5 Cara Diet Sehat Penderita Maag Kronis, Langsing Tanpa Hambatan

sumbersehat – Diet sehat penderita maag kronis tentu akan jadi kabar yang menyenangkan bagi yang ingin diet, tapi punya sakit maag. Jika dahulu terasa menyakitkan apabila melakukan diet, cara ini mungkin akan sangat membantu. Mereka yang punya riwayat maag memang dianjurkan untuk tidak telat makan. Telat makan sebentar saja, perut akan terasa perih.

Secara medis sebenarnya tidak ada larangan keras untuk melakukan diet. Asalkan diet yang dilakukan tidak menyalahi aturan dan justru membuat sakit. Diet untuk menurunkan berat badan harus sehat dan tidak ekstrim. Agar asam lambung tidak kambuh dan tidak menyebabkan sakit bertambah parah.

Diet sehat penderita maag kronis

Cara Diet Sehat Penderita Maag Kronis

Memiliki sakit maag, tapi ingin diet. Tentu hal yang demikian akan jadi hal yang serba salah. Namun, sekarang penderita maag boleh berlega hati. Pasalnya mereka tetap bisa berdiet, tapi dengan cara yang aman. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu lewat ulasan di bawah ini:

Pilihlah Makanan yang Tepat

Diet sehat penderita maag kronis bisa dimulai dari memilih jenis makanan yang aman untuk asam lambung. Makanan tersebut juga aman untuk berat badan sehingga tidak naik berlebih. Makanan yang tepat adalah makanan yang rendah kalori dan lemak, tapi harus memiliki protein yang tinggi. Misalnya saja daging sapi tanpa gajih, daging ayam tanpa kulit, putih telur dan ikan.

Untuk asupan karbohidrat cara diet aman penderita maag kronis juga jangan dilupakan. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat tidak terlalu banyak agar berat badan tidak naik terlalu banyak. Sebagai gantinya, asupan karbohidrat dapat diperoleh dari buah-buahan segar, biji-bijian, nasi merah, gandum dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat membantu mengontrol berat badan.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Sudah giat melakukan cara diet sehat penderita maag kronis, tapi berat badan tidak kunjung turun juga? Kunci permasalahannya mungkin karena kurang berolahraga. Segiat apapun diet yang dilakukan apabila tidak dibarengi dengan olahraga, hasilnya akan berbeda. Namun, bagi penderita maag olahraga yang dilakukan harus dikonsultasikan dahulu kepada dokter.

Penyebabnya ada beberapa olahraga dengan intensitas tinggi tidak diperbolehkan. Olahraga yang demikian dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Akibatnya asam lambung justru akan naik dan sering kambuh. Solusinya adalah dengan melakukan olahraga yang ringan, misalnya yoga, jogging atau berenang. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu selama 30 menit.

Mengatur Porsi Makanan

Panduan yang paling tepat saat diet untuk penderita maag adalah makan sedikit, tapi sering. Cara diet sehat penderita maag kronis yang tepat inilah yang nantinya akan menjadi kunci sukses diet yang dilakukan. Jika awalnya, terbiasa makan 3 kali sehari, mulai sekarang bisa menerapkan makan 5-6 kali dengan porsi kecil.

Makan dengan porsi kecil dan mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengontrol berat badan. Keuntungan lainnya adalah asam lambung yang sering kambuh, perlahan akan berkurang. Sekarang penderita maag, tidak akan lagi takut saat melakukan program diet. Cara diet sehat penderita maag kronis yang berhasil adalah diet yang dilakukan dengan tepat.

Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Cara diet sehat penderita maag kronis harus dilakukan dengan hati-hati. Melakukan kesalahan dalam tata cara hingga pemilihan makanan, akan membuat maag lebih parah. Untuk itulah agar dapat membantu penderita maag untuk melakukan diet, berikut akan disajikan beberapa jenis makanan yang sehat dan aman untuk penderita maag:

Makanan Dengan Kadar Karbohidrat yang Pas

Umumnya yang melakukan cara diet sehat penderita maag kronis akan menghindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Akan tetapi untuk cara diet aman dan sehat penderita maag kronis adalah tetap mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat ini sangat dibutuhkan sebagai sumber utama energi. Tentunya tidak ingin mengalami kejadian pingsan saat diet, kan?

Cara diet bagi penderita maag kronis, untuk mengatur asupan karbohidratnya dimulai dengan pemilihan makanan yang tepat. Jenis makanan dengan karbohidrat yang pas misalnya saja gandum, roti, oatmeal hingga nasi merah. Semuanya cocok dan baik untuk diet para penderita maag kronis. Makanan ini dapat berfungsi untuk menstabilkan kadar asam lambung sehingga akan merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Cara diet yang sehat untuk penderita maag kronis adalah dengan mencukupi asupan protein. Seperti yang telah diketahui, bahwa protein adalah jenis sumber makanan yang baik untuk mendapatkan energi. Namun, bagi penderita maag, sangat dianjurkan untuk meringankan beban kerja lambung dengan memilih makanan sumber protein yang tanpa lemak. Contohnya adalah ikan dan daging tanpa lemak.

Untuk alternatif makanan di atas, makanan yang berguna dalam pembentukan sel pada tubuh adalah makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Mengosumsi ikan dan daging tanpa lemak tidak hanya mengurangi kenaikan asam lambung, tapi juga untuk kesehatan tubuh. Hindari makanan protein yang diolah dengan santan, misalnya gulai atau opor. Makanan seperti itu akan dapat mengiritasi lambung.

Konsumsi Sayur dengan Kadar Asam rendah

Jika ditelisik, tidak semua cara diet penderita maag kronis dapat mengonsumsi sayuran segar. Untuk amannya saat diet wajib mengonsumsi sayuran yang tidak mengandung asam yang rendah dan mengandung gas. Tujuannya tentu saja agar asam lambung tidak terpicu untuk diet sehat yang dilakukan.

Diet yang sehat dan tepat penderita maag kronis adalah makan sayuran seperti seledri, brokoli dan asparagus. Ketiga makanan tadi tingkat keasamannya tergolong rendah sekaligus membuat usus tetap sehat untuk jangka waktu yang lama.

Buah Dengan Kandungan Asam Rendah

Seperti yang telah dikemukakan di atas bahwa makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, harus melakukan olahraga secara rutin. Buah-buahan biasanya banyak mengandung mineral dan vitamin yang nanti akan berfungsi untuk metabolisme tubuh dan untuk pembentukan energi.

Selama diet, sayuran dan makanan yang tercantum dalam cara diet penderita maag kronis adalah yang memiliki asam rendah. Apabila mengonsumsi buah dan sayur dengan kadar asam yang tinggi akan membuat asam lambung naik. Contoh buah dengan kadar asam tinggi adalah tomat, lemon dan jeruk.

Konsumsi Tanaman Herbal

Ada banyak bumbu atau rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai cara diet sehat penderita maag kronis. Memanfaat tanaman jahe atau lidah buaya, bisa dicoba mulai sekarang. Jahenya digunakan sebagai minuman jahe hangat. Sedangkan lidah buaya dapat dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Masih banyak lagi tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai makanan sehat saat sedang diet.

Dengan mengetahui makanan sehat dan gaya hidup yang sehat pula, diet sehat penderita maag kronis tidak berbeda dengan diet yang lain. Mengurangi asupan karbohidrat dan menghindari makanan berlemak, bersantan akan membuat proses diet terasa menyenangkan. Pilihlah makanan yang bebas lemak agar diet sehat yang dijalankan dapat berjalan dengan baik. Selamat mencoba

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *