandungan baik pada ketumbar dan cara mengolahnya, simak beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan berikut!

Inilah Manfaat dan Cara Konsumsi Ketumbar untuk Kesehatan

Adapun manfaat serta cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan adalah:

Ketumbar Lancarkan Pencernaan

Ketumbar merupakan rempah yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan ini nantinya akan menghasilkan sebuah enzim yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Ketumbar dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, bahkan perut kembung.

Cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan pencernaan sendiri bisa Anda lakukan dengan cara merebus ketumbar dan meminum airnya. Anda juga bisa menambahkan bubuk ketumbar ke dalam jus buah apel atau kiwi yang dikenal efektif melancarkan pencernaan. Namun, Anda juga harus mengimbanginya dengan pola makan sehat dan penuhi kebutuhan serat harian.

Ketumbar untuk Jantung Sehat

Sebuah penelitian berhasil menemukan bahwa ketumbar bisa dimasukkan sebagai salah satu rempah yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, beberapa kandungan pada ketumbar dipercaya bisa mengendalikan kolesterol dan tekanan darah. Jika kedua hal tadi bisa dikendalikan, maka Anda bisa menghindari resiko penyakit Jantung.

Berdasarkan penelitian, ketumbar diketahui bisa menurunkan lemak jahat dan meningkatkan kolesterol LDL atau lemak baik dalam tubuh. Hebatnya lagi, antioksidan yang ada pada ketumbar juga dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Selanjutnya, ekstrak ketumbar dapat membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan urine dengan zat diuretiknya. Ini menjadikan ketumbar secara efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan kemampuannya mengendalikan kolesterol dan tekanan darah, dapat disimpulkan bahwa ketumbar bisa menjaga kesehatan jantung.

Lalu, bagaimana cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan jantung? Anda bisa merebus ketumbar hingga wangi dan menyaringnya untuk mendapatkan sari-sarinya. Ada juga yang menyarankan untuk disimpan semalam sebelum dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa meminum suplemen yang mengandung ketumbar yang saat ini sangat mudah untuk ditemukan.

Ketumbar Obat Batuk dan Pilek

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat pada rempah satu ini adalah vitamin C yang telah dikenal bermanfaat bagi tubuh. Ini menjadikan ketumbar sebagai salah satu obat alami untuk meredakan batuk atau pilek. Vitamin C sendiri dipercaya mengandung antioksidan yang baik untuk imunitas.

Jika sedang terserang pilek atau batuk, Anda bisa mengikuti cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan berikut: Selain meminum air rebusan, Anda bisa mencampurkan ketumbar pada jus buah atau sayur yang kaya akan vitamin C, seperti jus bayam, semangka, buah bit, ataupun tomat.

Ketumbar dan Antimikroba

Selain kandungan-kandungan baik di atas, ketumbar juga dinilai ampuh melawan bakteri pembawa penyakit yang ada pada makanan. Dengan kandungan antimikrobanya, ketumbar bisa membunuh bakteri jahat seperti salmonella yang bisa menimbulkan keracunan makanan.

Selain bijinya, daun ketumbar pun juga mengandung zat dodecanol yang dipercaya bisa membunuh bakteri salmonella. Adapun cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan, terutama membunuh bakteri pada makanan, adalah dengan mencampurkan daun atau biji rempah ini ke dalam masakan.

Ketumbar Turunkan Gula Darah

Ketumbar memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita diabetes dan wajib untuk selalu menjaga kadar gula darah. Sebab, serat yang terkandung dalam ketumbar diyakini efektif menyeimbangkan gula darah dalam tubuh Anda. Namun tentu saja Anda perlu berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

Ketumbar untuk Kulit Cantik

Ketumbar mungkin bisa disebut sebagai rempah-rempah yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Pertama, ketumbar diyakini memiliki manfaat untuk meredakan ruam ringan pada kulit seperti dermatitis. Kedua, penelitian juga telah menemukan adanya kandungan pada ketumbar yang bisa mencegah kerusakan sel akibat sinar ultraviolet yang dapat memicu penuaan.

Ada beberapa cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan kulit yang bisa Anda lakukan di rumah. Salah satunya, Anda bisa menggunakan campuran lidah buaya dan ketumbar sebagai masker kulit. Masker ini diyakini bisa memperlambat munculnya kerutan pada kulit. Namun, jika terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian masker ini, ya.

Efek Samping Ketumbar

Meski memiliki banyak kandungan baik, namun tentu saja Anda perlu memperhatikan cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan yang baik dan benar. Ada baiknya Anda mendiskusikan terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter ahli tentang kondisi kesehatan Anda. Jangan sampai karena konsumsi berlebihan justru akan muncul efek samping lain yang tidak diharapkan.

Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa mempelajari kandungan pada ketumbar yang tidak dibutuhkan atau yang tak baik bagi kondisi kesehatan Anda. Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan oleh konsumsi ketumbar yang tidak tepat:

Darah Rendah

Karena kandungannya yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, konsumsi ketumbar yang berlebihan dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah baru seperti darah rendah. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda agar berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi perihal batas konsumsi air rebusan ketumbar.

Alergi dan Hipersensitivitas

Amat penting untuk mengetahui apakah Anda memiliki kecenderungan alergi terhadap ramuan atau obat herbal ketumbar sebelum mengonsumsinya. Alergi yang timbul sendiri bisa beragam dan berbeda-beda pada setiap orang. Itulah kenapa pendampingan ahli nutrisi dan dokter pribadi sangat diperlukan dalam hal ini.

Tidak Disarankan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Konsumsi obat herbal ketumbar seperti suplemen sangat tidak disarankan untuk Ibu hamil dan menyusui. Alasannya karena sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa menjamin keamanannya. Sementara itu, konsumsi ketumbar sebagai bumbu masak tetaplah aman meski tetap harus dalam batas wajar.

Itulah beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan beserta efek samping yang perlu diperhatikan. Siapa yang menyangka bahwa rempah-rempah yang sangat kecil ini menyimpan banyak manfaat. Dengan memperhatikan cara konsumsi ketumbar untuk kesehatan yang baik dan benar, Anda bisa mendapatkan banyak sekali khasiat dari bumbu dapur satu ini.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *