7 Cara Diet DEBM Secara Mudah, Tepat dan Cepat


sumbersehat – Cara diet DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) merupakan cara diet yang enak dan mudah dilakukan. Berbeda dengan diet lainnya, diet DEBM ini membuat Anda tetap bisa makan enak tanpa perlu berolahraga. Dalam diet DEBM, Anda hanya perlu membatasi asupan karbohidrat. Karbohidrat menjadi pemicu utama kenaikan berat badan, sehingga perlu dihindari.

Sebaiknya gantilah karbohidrat dengan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi. Meski terlihat mudah dilakukan, namun diet ini cukup sulit bagi pemula. Pasalnya Anda harus membiasakan diri untuk memulainya. Saat memulai diet, mungkin Anda akan merasa kesulitan karena harus memulai kebiasaan baru. Namun seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan terbiasa dan nyaman dengan metode diet DEBM ini!

cara diet debm

Inilah Cara Diet DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan)

Bagi sebagian orang, diet menjadi pilihan saat ingin menurunkan berat badan. Ada berbagai jenis diet yang bisa dilakukan, salah satunya diet DEBM. Dalam diet DEBM, Anda hanya perlu mengganti karbohidrat, serta menambah asupan lemak dan protein tinggi. Sesuai dengan namanya, diet ini cukup menyenangkan untuk dilakukan. Berikut 7 cara mudah menerapkan diet DEBM.

Hindari Karbohidrat, Perbanyak Konsumsi Lemak dan Protein

Cara diet DEBM yang pertama yaitu dengan menghindari konsumsi karbohidrat, namun perbanyak konsumsi lemak dan protein. Karbohidrat menjadi penyebab utama seseorang mengalami kenaikan berat badan. Hal ini karena karbohidrat mengandung banyak kalori, sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Sebagai ganti karbohidrat, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan protein hewani yang tinggi.

Konsumsilah makanan yang tinggi protein saat pagi dan malam hari untuk memenuhi kebutuhan energi. Bahkan Anda juga bisa mengonsumsi berbagai makanan yang digoreng. Jika Anda ingin memulai cara diet DEBM, mulai sekarang gantilah nasi yang mengandung tinggi karbohidrat dengan makanan berprotein dan berlemak. Makanan yang mengandung protein dan lemak bisa didapatkan dari ikan, telur, daging, ayam, maupun keju.

Hindari Gula

Salah satu pantangan terbesar diet DEBM adalah gula. Gula bisa meningkatkan jumlah insulin badan secara kronis, sehingga bisa meningkatkan lemak dalam tubuh. Maka dari itu agar program diet berjalan lancar, sebaiknya hindari konsumsi gula, madu, sirup, dan lain sebagainya.

Diwajibkan Sarapan

Cara diet DEBM yang tepat selanjutnya yaitu jangan tinggalkan sarapan. Sarapan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat menjalani diet DEBM. Saat sarapan, Anda juga harus memperhatikan menu sarapan yang sehat. Pastikan menu sarapan mengandung protein dan lemak tinggi seperti telur, ayam, ikan, alpukat, dan keju. Sarapan menjadi bagian terpenting dalam diet, karena bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jika tidak sarapan, tentu membuat Anda merasa lapar saat siang dan akhirnya mengonsumsi aneka makanan secara acak.

Makanan yang Harus Dihindari

Saat menjalani cara diet DEBM, Anda harus menghindari sebagian makanan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Makanan yang harus dihindari dalam diet ini yaitu makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, mie, pasta, dan makanan bertepung lainnya. Selain karbohidrat, Anda juga harus menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung pemanis seperti gula, sirup, dan madu.

Bukan hanya makanan yang mengandung pemanis saja, namun Anda juga harus menghindari sayur dengan kandungan pati tinggi. Sayuran yang mengandung pati tinggi antara lain ubi, labu, kentang, dan bit. Selain sayuran, Anda juga harus menghindari buah yang tinggi karbohidrat seperti pepaya, semangka, melon, dan pisang.

Makanan yang Dianjurkan

Konsumsi makanan yang dianjurkan menjadi salah satu cara diet DEBM berhasil. Ada berbagai jenis makanan yang dianjurkan seperti telur, daging sapi, daging unggas, dan semua jenis ikan. Selain itu, Anda juga dianjurkan mengonsumsi berbagai produk susu seperti keju, krim, mentega, dan yogurt.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayuran yang tidak mengandung pati tinggi, seperti kembang kol, brokoli, buncis, dan wortel. Sedangkan untuk konsumsi buah, Anda bisa mengonsumsi buah yang tinggi lemak seperti alpukat, nanas, pir, dan delima.

Konsumsi Air Mineral Secara Berkala

Cara diet DEBM secara tepat yaitu dengan mengonsumsi air mineral secara berkala. Hal ini karena air mineral bisa membuat tubuh tetap sehat dan bisa membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, minum air mineral sebelum makan juga bisa mengurangi keinginan makan secara berlebih. Sehingga bisa menurunkan berat badan secara cepat.

Lakukan Olahraga Ringan

Meski diet DEBM tidak mewajibkan Anda untuk berolahraga, namun tidak ada salahnya jika berolahraga ringan. Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Usahakan untuk jalan kaki selama satu jam per hari agar program diet bisa cepat membuahkan hasil.

Rekomendasi Menu Diet

Pemilihan menu makanan secara tepat menjadi cara diet DEBM agar berhasil. Pastikan menghindari makanan tinggi karbohidrat dan mengandung pemanis. Ada berbagai rekomendasi menu makanan selama diet yang bisa Anda coba, 3 diantaranya sebagai berikut:

Martabak Keju

Martabak keju bisa dijadikan sebagai menu makanan diet DEBM. Berbeda dengan martabak keju pada umumnya, martabak keju ala DEBM ini dibuat tanpa menggunakan tepung. Bahan yang diperlukan antara lain agar-agar plain, telur, keju, margarin, dan gula rendah kalori. Cara melakukan diet DEBM ini berbeda dengan cara diet lain, sehingga Anda bisa mengonsumsi makanan enak tanpa takut gemuk.

Orak-arik Buncis

Menu makanan yang bisa dijadikan pilihan saat diet DEBM yaitu orak-arik buncis. Sayuran buncis menjadi sayuran yang dianjurkan dalam menu DEBM. Hal ini karena buncis mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, tingginya serat dalam buncis juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Bahan yang diperlukan dalam menu orak-arik buncis ini antara lain buncis, telur, bawang putih, cabai, bawang bombay, tomat, kaldu, dan minyak.

Sup Tomat

Cara diet DEBM agar membuahkan hasil yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sup tomat. Tomat mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsi tomat bisa mengurangi kanker dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Bahan yang diperlukan untuk membuat sup tomat antara lain tomat, telur, bawang merah, bawang putih, cabai, daun bawang, air, dan penyedap rasa.

Itulah rekomendasi menu makanan yang bisa dijadikan pilihan saat menjalani diet DEBM. Diet DEBM menjadi cara diet tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga. Selain itu, dalam diet DEBM Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan lezat tanpa takut obesitas.

Terdapat berbagai cara diet DEBM secara tepat, mulai dari menghindari karbohidrat hingga melakukan olahraga ringan. Meski diet ini tidak mewajibkan Anda berolahraga, namun tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga agar berat badan bisa turun secara cepat. Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air mineral secara berkala agar tubuh tetap sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *