Cara Enak dan Praktis Dapatkan 6 Manfaat Sayur dan Buah Buahan

Cara enak dan praktis dapatkan manfaat sayur dan buah buahan memang selalu dicari. Sebab, tidak banyak yang terbiasa makan sayur dan buah. Ditambah lagi, pesona makanan ringan yang manis ataupun gurih membuat sebagian orang lebih memilihnya dibanding makan sayur dan buah. Padahal, sebagaimana kita ketahui, konsumsi buah dan sayur sangat diperlukan tubuh. Bahkan, diet sehat dan seimbang selalu menyertakan buah dan sayur dalam menu harian yang wajib dikonsumsi.

manfaat sayur dan buah buahan
manfaat sayur dan buah buahan

Manfaat Sayur dan Buah Buahan Bagi Tubuh

Umumnya, orang yang terbiasa mengonsumsi buah dan sayur akan lebih sehat. Risiko terken penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan juga stoke menjadi lebih rendah. Selain itu, kondisi kelembapan dan kesehatan kulit juga lebih tinggi. Kulit lebih elastis, bercahaya, dan tampak sehat. Buah dan sayur yang dikonsumsi dalam porsi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut manfaat buah dan sayur bagi tubuh:

Menjaga kesehatan jantung

Sebagai penyakit yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia, ada baiknya menghindari terjadinya penyakit jantung. Caranya adalah dengan memelihara kesehatan  jantung melalui olahraga dan konsumsi makanan sehat. Ada beberapa buah yang memiliki manfaat sayur dan buah buahan untuk menjaga kesehatan jantung. Di antaranya adalah apel, jeruk, melon jingga, buah beri, pepaya, dan kiwi. Buah-buahan tersebut, selain kaya vitamin dan serat, juga memiliki kandungan kalium yang membantu kerja jantung.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Jangan pernah menyepelekan tingginya tekanan darah. Sebab, tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan komplikasi dengan berbagai penyakit lain.  Misalnya penyakit jantung dan stroke yang dapat berujung pada kematian. Ada beberapa sayur yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Di antaranya adalah bayam, sawi, lobak hijau, bit hijau, kubis, dan selada. Rutin mengonsumsi sayuran hijau yang memiliki kandungan potasium, dapat membantu ginjal mengeluarkan sodium lebih banyak melalui urin. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan pencernaan

Kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan adalah manfaat sayur dan buah buahan. Kekurangan konsumsi serat dapat menyebabkan sembelit. Komplikasi yang terjadi akibat sembelit juga cukup serius. Salah satunya adalah terjadinya pembengkakan pembuluh darah pada anus atau biasa disebut ambeien. Selain itu, konsumsi serat dalam jumlah yang cukup dapat membantu agar merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak makan secara berlebihan. Memenuhi kebutuhan serat melalui konsumsi buah dan sayur setiap hari dapat menghindarkan dari penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol berfungsi membentuk sel sehat, memproduksi vitamin D, dan membuat beberapa hormon yang diperlukan tubuh. Namun, walaupun bermanfaat, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat aliran darah. Penyumbatan ini dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung. Salah satu cara menjaga kadar kolesterol dalam darah adalah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Sebab, serat dapat mencegah kolesterol diserap usus secara berlebihan, sehingga tidak menumpuk dalam darah.

Menjaga kadar gula dalam darah

Bagi penderita diabetes, harus selalu hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Sebab, jika salah memilih makanan, dapat mengakibatkan kadar gula dalam darah melonjak. Namun, ada jenis sayur dan buah yang memiliki manfaat sayur dan buah buahan bagi penderita diabetes tanpa menaikkan kadar gula darah. Selain itu, ada jenis sayuran yang dapat membantu peyembuhan luka pada penderita diabetes berkat kandungan beta karoten, folat, dan vitamin K yang dimiliki. Misalnya bayam dan brokoli.

Menyehatkan mata dan kulit

Kandungan vitamin dalam sayur dan buah sangat baik bagi kesehatan kulit. Ditambah lagi, dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, dapat membantu menjaga kesehatan mata. Adanya kandungan beta karoten, vitamin B6, fosfor, kalium, serat, dan kalium, sangat diperlukan untuk diubah menjadi vitamin A. sebagaimana kita tahu, vitamin A baik untuk kesehatan mata. Buah dan sayur yang baik untuk kesehatan mata, di antaranya adalah wortel, bayam, tomat, alpukat, dan pisang.

Tetap Enak dan Praktis Untuk Mendapatkan Manfaat Sayur dan Buah Buahan

Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi tak jarang orang yang malas mengnsumsi buah dan sayur. Ada yang mengeluhkan tidak suka dengan rasanya. Tak jarang yang lebih memilih junk food untuk dikonsumsi, karena rasanya yang lebih memanjakan lidah. Untuk menyiasati hal ini, banyak orang yang membuat variasi hidangan agar tetap bisa mendapatkan manfaat sayur dan buah buahan. Salah satunya adalah dengan mengolah buah dan sayur menjadi salad.

Salad adalah jenis hidangan berupa campuran sayur ataupun buah dengan siraman saus atau bumbu di atasnya. Hidangan ini mulai dikonsumsi pada masa Romawi dan Yunani kuno. Pada awalnya, bumbu utama dari hidangan ini adalah garam atau dalam bahasa Latin, sal. Inilah asal nama hidangan ini. Dalam perkembangannya, salad tidak hanya berisi sayuran dan buah saja, tetapi juga tambahan bahan lain dengan saus yang beragam.

Umumnya, salad dibuat dengan menggunakan sayuran mentah dan aneka buah-buahan. Namun, tak jarang ditambahkan dengan potongan ayam, daging, ikan, udang, atau keju. Hal ini ditujukan untuk menambah cita rasa dan melengkapi nutrisi pada tiap sajiannya. Salad bisa disajikan dingin ataupun dalam suhu ruang. Ada juga jenis penyajian salad yang dijadikan sebagai isian untuk sandwich. Salad dapat menjadi alternatif  cara konsumsi dalam mendapatkan manfaat sayur dan buah buahan.

Dalam hal pembuatannya, bahan-bahan yang digunakan untuk salad haruslah dalam kondisi segar. Sayuran ataupun buah yang digunakan umumnya dipilih yang memiliki cita rasa crunchy. Perlu diperhatikan juga cara mencuci buah dan sayur agar tidak ada kotoran maupun sisa pestisida yang tertinggal. Apalagi, salad lebih banyak disajikan mentah, sehingga kebersihan dalam pengolahannya harus benar-benar diperhatikan.

Mengonsumsi salad adalah salah satu cara enak dan praktis untuk mendapatkan  manfaat sayur dan buah buahan. Rasa sayuran yang umumnya hambar, dapat dibantu dengan penambahan dressing atau saus hingga rasanya lebih enak. Selain itu, cita rasa perpaduan sayuran yang renyah, atau buah-buahan yang segar dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan begitu, salad bisa menjadi pilihan camilan sehat yang nikmat.

Baca artikel lainnya disini .

Namun, apabila sudah menderita penyakit tertentu, perlu memperhatikan pilihan buah dan sayur yang dijadikan bahan salad. Misalya bagi penderita diabetes, hindari buah dan sayur yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, perhatikan juga pilihan saus saladnya. Bagi penderita tekanan darah tinggi, konsumsilah salad dengan saus yang rendah kandungan garam dan lemaknya.

Membiasakan konsumsi buah dan sayur memang sebaiknya dilakukan sejak kecil. Bahkan, sebelum mengenal rasa makanan buatan pabrikan, sebaiknya anak terlebih dahulu dibiasakan menyukai buah-buahan segar. Salad yang segar, manis dan renyah dapat menjadi camilan favorit anak. Tentunya selain enak, sangat menyehatkan dan mengandung manfaat sayur dan buah buahan bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah manfaat sayur dan buah buahan, juga alternatif cara konsumsinya melalui hidangan salad. Konsumsilah buah dan sayur dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Selain itu, variasikan jenis yang dikonsumsi agar tidak bosan dan kebutuhan nutrisi tubuh dapat terpenuhi. Sebab, kandungan buah dan sayur tidak sama satu dengan yang lainnya. Dengan mengonsumsi aneka buah dan sayur, akan dapat saling melengkapi nutrisinya. Salam sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *