5 Cara Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes Melitus

5 Cara diet sehat bagi penyandang diabetes melitus. Seperti yang sudah banyak diketahui, diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh menggunakan insulin. Penyakit yang juga disebut sebagai penyakit kencing manis ini membuat pengidapnya memiliki kadar gula yang tinggi. Oleh karena itu, pengidap diabetes melitus identik sebagai orang-orang yang diharuskan untuk membatasi asupan gula.

Orang yang berpotensi tinggi mengidap penyakit ini adalah orang yang memiliki berat badan berlebih. Karenanya, tidak sedikit orang dengan obesitas memiliki riwayat gangguan kesehatan yang satu ini. Jika sudah demikian, meski diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang, yang dapat dilakukan adalah melakukan perawatan supaya tidak semakin buruk dan menimbulkan komplikasi lainnya. Salah satunya adalah dengan jalan diet.

diet sehat
diet sehat

Alasan Penyandang Diabetes Wajib Menjaga Pola Makan

Selama ini, diet seringkali salah diartikan sebagai upaya penurunan berat badan. Akan tetapi, sebetulnya tidak benar-benar demikian. Ini karena penurunan berat badan sebenarnya bukanlah tujuan utama, melainkan bonus. Sebab tujuan utama diet sehat bagi penyandang diabetes adalah mengusahakan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. sementara itu, berikut ini adalah alasan mengapa penyandang diabetes wajib menjaga pola makan.

Menghindari kenaikan gula darah

Alasan penyandang diabetes menjaga pola makan yang pertama adalah untuk menghindari potensi naiknya gula darah. Ini dilakukan dengan memilih berbagai jenis makanan rendah glikemik, dan secara signifikan mengurangi pengonsumsian makanan manis maupun minuman manis. Langkah ini diambil semata-mata untuk menekan semakin kecil potensi diabetes tipe 2 ini semakin buruk dan menimbulkan berbagai komplikasi lainnya.

Melakukan kebiasaan baik

Sebenarnya, diet adalah cara yang dilakukan oleh penyandang diabetes bukan diet yang dilakukan dengan cara memotong porsi makan atau menyiksa tubuh dalam keadaan lapar. Sebab diet sehat ini dilakukan dengan mengelola jumah, jenis, dan jadwal makannya saja. Dengan demikian, diet ini dilakukan hanya dengan mengganti pola makan yang buruk dengan kebiasaan baik yakni dengan pola makan teratur dan terjadwal.

Menurunkan berat badan

Nah, alasan penyandang diabetes wajib menjaga pola makan yang terakhir adalah mengelola berat badan. Pola makan yang baik dan dibarengi dengan cukup olahraga, sekaligus dapat digunakan untuk mengelola berat badan. Dengan demikian, diet ini memungkinkan untuk pengidap diabetes melitus yang kegemukan dapat menurunkan berat badan, pun sebaliknya, bagi yang kurus dapat menyeimbangkan berat badannya di keadaan normal.

Cara Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes Melitus

Tujuan dilakukannya terapi diet atau diet sehat khusus penyandang diabetes melitus ini adalah mencegah kemungkinan terjadinya hiperglikemia, yakni keadaan yang mana darah dalam tubuh mengandung gula. Selain itu yaki untuk memulihkan kadar gula dalam keadaan normal dan mempertahankannya dalam keadaan yang aman. Serta menstabilkan berat badan di angka normal atau ideal.

Menimbang beberapa tujuan dilakukannya diet khusus bagi penyandang diabetes melitus ini, maka terapi diet ini sangat perlu dilakukan. Oleh karenanya, berikut adalah paparan mengenai beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai cara diet sehat tanpa mengabaikan nutrisi yang seharusnya diperoleh tubuh dari makanan yang kita makan. Berikut adalah cara diet bagi penyandang diabetes melitus.

Mengikuti anjuran 3J

Penderita diabetes melitus ketika melaksanakan diet sehat dianjurkan untuk mengikuti anjuran 3M yakni jumlah makanan, jenis makanan,dan jadwal makanan. Hal ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung gula. Selain itu juga harus mengatur jadwal makan, sebab makan tanpa jadwal teratur juga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Oleh karenanya, diet sehat bagi penyandang diabetes melitus baiknya ialah mulai membiasakan diri mengganti sistem makan yang lama dengan sistem makan yang baru. Hal ini karena dalam menjalankan diet ini, sangat disarankan untuk untuk menjadkan mengatur menu makan untuk sarapan pagi, makan siang dan makan malam dengan jumlah dan jenis makanan tertentu.

Memperbanyak pengonsumsian buah dan sayur

Cara diet sehat bagi penyandang diabetes melitus berikutnya adalah dengan memperbanyak pengonsumsian buah dan sayur. Seperti yang sudah umum diketahui, buah dan sayur adalah sumber berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin, mineral, zat besi, dan lain sebagainya. Mengingat kandungan yang lengkap tersebut, jenis makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Selain manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah tersebut, beberapa jenis buah dan sayur bahkan mengandung kalori dalam jumlah sedikit. Makanan yang rendah kalori seperti ini biasa juga disebut dengan makanan 0 kalori. Di antaranya terdapat pada buah dan sayur seperti apel, kubis, kol, mentimun, dan lain sebagainya.

Tidak mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik tinggi

Glikemik merupakan zat karbohidrat yang ada pada dula darah. Nah, bagi penyandang diabetes yang menjalankan diet sehat khusus, sangat disarankan untuk menghindari makanan dengan kadar glikemik tinggi. Hal ini dikarenakan kadar glikemik ini dapat memengaruhi kadar glukosa darah setiap 2 jam setelah mengonsumsi makanan.

Di antara makanan-makanan yang mengandung kadar glikemik tinggi adalah minuman bersoda, nasi putih, roti dan lain sebagainya. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi bahkan menekan secara signifikan menghindari makanan tersebut. Sebaliknya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik rendah.

Di antara makanan yang mengandung kadar glikemik rendah dan aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes yang menjalankan diet sehat adalah gandum, sayur, beras merah, dan berbagai kacang-kacangan. Makanan-makanan yang kaya serat tersebut dapat menjadi alternatif ketika makanan berglikemik tinggi pantang dikonsumsi penderita diabetes melitus.

Mengurangi pengonsumsian makanan manis

Seringkali, diet bebas gula tidak dilakukan secara tepat. Artinya, diperbolehkannya mengonsumsi gula sebanyak 5 persen bagi penderita diabetes kerap tidak dipatuhi. Hal ini karena kita luput memperhatikan komposisi gula yang ada dalam makanan seperti pada sereal sarapan gandum utuh dan lainnya.Oleh karenanya, kini masalah yang demikian ini patut untuk lebih diperhatikan lagi.

Selain mengurangi pengonsumsian gula yang terkandung dalam makanan, pengidap diabetes yang menjalankan diet sehat harus menghindari makanan dan minuman yang secara langsung mengandung gula. Salah satunya adalah soda. Selain itu, untuk mengonsumsi teh dan kopi pun dianjurkan untuk tidak menambahkan gula.

Simak juga artikel lainnya disini.

Mengurangi pengonsumsian garam

Meski mineral dalam garam adalah zat yang diperlukan bagi tubuh, namun jumlahnya yang berlebihan justru dapat membahayakan tubuh. Hal ini dikarenakan zat yang fungsinya untuk mengatur tekanan darah dan kadar cairan dalam tubuh ini berpotensi menjadi pemicu munculnya darah tinggi atau hipertensi. Oleh karenanya, untuk menhindari komplikasi tersebut, pengidap diabetes baiknya mengonsumsi lebih sedikit makanan mengandung gram.

Demikian adalah cara-cara yang dapat dilakukan sebagai upaya diet sehat bagi penyandang diabetes melitus. Jika selama menjalankan proses dietnya kita sudah mendapat menfaat dari diet tersebut, sangat memungkinkan jika proses diet yang sulit dan butuh konsistensi ini bukan lagi masalah besar.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *