9 Cara Diet Sehat Golongan Darah B, Tidak Mahal, Efisien dan Praktis!

sumbersehat – Diet sehat golongan darah B saat ini sedang hits dikalangan para pecinta diet alami. Diet golongan darah sendiri adalah cara hidup sehat yang telah ada sejak tahun 1996. Diet sehat ini pertama kali diprakarsai oleh seorang dokter naturopati yang berasal dari Amerika Serikat. Cara diet ini semakin meluas tidak hanya di Amerika saja.

Dokter tersebut memaparkan bahwa setiap golongan darah biasanya akan memiliki cara yang berbeda untuk lebih sehat. Demikian pula untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Segala metode diet yang dilakukan mulai dari pemilihan makanan hingga olahraga bergantung dari karakteristik golongan darah tersebut.

Diet sehat golongan darah B

Referensi Cara Diet Sehat Golongan Darah B yang Tepat dan Aman

Diet saat ini semakin beragam jenisnya. Diet sehat beberapa tahun terakhir memang tengah naik daun. Tak terkecuali diet sehat dan aman golongan darah B. Untuk melakukan diet sehat ini terdapat beberapa cara efektif yang dapat diterapkan. Berikut ini adalah cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal:

Pilih Jenis Makanan yang Sesuai Untuk Golongan Darah B

Apabila berkeinginan melakukan diet sehat golongan darah B, yang paling penting adalah dengan memperhatikan jenis makanan. Saat diet, ada beberapa makanan yang sesuai dan tidak sesuai untuk golongan darah B. Untuk golongan darah ini yang paling baik adalah dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan semua jenis daging. Kecuali daging ayam dan daging babi.

Selain makanan tersebut, olahan produk susu juga baik untuk dikonsumsi selama diet. Namun, saat melakukan diet sebisa mungkin hindari makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan dan jagung. Makanan tersebut memiliki kadar karbohidrat tinggi apabila dikonsumsi secara sering, maka berat badan pun sulit untuk turun.

Hindari Jenis Makanan yang Dapat Menaikkan Berat Badan

Menaikkan berat badan selama melakukan diet tentu tidak ingin terjadi. Sebaliknya yang getol adalah menurunkan berat badan. Untuk itulah, saat diet usahakan sekuat tenaga untuk tidak memakan jenis makanan tertentu yaitu gandum, soba, kacang-kacangan, tomat dan jagung. Makanan yang disebutkan masing-masing akan mempengaruhi efektivitas proses metabolisme.

Akibatnya akan muncul rasa letih, lesu dan mengakibatkan penurunan gula darah. Gula darah yang tidak normal akan menunjukkan bahwa makanan tersebut tidak sesuai dengan golongan darah B. Sebaliknya pemilihan makanan yang tepat akan membuat gula darah tetap normal. Aktivitas pun akan tetap berjalan dengan sehat.

Perbanyak Asupan Protein

Makanan yang direkomendasikan untuk diet sehat golongan darah B adalah makanan yang banyak mengandung protein. Pilihan makanan yang dapat dikonsumsi adalah telur, tempe dan tahu. Saat diet sebaiknya hindari produk susu meskipun kandungan proteinnya tinggi. Produk susu yang harus dihindari antara lain keju mozarella, kefir, yogurt dan susu sapi.

Banyak Konsumsi Daging

Diet sehat yang aman golongan darah B disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi daging. Berbeda dengan diet golongan darah A yang cenderung harus menjadi vegetarian. Namun, terdapat batasan untuk konsumsi daging ayam. Paling baik adalah dengan mengonsumsi daging kambing, domba atau daging kelinci.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menu diet sehat golongan darah B, buah dan sayuran harus ada dalam setiap menu. Akan tetapi, untuk memaksimalkan hasil diet, tidak semua buah dapat dikonsumsi. Untuk yang bergolongan darah B, buah-buahan yang direkomendasikan adalah pisang, nanas, pepaya dan anggur. Sedangkan untuk jenis sayurnya adalah kubis, wortel, brokoli dan kembang kol.

Rajin Konsumsi Seafood

Beragam makanan seafood juga baik untuk diet sehat golongan darah B. Beberapa contohnya adalah ikan salmon, ikan makarel, ikan mas, cumi dan sarden. Untuk diet golongan darah B juga terdapat seafood yang harus dihindari antara lain gurita, ikan teri, tiram, udang dan lobster. Jenis seafood tersebut dipercaya berbahaya untuk mereka yang bergolongan darah B saat sedang diet.

Rajin Olahraga

Semua diet sehat yang dilakukan akan membawa hasil yang maksimal apabila diimbangi dengan rajin berolahraga. Begitupun untuk diet golongan darah B yang sehat, olahraga adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan saat pagi atau sore hari. Waktu yang dibutuhkan tidak lama, hanya sekitar 30 menit saja. Rajin berolahraga akan membuat pembakaran kalori dalam tubuh berjalan dengan maksimal.

Imbangi Olahraga dengan Yoga atau Meditasi

Rajin olahraga baik untuk perkembangan diet sehat golongan darah B. Namun, untuk lebih memaksimalkan akan lebih baik jika diimbangi dengan yoga atau meditasi. Latihan pernafasan yang dilakukan selama yoga akan turut membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu pembakaran kalori akan semakin sempurna hingga berat badan pun akan turun secara perlahan.

Berhenti Makan Saat Malam Tiba

Penting juga untuk diketahui bagi yang menjalankan diet sehat golongan darah B, bahwa ngemil di waktu malam adalah hal yang tidak baik. Ngemil saat malam hari justru berpotensi untuk menaikkan berat badan. Tentu saja program diet yang dilakukan tidak akan berjalan maksimal. Upayakan konsumsi makanan terakhir jam 6 sore. Makan berat saat malam juga tidak baik untuk sistem pencernaan.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Diet Golongan Darah B Sukses?

Tentunya banyak hal yang menjadi kunci suksesnya diet sehat golongan darah B yang efektif. Tidak hanya melakukan cara di atas, beberapa hal penting di bawah ini juga boleh dilakukan. Diharapkan akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Simak ulasannya di bawah ini, ya!;

Niatkan Diet Untuk Kesehatan Jangka Panjang

Diet sehat golongan darah B lebih banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan. Padahal terdapat tujuan lain yang lebih penting, yaitu untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Sehingga ketika berat badan telah ideal, langkah sehat diet kemudian diabaikan. Alangkah baiknya apabila proses diet tetap berlanjut dengan tujuan untuk kesehatan tubuh di masa yang akan datang.

Terus Konsisten Meski Berat Badan Telah Ideal

Umumnya apabila telah berhasil mendapatkan berat badan yang ideal, kemudian akan malas melanjutkan diet kembali. Akibatnya berat badan bisa jadi tidak terkendali sewaktu-waktu. Untuk itulah agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya diet sehat tetap dilanjutkan dengan konsisten. Dengan demikian berat badan juga akan konsisten ideal.

Berkumpul dengan Komunitas Diet

Untuk menjaga sikap konsisten saat berdiet, ada baiknya jika berkumpul dengan orang yang memiliki tujuan yang sama. Akibatnya semangat untuk terus melakukan diet sehat untuk golongan darah B akan tetap terjaga. Disamping itu, melalui komunitas akan banyak memperoleh informasi dan bertukar pikiran tentang diet yang sehat.

Nah, itulah beberapa diet sehat golongan darah B yang harus diketahui. Pada dasarnya diet macam apapun akan menghasilkan sesuatu yang baik apabila dilakukan dengan baik pula. Selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mendukung program diet. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *