12 Cara Diet Penderita Diabetes yang Wajib Anda Perhatikan

Sumbersehat.com – Banyak sekali bukan, pantangan makanan untuk diet penderita diabetes? Pantangan-pantangan tersebut sebenarnya bukan dilarang sama sekali, hanya saja boleh dimakan asal dalam jumlah yang sedikit. Maka dari itu, artikel tata cara diet diabetes melitus ini wajib Anda baca.

Meskipun menderita diabetes, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan diet. Asalkan Anda mengetahui tata cara yang benar, tidak mustahil jika nantinya berat badan Anda akan turun. Karena saya yakin, setiap orang pasti menginginkan berat badan yang proporsional.diet penderita diabetes

 

Perlukah Penderita Diabetes Diet?

Sebenarnya ini bukan masalah, apakah Anda menderita diabetes atau tidak. Tapi yang namanya diet, bertujuan untuk membuat berat badan menjadi proporsional. Untuk pengecekan apakah berat badan Anda proporsional atau tidak, Anda bisa mengeceknya melalui tabel IMT.

Tabel IMT yaitu sebuah tabel indeks tubuh, dan ada perhitungannya sendiri. Di internet sudah bertebaran tata caranya, jadi silahkan di cek dulu ya. Apakah Anda memang perlu melakukan diet penderita diabetes ini atau tidak.

Tata Cara Diet Penderita Diabetes yang Wajib Anda Perhatikan

Ketika Anda ingin melakukan sesuatu, sebaiknya cari tahu dulu ilmunya ya! Termasuk salah satunya adalah sebelum Anda melakukan diet penderita diabetes, pastikan perhatikan hal-hal berikut ini:

Konsumsilah Karbohidrat Sehat

Glukosa darah akan terpecah ketika gula dan karbohidrat dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, tata cara diet penderita diabetes yang pertama adalah dengan mengonsumsi karbohidrat sehat. Apa saja yang termasuk karbohidrat sehat itu? Karbohidrat sehat meliputi biji-bijian, kacang-kacangan dan juga susu yang rendah lemak.

Tingkatkan Konsumsi Makanan Kaya Serat

Sudah menjadi rahasia umum, bahwasanya buah-buahan merupakan makanan yang tinggi akan serat. Namun ada buah tertentu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah tersebut yaitu berupa pisang dan buah pir.

Sementara, makanan lainnya yang mengandung serat tinggi adalah sayuran. Nah sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pada diet kali ini adalah berupa buncis, kacang polong dan sejenisnya.

Mulailah Mengonsumsi Ikan yang Menyehatkan Jantung

Dalam diet penderita diabetes ini, ikan menjadi lauk yang direkomendasikan dibandingkan daging merah. Beberapa jenis ikan itu meliputi, ikan cod, ikan tuna dan juga ikan halibut. Hal ini dikarenakan, kandungan di dalam ikan tersebut memiliki total lemak jenuh.

Selain itu, kolesterol yang terkandung juga lebih sedikit dibandingkan dengan unggas. Hindarilah ikan goreng, untuk alternatifnya Anda bisa memanggangnya. Jika Anda kesulitan menemukan jenis ikan-ikan di atas. Ikan yang mengandung omega-3 juga direkomendasikan untuk Anda santap. Beberapa di antaranya adalah sarden, salmon dan juga bluefish.

Jangan Lewatkan Sarapan Setiap Harinya

Bagi penderita diabetes, sarapan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan seseorang yang melakukan sarapan, maka akan mendapatkan energi yang pas. Ketika kadar energi dalam tubuh tercukupi, maka menghindarkan dari nafsu makan yang berlebihan ketika siang hari. Maka, gula darah di dalam tubuh kita akan tercukupi sesuai kebutuhan.

Pentingnya Makan Teratur Ketika Melakukan Diet Penderita Diabetes

Beberapa orang akan makan secara serampangan ketika diet, karena bagi mereka yang penting mengurangi makan. Padahal, dengan makan yang teratur maka akan banyak keuntungan yang didapatkan. Keuntungan itu di antaranya adalah kita akan mengetahui kadar makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan melakukan ini, maka kadar gula di dalam darah akan tetap stabil.

Pentingnya Mengimbangi dengan Olahraga dalam Diet ini

Mengetahui makanan yang harus dikonsumsi dan makan dengan teratur saja tidak cukup ketika Anda melakukan diet penderita diabates. Mengimbanginya dengan berolahraga juga tidak kalah pentingnya. Selain menyehatkan, dengan berolahraga akan membantu Anda dalam mengontrol kadar gula darah.

Ketika kita berolahraga, pembakaran energi sangat membutuhkan gula, maka selanjutnya insulin akan terolah dengan baik. sedangkan untuk olahraganya, Anda bisa melakukan jalan kaki, bersepeda maupun berlari.

Pantangan Makanan ketika Melakukan Diet Penderita Diabetes

Selain mengetahui makanan dan tata cara diet diabetes melitus yang benar, Anda juga wajib mengetahui informasi ini. Dikarenakan, penderita diabetes benar-benar harus menjaga apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Karbohidrat yang Merupakan “Musuh” Penderita Diabetes

Jika di poin pertama tadi ada karbohidrat yang sehat, maka ada pula karbohidrat yang menjadi “musuh” penderita diabetes. Di antaranya adalah nasi dan pati, maka dari itu sangat penting mengganti karbohidrat ini dengan yang lebih sehat.

Kandungan glukosa yang tinggi di dalam makanan ini, menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Maka, bisa Anda bayangkan bukan apa akibatnya bagi penderita diabetes?

Minuman yang Memiliki Kandungan Gula Berlebih

Tidak hanya karbohidrat di atas, ada juga minuman yang pantang dikonsumsi dalam diet penderita diabetes kali ini. Teh, soda kaleng, hingga kopi merupakan deretan minuman yang menjadi “musuh” penderita diabetes. Fruktosa yang terkandung di dalam minuman tadi mengakibatkan resistensi insulin. Ketika resistensi ini terjadi, maka sangat membahayakan penderita diabetes.

Hati-hati Terhadap Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Beberapa makanan seperti margarin, selai kacang, gorengan mengandung lemak trans. Kandungan ini, sangat tidak dianjurkan ketika menjalani diet penderita diabetes.

Selain pada beberapa makanan di atas, lemak trans biasanya ditambahkan pada biskuit atau muffin. Memang, lemak trans tidak meningkatkan kadar gula darah secara langsung. Tapi cukup berisiko dalam peradangan hingga meningkatnya resistensi insulin.

Hindari Mengkonsumsi Roti Putih dan Pasta

Seperti yang kita ketahui, roti putih maupun pasta merupakan makanan berkarbohidrat tinggi. Secara otomatis, jika Anda mengonsumsi dua makanan ini maka kadar gula darah akan meningkat. Yang lebih parahnya lagi, dapat menyebabkan diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Selain resiko tersebut, dalam sebuah penelitian menyebutkan, hal ini berakibat pada penurunan fungsi otak. Solusinya adalah, ganti makanan berkarbohidrat ini dengan memperbanyak makan serat. Dengan begitu, akan membantu dalam menurunkan kadar gula darah.

Berhati-hatilah dalam Memilih Yoghurt

Yoghurt, bagi penderita diabetes terbagi menjadi dua macam. Yaitu yoghurt yang baik untuk dikonsumsi, dan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Untuk yoghurt yang sebaiknya dikonsumsi adalah yoghurt susu yang tidak mengandung gula. Sementara, kebanyakan yoghurt beku mengandung gula lebih banyak dibanding es krim.

Ketika yang Anda pilih adalah yoghurt susu, maka akan ada banyak manfaat yang didapat. Salah satunya adalah dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan. Demikianlah tata cara diet penderita diabetes yang wajib Anda perhatikan sebelum melakukannya. Perhatikan juga, makanan apa saja yang seharusnya Anda konsumsi dan Anda hindari.

Sebelum benar-benar melakukan diet diabetes melitus yang satu ini, alangkah baiknya Anda melakukan konsultasi kepada dokter. Hal ini bertujuan agar kelak mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, serta keamanan lebih terjamin. Konsultasilah tentang makanan yang tepat bagi penderita diabetes, makanan yang harus dihindari serta olahraga apa yang tepat.

Selain diet penderita diabetes melitus, masih banyak cara diet untuk penyakit lainnya yang bisa anda lakukan di rumah. Sehingga, Anda bisa memiliki tubuh lebih sehat dan bugar, walaupun mempunyai gangguan kesehatan yang sulit disembuhkan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *