6 Cara Diet untuk Anak Sekolah, Efektif dan Terbukti Ampuh

By

Sumbersehat.com – Cara diet untuk anak sekolah cukup mudah dilakukan apabila dibimbing dengan cara yang tepat. Kelebihan berat badan bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi anak-anak dapat mengalaminya juga. Kelebihan berat badan pada anak memang mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan penyakit di usia muda.

Saat ini sudah banyak cara menurunkan berat badan yang efektif dan mudah dilakukan, termasuk untuk anak-anak. Diet untuk anak-anak harus selalu dibimbing oleh orang tua. Berikut ini adalah cara diet untuk anak sekolah yang dijamin aman untuk dicoba.

cara diet untuk anak sekolah
cara diet untuk anak sekolah

Inilah Menu Diet untuk Remaja yang Bisa Anda Terapkan

Ada beberapa cara diet untuk anak sekolah yang bisa Anda aplikasikan untuk anak usia remaja yang masih sekolah. Langkah-langkahnya adalah:

Jangan Lewatkan Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

Banyak orang yang sengaja melewatkan sarapan pada saat sedang menurunkan berat badan. Padahal cara menurunkan berat badan seperti itu salah. Karena dengan sarapan akan memberikan tenaga untuk melakukan aktivitas seharian dan menghindari makan berlebihan di siang hari.

Menu diet untuk remaja ketika waktu sarapan dapat diganti dengan buah-buahan segar yang diberi tambahan yogurt dan granola. Jika tidak suka yogurt dapat diganti dengan sereal gandum utuh rendah gula dan susu rendah lemak.

Makanan tersebut tidak hanya mengenyangkan tetapi juga dapat merangsang metabolisme tubuh. Sehingga dapat memicu pembakaran kalori dan lemak sepanjang hari. Disarankan untuk memilih menu yang banyak mengandung protein, gandum utuh, dan lemak sehat.

Sebagai variasi menu sarapan, dapat juga diganti dengan roti gandum panggang bersama dengan telur mata sapi. Jika anak-anak suka buah, dapat membuat smoothie dari pisang, berry, dan madu yang rasanya pasti disenangi anak-anak.

Selalu Bawa Botol Air Minum Dari Rumah

Cara diet untuk anak sekolah yang satu ini sangat ampuh untuk menguranginya resiko anak membeli minuman perasa di sekolah. Karena dalam minuman perasa banyak kandungan gula yang menyebabkan meningkatnya kadar gula dan pola makan yang buruk.

Anda dapat membuatkan infused water semalam sebelumnya sebagai pengganti air minum. Infused water sangat baik untuk detoks dan menurunkan berat badan. Jika dibandingkan air putih yang monoton, infused water akan memberikan sedikit rasa manis pada air putih.

Cara membuat infused water sangat mudah anda lakukan. Anda harus menyiapkan beberapa buah untuk diet seperti lemon, jeruk nipis, mentimun, atau jeruk untuk memberikan rasa manis alami. Buah tersebut diiris tipis-tipis dan dimasukkan ke dalam botol minum yang sudah diisi air putih.

Diamkan selama satu malam di dalam kulkas maka ketika pagi hari infused water langsung bisa diminum. Rasanya yang sedikit manis dan segar akan disukai oleh anak-anak. Boleh diberikan tambahan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Gunakan botol berukuran 1 liter yang cukup untuk diminum selama di sekolah.

Selalu Bawa Cemilan Sehat Dari Rumah

Cara diet untuk anak sekolah akan berhasil jika orang tua selalu memantau makanan apa saja yang masuk ke tubuh anak. Ketika di sekolah anak-anak pasti akan tergiur untuk membeli jajanan. Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkan cemilan yang sehat untuk dibawa ke sekolah.

Anda dapat membawakan buah potong atau snack ringan diet seperti granola dan kacang-kacangan untuk dibawa ke sekolah. Cemilan ini sangat praktis dan jika anak merasa lapar maka bisa langsung dimakan tanpa harus membeli cemilan olahan di luar.

Hindari memberikan cemilan berupa snack olahan seperti keripik kentang, keripik singkong, sosis siap saji, dan lain-lain. Karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut hanya menimbun kalori dalam jumlah besar.

Selalu Bawa Bekal Dari Rumah

Jika anak anda sekolah dalam jangka waktu panjang, anda harus menyiapkan bekal makan siangnya juga. Cara diet untuk anak sekolah ini sangat efektif untuk mengurangi resiko anak membeli makanan yang tidak sehat.

Supaya tidak terburu-buru, siapkan bahan makanan semalam sebelumnya. Menu diet untuk remaja tidak banyak aturannya, anda hanya membuat porsi makanan yang didominasi dengan sayur-sayuran. Untuk protein, anda bisa menambahkan telur, dada ayam, atau ikan yang sudah diolah.

Anda juga perlu untuk berdiskusi dengan anak untuk membuat jadwal bekal makan siang. Untuk menghindari anak merasa bosan dengan menu makanan yang monoton bisa diatasi dengan membuat jadwal menu yang menarik. Cara menurunkan berat badan ini sangat ampuh jika anak cukup sulit diajak untuk diet.

Bimbing Secara Perlahan Untuk Mengubah Kebiasaan

Menerapkan cara diet untuk anak sekolah memang diperlukan kesabaran karena tidak semua anak mau diajak diet. Saat seusianya memang menyenangkan sekali bisa menikmati permen, coklat, es krim, dan snack-snack. Tetapi jika dibiarkan terlalu lama pasti akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anak.

Anda jangan terlalu memaksakan untuk mengubah kebiasaan makan pada enak secara langsung dan drastis. Karena akan sulit bagi anak untuk tidak mengkonsumsi makanan yang manis. Anda dapat memulainya dengan cara perlahan dan mulailah dari kebiasaan kecil. Beberapa tips berikut ini dapat anda jadikan sebagai acuan untuk mengubah kebiasaan pada anak, seperti :

  • Membatasi gula tambahan. Anda dapat ganti minuman perasa yang dijual di luar sekolah dengan susu rendah lemak atau jus buah murni tanpa tambahan gula.
  • Membatasi porsi makan harian. Anda dapat mengatur jumlah makanan di piring anak secara perlahan. Jangan langsung memangkas porsi makannya dalam jumlah besar karena anak pasti tidak akan kenyang. Perlahan-lahan memangkas porsi makan anak agar lambungnya terbiasa dengan porsi yang lebih sedikit.
  • Kurangi makan di restoran cepat saji. Saat akhir pekan memang asyik mengajak anak makan di restoran cepat saji, Tapi cara diet untuk anak sekolah tidak bisa berjalan jika masih mengkonsumsi junk food. Anda dapat mengganti planning tersebut dengan mengajaknya ke taman dan membuatkan bekal sehat dari rumah.
  • Biasakan makan tepat waktu. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan selalu makan tepat waktu. Beri tahu anak di jam berapa saja mereka harus makan berat dan makan cemilan. Dengan begitu, anak akan terbiasa dan tahu di jam tersebut mereka harus segera makan.

Ajak Melakukan Aktivitas Fisik

Tidak hanya membatasi asupan makanan jika ingin sukses menerapkan cara diet untuk anak sekolah. Tetapi anda juga harus mengajak anak untuk sering melakukan aktivitas fisik. Jika anak tidak mau diajak olahraga lari atau bersepeda, anda dapat mengajaknya olahraga permainan. Misalnya bermain sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain-lain.

Cara diet untuk remaja ini bisa anda lakukan ketika di akhir pekan. Pada pagi atau sore hari ajak anak untuk keluar rumah untuk berolahraga. Sebagai orang tua memang harus pintar dalam membuat aktivitas yang menyenangkan agar anak menikmatinya.

Pada usia sekitar SD sampai SMP, di saat itulah anak dapat dengan mudah membakar kalori. Tidak heran jika anak akan lebih mudah menghasilkan keringat saat beraktivitas di luar ruangan. Jangan membiasakan anak untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton atau bermain games.

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara diet untuk anak sekolah yang bisa anda terapkan. Ingat untuk selalu membimbing dan jangan memaksakan anak untuk melakukan semuanya sekaligus. Diperlukan proses supaya anak terbiasa dengan pola hidupnya yang baru.

Tinggalkan komentar