Ini Dia 3 Cara Diet Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman!

By

Sumbersehat.com – Cara diet untuk penderita asam lambung bisa dilakukan untuk mengurangi resiko perut menjadi perih dan melilit karena maag. Diet sering menjadi momok yang menyeramkan bagi penderita asam lambung. Bagaimana tidak, ketika perut kosong pasti asam lambung akan meningkat dan perut menjadi terasa perih.

Tetapi, bagaimana jika anda harus menurunkan berat badan dalam kondisi seperti ini? Anda tidak perlu bingung, karena di bawah ini akan membahas mengenai bagaimana cara diet untuk penderita asam lambung yang aman. Simak penjelasan berikut ini!

Cara diet untuk penderita asam lambung

Inilah Cara Diet Untuk Penderita Asam Lambung

Sebelum mulai melakukan diet, anda harus paham terlebih dahulu prinsip diet yang sebenarnya. Banyak orang yang salah kira jika diet harus memotong porsi makan dalam jumlah besar supaya berat badan cepat turun. Tetapi, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Konsep diet yang sebenarnya adalah dengan mengontrol jumlah makanan dan memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke tubuh. Jadi, salah jika anda memaksakan diri untuk memangkas porsi makan dalam jumlah besar. Anda dapat membuat menu makanan untuk penderita asam lambung ketika melakukan diet ini.

Sehingga dengan membuat menu makanan yang tepat maka perut tidak akan menjadi sakit ketika melakukan proses diet. Anda hanya perlu lebih memperhatikan jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan mengatur porsi makanan.

Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Ketika melakukan cara diet untuk penderita asam lambung, terdapat beberapa makanan yang aman untuk dikonsumsi, yaitu :

Protein rendah kolesterol

Makanan untuk penderita GERD sangat dianjurkan yang memiliki kandungan protein rendah kolesterol. Contohnya seperti ikan salmon, ikan trout, daging dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan putih telur.

Karbohidrat kompleks

Cara diet untuk penderita asam lambung harus memperhatikan asupan karbohidrat harian. Karena dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak akan memperparah gejala asam lambung. Hindari untuk mengkonsumsi karbohidrat olahan seperti kue, donat, dan roti.

Sebaiknya, gunakan karbohidrat kompleks yang memiliki kandungan serat tinggi seperti nasi merah dan roti gandum. Karbohidrat kompleks lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak akan membuat berat badan naik.

Makanan lemak tak jenuh.

Lemak memang harus dihindari dalam makanan untuk penderita GERD. Tetapi bukan berarti anda harus menghilangkan asupan lemak pada makanan. Anda dapat menggantikan lemak jenuh dan lemak trans tersebut dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti almond, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Selama melakukan diet hindari mengolah makanan dengan menggunakan minyak masak.

Jenis daun-daunan tertentu

Beberapa jenis daun-daunan dapat diolah menjadi menu diet penderita maag dan gangguan pencernaan, contohnya seperti daun seledri dan daun kari. Daun-daunan tersebut dapat membantu mengendalikan kadar asam pada lambung.

Jahe

Dalam jahe terdapat kandungan zat-zat anti radang dan sering dipakai untuk mengobati nyeri ulu hati dan gangguan pencernaan. Tambahkan parutan atau potongan jahe ke dalam menu makanan untuk penderita untuk asam lambung. Anda juga bisa meminum air jahe dan teh jahe untuk mengurangi gejala asam lambung.

Buah-buahan tanpa asam

Buah-buahan yang memiliki kandungan asam harus dihindari bagi penderita asam lambung. Karena buah-buahan jenis sitrus dapat meningkatkan asam lambung. Ketika menerapkan cara diet untuk penderita asam lambung konsumsi buah-buahan yang minim asam.

Contohnya seperti melon, pisang, apel, pir, semangka, dan alpukat. Selain karena minim asam, buah-buahan tersebut juga kaya akan serat, magnesium, dan potasium yang baik untuk tubuh.

Sayuran hijau

Sayuran memang baik untuk dikonsumsi ketika melakukan diet. Selain menyehatkan, sayuran memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan berat badan naik. Ketika melakukan diet, anda dapat mengolah makanan untuk maag dengan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kangkung.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari selama melakukan cara diet untuk penderita asam lambung, yaitu :

Makanan tinggi lemak dan kolesterol

Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti gajih, tetelan, dan kulit ayam. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Makanan pedas

Cabai sering menjadi bulan-bulanan bagi penderita asam lambung dan maag. Ketika sedang melakukan diet, kurangi campuran cabai, lada, dan bawang-bawangan ke dalam makanan untuk maag.

Makanan lemak jenuh

Kandungan makanan yang memiliki lemak jenuh banyak terdapat pada kalsium, contohnya seperti susu dan keju.

Buah-buahan citrus

Buah citrus memiliki kandungan asam yang dapat memperparah gejala asam lambung. Hindari mengkonsumsi jeruk, lemon, jeruk nipis, dan nanas supaya perut tidak sakit.

Minuman kafein

Kandungan kafein merupakan musuh bagi penderita asam lambung. Ketika selesai meminum yang mengandung kafein, perut akan terasa kembung, tidak nyaman, dan perih. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari kopi, teh, dan soda ketika melakukan diet ini.

Tips Cara Diet Untuk Penderita Asam Lambung

Setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, berikut ini adalah cara diet untuk penderita asam lambung yang aman, yaitu :

Hindari makanan yang memicu asam lambung

Hal ini menjadi point pertama jika ingin melakukan diet bagi penderita asam lambung. Anda tidak boleh asal makan apa saja ketika melakukan diet ini karena kondisi lambung anda berbeda dengan yang normal. Asam lambung tergolong ke dalam gangguan pencernaan sehingga harus mengatur pola makan dengan benar.

Dengan membuat menu makanan untuk penderita asam lambung dan jadwal makan penderita GERD akan sangat membantu. Anda cukup menghindari beberapa makanan pemicu dapat mengurangi gejala asam lambung meningkat.

Mengatur porsi makan

Cara diet untuk penderita asam lambung berikutnya adalah dengan mengatur porsi makan. Anda harus membiasakan diri untuk makan sebanyak 5-6 kali dengan porsi yang lebih kecil. Dengan cara tersebut, perut tidak akan kosong terlalu lama dan dapat membantu mengendalikan berat badan.

Berolahraga

Apapun jenis diet yang anda lakukan harus diimbangi dengan berolahraga. Dengan mengurangi porsi makan saja tidak akan membuat hasil diet anda maksimal. Olahraga akan membuat tubuh membakar lemak lebih banyak.

Tetapi, bagi penderita asam lambung ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari. Olahraga dengan intensitas tinggi dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik.

Cara diet untuk penderita asam lambung dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan, jogging, yoga, dan berenang. Lakukan olahraga ini minimal 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit per hari.

Jalani gaya hidup sehat

Cara diet untuk penderita asam lambung yang terakhir adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Tidak cukup dengan menjaga makan dan berolahraga jika anda tidak menerapkan hidup sehat.

Contohnya seperti menghindari alkohol, menghindari merokok, serta rutin mengkonsumsi vitamin dan suplemen. Jika dibiasakan, tidak hanya mengurangi gejala asam lambung, tetapi badan akan terasa lebih sehat dan bugar.

Demikian informasi mengenai cara diet untuk penderita asam lambung yang aman. Semoga informasi di atas dapat memberikan pengetahuan kepada anda. Jika gangguan asam lambung semakin parah setelah melakukan diet, segera kunjungi dokter.

Tinggalkan komentar