Diet Militer, Metode Turunkan BB 4,5 Kilo dalam 1 Minggu

Sumbersehat.com – Diet militer adalah suatu metode diet yang diterapkan secara disiplin, sehingga ampuh dalam menurunkan berat badan. Obesitas akan sangat mengganggu. Ini karena selain berpotensi dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius, melainkan juga membuat tidak nyaman dengan penampilan.

Alasan tersebutlah yang membuat orang-orang memutuskan untuk mengupayakan penurunan berat badan. Seperti adanya pepatah “banyak jalan menuju Roma”, penurunan berat badan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dengan diet sehat, diet dengan bantuan obat pelangsing, hingga menjalankan diet eksrim.

diet militer
diet militer

Keunggulan Diet Militer

Ada banyak metode diet yang populer digunakan untuk menurunkan berat badan. Di antara macam-macam diet tersebut ialah diet keto, diet mayo, diet rendah karbo, dan lain sebagainya. Tapi apa Anda pernah terpikir untuk menjalankan diet ala militer? Ya, diet militer namanya.

Diet militer atau yang juga dikenal dengan millitary diet pada dasarnya adalah metode diet rendah kalori dan rendah karbohidrat yang  dapat membantu Anda menguruskan badan. Diet yang sasaran utamanya untuk para tentara ini adalah diet dapat membentuk badan menjadi proporsional dengan cepat.

Dibandingkan dengan macam-macam diet lainnya, diet militer dianggap sebagai metode diet yang ampuh untuk menghilangkan bobot tubuh. Tidak tanggung-tanggung, diet militer ini dilklaim dapat menurunkan hingga 10 pounds atau setara dengan 4,5 kilo dalam seminggu. Karenanya, tidak membutuhkan waktu lama Anda akan segera mendapat tubuh yang diidam-idamkan.

Cara Melakukan Diet Militer

Setelah mengetahui beberapa hal dasar tentang diet militer, tentunya Anda perlu mengetahui anjuran diet plan-nya. Tidak hanya mengandalkan makanan sehat, diet plan juha merekomendasikan makanan kaya gizi yang dan energi. Makanan inilah yang bisa membuat Anda tetap kuat beraktivitas meski sedang menjalankan diet.

Plan day 1

Pada hari pertama diet militer, sarapan dilakukan dengan menu sepotong roti selai kacang, ½ anggur, dan secangkir kopi. Namun jika tidak suka kopi, menu minuman  ini bisa diganti dengan teh. Pengonsumsian buah anggur (grape fruit) pun bisa diganti dengan buah jeruk yang tinggi akan vitamin C.

Menu makan siang diet militer di hari pertama adalah sepotong roti yang dibakar atau dipanggang, ½ cup olahan tuna, dan secangkir kopi hitam. Namun seperti ketika sarapan, minuman kopi hitam dapat diganti dengan teh. Dan anjuran mengonsumsi ½ cup olahan tuna bisa digantikan dengan tuna kalengan.

Sedangkan menu makan malam diet militer di hari pertama yakni dengan mengonsumsi olahan 3 ons daging, 1 buah apel, ½ buah pisang, 1 cup es krim vanilla, dan 1 cup kacang hijau. Asupan makanan inilah yang akan mencukupkan kebutuhan gizi tubuh dan menguatkan Anda menjalankan berbagai aktivitas meski sedang diet.

Plan day 2

Sarapan hari kedua menjalankan diet ala militer ini yakni dengan mengonsumsi selembar roti panggang, 1 butir telur matang yang bisa digoreng maupun direbus, dan 1 buah pisang. Menu roti panggang ini juga dapat digantikan dengan roti gandum utuh, tapi dalam porsi kecil saja.

Menu makan siangnya yakni 1 butir telur yang digoreng atau direbus, 5 lembar crackers, dan 1 cup cottege chees. Sedangkan menu makan malam diet militer ini adalah 2 hot dog tanpa roti, 1 cup brokoli, 1 buah pisang dan 1 cup es krim vanilla. Pengonsumsian 1 cup brokoli ini dapat diganti dengan 1 cup wortel.

Plan day 3

Sarapan di hari ketiga diet militer yakni dengan mengonsumsi 1 lembar keju cheddar, 1 buah apel dan 5 keping biskuit asin. Menu makan siangnya yakni 1 lembar roti panggang, 1 apel, dan 1 butir telur yang matang digoreng maupun direbus. Selain apel, buah lain yang bisa dipilih adalah pisang.

Sednagkan untuk makan malam, menu diet militer yakni 1 cup tuna, ½ buah pisang, dan 1 cup es krim rasa vanilla. Pengonsumsian buah pisang ini juga dapat digantikan dengan makanan 0 kalori lainnya seperti wortel atau brokoli. Makanan inilah yang dapat membuat kenyang hingga cukup waktu yang lama.

Plan day 4-7

Inti dari perencanaan di hari keempat hingga ketujuh diet militer adalah dengan mengonsumsi tidak lebih dari 1500 kalori per hari. Meski begitu, ketika menjalankan diet ini pantang untuk mengonsumsi krimer, jus buah, susu, dan gula. Karenanya, minuman seperti kopi dan teh ketika hari 1-3 pun tidak menambahkan gula.

Tujuan dibuatnya diet plan adalah untuk mengetahui dan membatasi asupan kalori dalam tubuh. Berlakunya pengurangan asupan kalori ini akan membuat tubuh memilih menggunakan energi dengan memecah otot sehingga masa otot berkurang secara signifikan. Mekanisme inilah yang membuat tubuh kehilangan bobotnya dalam jumlah yang banyak dalam waktu cepat dengan diet militer.

Beberapa Hal Penting Lain yang Harus Diketahui dari Diet Militer

Pada tiga hari diet militer, asupan protein diperoleh dari sosis dan tuna kalengan. Menu makanan inilah yang oleh para ahli gizi diragukan manfaatnya bagi tubuh. Sebaliknya makanan olahan ini sudah lama dianggap sebagai makanan pemicu meningkatnya risiko kangker.

Selain makanan olahan tersebut, es krim yang merupakan asupan penunjang kalori tersebut juga bukan makanan yang sehat. Salah satunya karena es krim adalah makanan yang tinggi gula dan garam. Sementara itu, ada banyak pilihan makanan sehat yang sebenarnya bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Diet ala militer yang diklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat ini wajib dilakukan secara berkala. Sebab jika diet ini dihentikan, berat badan bisa kembali naik. Meski begitu, diet ekstrim yang satu ini tidak disarankan untuk dilakukan lebih dari 3 minggu berturut-turut. Ini karena menu makanan harian diet ini jika dikonsumsi jangka panjang dapat membahayakan tubuh.

Potensi Munculnya Risiko Jika Dilakukan Jangka Panjang

Penurunan berat badan yang sehat dan aman bagi tubuh umumnya dibatasi hanya beberapa kilogram dalam seminggu. Tepatnya yakni ada pada rentang penurunan 0,5 hingga 0,9 kilogram setiap minggunya. Oleh karena itu, diet ala militer ini tergolong jenis diet ekstrim yang dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan yang lebih serius.

Di antara masalah kesehatan tersebut yang muncul karena menjalankan diet militer jangka panjang adalah penyakit batu empedu. Keadaan ini terjadi ketika malepaskan kolestrol pada hati ketika tubuh mengalami penurunan berat badan yang drastis. Empedu yang awalnya cair akan menggumpal dan lama kelamaan akan mengeras seperti batu. Inilah yang dinamakan dengan batu empedu.

Demikian adalah paparan mengenai diet ala militer, cara menjalankan, maupun pantangan yang harus dipatuhi ketika menjalankan diet ini. Meski diet ini secara efektif dapat menurunkan berat badan dengan cepat, hasil ini tidak permanen. Sementara itu, bobot tubuh akan kembali naik jika Anda tidak mengikuti alur diet militer ini.

Selalu simak sumbersehat.com untuk mendapatkan informasi terbaik tentang kesehatan, berbagai penyakit, diet sehat hingga obat herbal. Jangan lupa share ke teman-teman, keluarga, sahabat dan ajak mereka untuk hidup sehat bersama Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *