7 Cara Hidup Sehat Sederhana yang Bikin Bugar dan Awet Muda

By

Awet muda adalah salah satu bonus yang didapatkan jika kamu berhasil menjalankan pola hidup sehat. Namun sayang, saat ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara hidup sehat, baik fisik maupun batin. Padahal ada banyak lho cara sederhana yang bisa dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatannya. Jika kamu belum tahu, simak deh 7 cara hidup sehat sederhana berikut ini.

 Manfaat Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan hidup sehat memang wajib dan disarankan oleh semua dokter dan ahli kesehatan. Pola hidup yang sehat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, baik di masa sekarang ataupun di masa mendatang.

Pola hidup sehat dapat meminimalisir risiko terjangkit penyakit ringan hingga berbagai jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan.  Sebelum tahu pola cara hidup sehat sederhana, agar lebih semangat menjalankan pola hidup sehat anda harus tahu dulu manfaatnya.

Adapun beberapa jenis manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika kamu menjalankan pola hidup sehat, diantaranya:

1. Badan Menjadi Bugar

Jika kamu berhasil menjaga pola hidup dengan baik maka bada kamu akan terasa lebih enak, segar, bugar dan lebih bertenaga. Sehingga kamu akan selalu siap menghadapi setiap aktivitas setiap hari dengan baik. Kamu tidak akan merasa lelah ketika bangun tidur. Sebaliknya, kamu akan sehat dan lebih siap untuk hadapi hari.

2. Lebih percaya diri

Jika  kamu menjaga pola hidup sehat dengan baik, maka kamu akan mendapatkan tingkat percaya diri yang sangat tinggi. Hormon tubuh kau akan terjaga dengan baik, sehingga semangat dan mood kamu juga akan terjaga dengan sangat baik sekali.

3. Hidup lebih terasa nyaman

Hidup kamu akan terasa lebih nyaman sekali ketika kamu menjaga pola hidup dengan baik. Tubuh kamu akan selalu siap dengan semua aktivitas yang akan kamu jalankan setiap hari. Pikiran dan badan kamu akan terjaga dengan baik. Semua hal-hal negatif akan hilang dengan baik.

4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Pola hidup yang sehat dan terjaga dengan baik akan meningkatkan konsentrasi 2 kali lebih tinggi. Pikiran orang yang memiliki pola hidup sehat akan terjaga dengan baik. Sehingga ia akan lebih mampu mengendalikan semua pikirannya dengan sangat baik.

5. Bisa menikmati kehidupan sosial dengan baik

Orang yang memiliki pola hidup yang sehat akan memiliki lebih banyak waktu untuk bergaul, bercengkrama dan melakukan aktivitas sosial lain dengan para tetangganya. Pola hidup sehat mengharuskan seseorang untuk tidak  terpaku hanya pada satu hal saja. Ini tentu akan memperbaiki hubungan sosial dengan baik.

Cara Hidup Sehat Sederhana

Melihat dari manfaatnya, hidup sehat itu sangat enak sekali bukan? Bagaimana cara menjalankan hidup sehat yang sederhana agar bisa mendapatkan manfaatnya seperti diatas? Ada banyak cara yang harus dijalankan. Berikut adalah beberapa tahapan dan langkah cara menjalankan hidup sehat mulai dari hal yang sederhana.

1. Sarapan di bawah jam 9 pagi

Sarapan adalah hal yang paling sederhana yang wajib dilakukan oleh semua orang. Namun, banyak orang yang tidak melakukannya dan menyepelekan nya. Padahal,  aturan cara hidup sehat sederhana, sarapan adalah hal paling penting yang harus diperhatikan.

Salah satu masalah kesehatan yang sering kali dialami banyak orang adalah dari telat nya sarapan atau bahkan tidak sarapan sama sekali. Disarankan untuk sarapan dibawah jam 9 pagi. Jika berat badan anda berlebih sarapan diantara jam 7-9 pagi hari. Jika berat badan anda ideal, maka sarapan dibawah jam  6-8 pagi adalah yang terbaik.

2. Rutin olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang harus dan penting dilakukan oleh setiap orang yang ingin memiliki pola hidup sehat. Kurang olahraga sering kali menjadi masalah serius bagi tubuh. Otot yang tidak digerakkan dan lebih sering diam cenderung akan kaku.

Bahkan bukan hanya itu, jarang olahraga juga akan meningkatkan risiko pengendapan lemak jahat dalam tubuh yang akan meningkatkan banyak risiko kesehatan. Ketika berolahraga makan pikiran anda akan terbuka, racun dan kotoran dari dalam tubuh akan dibuang melalui keringat.

3. Minum air yang cukup

Air adalah kebutuhan pokok bagi tubuh, jika tubuh kekurangan cairan maka akan menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti flu, demam, batuk dan beragam jenis penyakit lainnya. Tubuh  manusia 70% nya terdiri atas air.

Apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan maka beberapa sel dan sistem dalam tubuh akan mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

4. Tidur dan bangun di jam yang sama

Salah satu cara hidup sehat sederhana yang juga tidak boleh dilewatkan adalah dengan memperhatikan pola istirahat (tidur). Manusia pada umumnya membutuhkan waktu tidur 6-8 jam dalam sehari. Apabila kurang dari itu da  sering kali dilakukan dalam waktu lama,  maka akan jadi masalah bagi kesehatan.

Agar hidup lebih teratur dengan baik, disarankan untuk tidur dan bangun di jam yang sama dengan porsi tidur yang cukup dan posisinya yang bagus dan menyehatkan. Jika hal ini dijaga dengan baik, maka kinerja tubuh akan jauh lebih baik.

5. Konsumsi sayur dan buah

Untuk menjaga tubuh agar tidak sakit dan selalu fit, sehat dan bugar, asupan nutrisi dari makanan sangatlah penting. Tubuh membutuhkan gizi dan serat yang cukup untuk menjaga pola hidup yang lebih baik.

Sayur dan buah adalah 2 jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai vitamin dan serat yang terkandung dalam buah dan sayur akan membantu melancarkan proses metabolisme dan sistem kekebalan tubuh serta menjaga sel tubuh tetap sehat.

6. Hindari alkohol dan yang mengandung gula tinggi

Alkohol dan minuman atau makanan yang mengandung gula tinggi adalah jenis makanan dan minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Apalagi jika di konsumsi secara rutin.

Jenis makanan dan minuman ini akan menimbulkan banyak masalah dan gangguan kesehatan sel dalam tubuh. Minuman tinggi gula akan meningkatkan risiko diabetes dan dapat merusak sistem imun dalam tubuh. Salah satu cara hidup sehat sederhana yang harus dilakukan adalah dengan menghindarinya.

7. Berpikir positif

Tahukah kamu bahwa salah satu kunci pola hidup sehat yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga pikiran kita. Pikiran bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Pikiran yang tidak baik cenderung akan menimbulkan kebiasaan yang tidak baik lainnya.

Seperti salah satunya adalah ke emosi yang tidak stabil dan hilangnya nafsu makan. Jika sudah demikian tentu ini akan sangat bertentangan dengan pola dan kebiasaan pola hidup sehat. Jika ha ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama, akan berdampak pada kesehatan jangka panjang yang jauh lebih berbahaya lagi.

Nah dari uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa ternyata cara hidup sehat sederhana itu sangat mudah sekali dijalankan. Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mulai dari cara makan, cara tidur, hingga menjaga kesehatan emosional kita dengan baik.

Tinggalkan komentar