Ingin Punya Badan Ideal? Ikuti Cara Diet OCD Wanita yang Aman!

By

Sumbersehat.com – Setiap wanita pasti menginginkan bentuk badan yang ideal untuk menunjang penampilan. Berbagai cara dilakukan mulai dari olahraga keras, mengurangi porsi makan dalam jumlah besar, bahkan diet yang ekstrim. Tetapi sekarang sudah ada cara diet OCD untuk wanita yang tentunya aman dan tidak menyiksa.

Walaupun menuai banyak kontroversi dari berbagai pihak, diet OCD masih banyak diminati. Diet OCD memiliki konsep yang sama seperti intermittent fasting yaitu diet dengan metode puasa. Dengan mengikuti aturan yang tepat, diet OCD akan aman bagi para pemula.

cara diet ocd untuk wanitaAturan yang Aman Diet OCD Untuk Wanita

Cara diet OCD untuk wanita yang aman adalah dengan memilih jendela makan atau jangka waktu yang diperbolehkan untuk makan. Jangka waktu makan berbeda dan dapat disesuaikan dengan kemampuan. Ada yang dimulai dari waktu 8 jam, 6 jam, hingga 4 jam dalam sehari. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Jendela Makan yang Pertama

Pertama, cara diet OCD untuk wanita adalah dengan jendela makan 16:8. Cara ini sangat cocok untuk pemula yang baru mencoba diet OCD. Anda hanya diijinkan makan dengan bebas selama 8 jam dan harus berpuasa selama 16 jam.

Contohnya, ketika pada pukul 9 pagi mulai makan, maka hanya diperbolehkan makan sampai dengan pukul 5 sore. Ketika lewat dari pukul 5 sore anda tidak boleh makan apapun. Sisa 16 jam selanjutnya anda harus berpuasa makan dan hanya diperbolehkan untuk minum saja. Tapi hanya boleh minum air putih dan tidak boleh minuman yang lain.

Porsi makan juga tidak boleh berlebihan dan harus sesuai dengan porsi yang wajar. Lakukan cara ini sampai tubuh anda terbiasa kemudian dapat melanjutkan diet ke tingkat selanjutnya.

Jendela Makan yang Kedua

Kedua, cara diet OCD untuk wanita adalah dengan jendela makan 18:6. Jika tubuh anda sudah menyesuaikan diri dengan jendela makan yang pertama, maka anda dapat melanjutkan jendela makan ini.

Pada jendela makan ini, anda diperbolehkan makan bebas selama 6 jam dan kemudian berpuasa selama 18 jam. Contohnya, jika pukul 9 pagi anda mulai makan, maka waktu anda makan terakhir adalah jam 3 sore.

Jika anda belum terbiasa mengikuti jendela makan kedua maka anda dapat menggabungkannya dengan jendela makan yang pertama. Lakukan peningkatan yang intens supaya tubuh anda terbiasa dengan jendela makan yang kedua.

Jendela Makan yang Ketiga

Cara diet OCD untuk wanita yang aman ketiga adalah dengan jangka waktu makan selama 4 jam saja. Kemudian dalam waktu 20 jam anda diharuskan berpuasa makan dan hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi air putih.

Contohnya, ketika anda mulai makan pada pukul 10 siang maka anda hanya diperbolehkan makan sampai pukul 2 siang. Kemudian dilanjutkan dengan berpuasa selama 20 jam. Jika belum terbiasa maka anda dapat melakukannya secara bertingkat.

Mulai Senin sampai Rabu menjalankan jendela makan pertama, Kamis sampai Sabtu menjalankan jendela makan yang kedua. Ketika hari Minggu anda dapat menjalankan jendela makan yang ketiga. Beri peningkatan terhadap intensitas jendela makan yang ketiga sampai tubuh anda terbiasa.

Jendela Makan yang Keempat

Terakhir, cara diet OCD wanita yang aman ini terlihat cukup berbahaya terutama anda yang memiliki masalah dengan lambung. Karena pada tingkatan ini anda harus berpuasa selama 24 jam. Tetapi bukan berarti anda tidak diperbolehkan makan sama sekali, melainkan hanya diperbolehkan makan sekali sehari.

Waktu makan yang diperbolehkan bebas, misalnya anda makan pukul 9 pagi maka diperbolehkan makan lagi pukul 9 pagi esok harinya. Walaupun terlihat mengerikan, tetapi untuk meringankannya maka diperbolehkan untuk menggabungkan 3 level jendela makan yang lain.

Jangan terlalu memaksakan diri ketika anda merasakan tidak cocok ketika menjalankan diet ini. Karena tetap utamakan kesehatan anda agar lancar menjalankan aktivitas setiap hari.

Demikian adalah informasi mengenai cara diet OCD untuk wanita yang bisa anda terapkan. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda dalam mendapatkan bentuk tubuh idaman.

Tinggalkan komentar