10 Cara Diet Bagi Pemula Paling, Mudah, Aman dan Cepat

By

Wanita mana yang tidak mengimpikan tubuh ideal nan sehat ? Jelas, memiliki tubuh ideal adalah idaman banyak wanita. Dan cara diet bagi pemula adalah salah satu langkah yang paling tepat untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Mengurangi porsi makan bahkan tidak makan sama sekali adalah cara diet yang tidak sehat. Cara satu ini sering dilakukan oleh wanita yang tidak mengetahui cara diet bagi pemula yang aman dan alami.

Alih-alih mendapat berat badan impian, tidak makan seharian karena alasan diet justru bisa membuat tubuh jadi sakit. Oleh karena itu, ada aturan yang wajib yang patut diperhatikan saat melakukan diet agar tubuh sehat dan ideal.

Nah, bagi anda yang baru ingin melakukan diet, wajib ketahui cara diet bagi pemula agar hasil diet yang dilakukan sesuai dengan keinginan. Sejatinya, melakukan diet sehat perlu kombinasi antara olahraga secara teratur dan diet yang seimbang.

Mengapa Harus Diet yang Alami ?

Sebagian besar wanita yang sudah paham risiko melakukan diet yang tidak sehat tentu akan menjauhi diet yang tidak mengikuti aturan. Pasalnya, cara terbaik untuk dapatkan berat badan ideal hanyalah dengan menjalankan diet yang alami dan sehat.

Walaupun hasilnya tidak akan terlihat cepat, namun diet yang alami akan bertahan lebih lama dibanding dengan mengonsumsi obat diet. Diet alami akan menjauhkan anda dari segala penyakit.

Pasalnya, jika diet dilakukan dengan cara menjalani operasi sedot lemak atau mengonsumsi obat diet, tentu saja ini tidak aman untuk tubuh. Bukankah anda menginginkan berat badan ideal yang sehat ? Untuk itu, jauhi cara diet instan seperti ini.

Cara Diet Alami Bagi Pemula

Melakukan diet alami secara perlahan-lahan akan mengubah pola hidup seseorang menjadi lebih sehat. Sehingga selain mendapatkan tubuh ideal, juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Lalu, bagaimana cara diet bagi pemula yang sehat dan alami ? Ini dia caranya.

Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Cara diet bagi pemula yang sehat dan alami adalah dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Memang, cara diet alami satu ini sangat sederhana, namun efeknya bagi tubuh tidak sesederhana itu.

Banyak mengonsumsi sayur dan buah terbilang sangat efektif untuk membantu menurunkakan badan. Pasalnya, dalam sayur dan buah terkandung rendah kalori dan kaya akan vitamin, serat dan mineral.

Nah, bagi anda yang ingin diet sehat, kandungan pada sayur dan buah sangat aman dan sehat untk dikonsumsi. Usahakan untu rutin mengonsumi buah seperti jeruk, pisang, alpukat, apel, melon, kiwi dan buah lainnya yang kaya serat.

Menghindari Makanan Instan dalam Kemasan

Kita sepakat bahwa terlalu sering mengonsumi makanan instan adalah tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya, jika ingin lakukan diet yang sehat dan alami usahakan untuk menghindari makanan dalam kemasan atau kaleng yang banyak dijumpai di supermarket.

Mengapa ? Sebab, makanan instan dalam kemasan biasanya memiliki kandungan kalori, gula dan lemak tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Nah, untuk memabantu menurunkan berat badan dengan sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan jenis ini ya!

Memperbanyak Asupan Protein

Kita ketahui bersama bahwa protein adalah sumber nutrisi yang membawa pengaruh besar untuk urusan menurunkan berat badan. Cara diet bagi pemula yang aman adalah dengan memberbanyak asupan protein,

Karena, saat tubuh mengolah protein yang dikonsumi, maka di waktu yang bersamaan akan terjadi pembakaran kalori. Dan semakin banyak asupan proteinnya, pembakaran kalori yang terjadi pun juga semakin meningkat.

Apalagi, nutrisi satu ini akan membuat tubuh berkurang nafsu makan dan menjadi kenyang lebih lama. Inilah mengapa bagi anda yang ingin diet alami, segerakan untuk tambah asupan protein dengan memakan telur atau dada ayam.

Memenuhi Stok Camilan dan Makanan Sehat di Rumah

Menjalani diet sehat dan alami bukan berarti tidak boleh nyemil sama sekali. Ini artinya, pemula yang ingin diet masih dibolehkan nyemil dengan jenis makanan yang lebih sehat. Cara diet bagi pemula satu ini penting diperhatikan agar tidak salah persepsi.

Memenuhi stok camilan dan makanan di rumah boleh-boleh saja dilakukan. Namun ingat, jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya diganti dengan yang lebih sehat, sehingga ini dapat menjadi langkah awal mengubah kebiasaan makan anda.

Stok camilan dan makanan sehat seperti buah-buahan, yogurt, telur rebus atau kacang-kacangan. Pastikan hindari menyetok makanan instan dalam kemasan ya !

Membatasi Konsumsi Gula Berlebih

Mengapa konsumsi gula harus dibatasi ? Karena, jika kadar gula telah melebihi batasnya, maka kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak. Inilah yang akan menjadikan berat badan terus meningkat.

Nah, cara diet bagi pemula ini wajib diperhatikan. Anda bisa membatasi konsumsi gula berlebih dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman kemasan. Atau bisa juga mencari alternatif pengganti gula untuk asupan harian.

Pastikan Banyak Minum Air Putih

Manfaat air putih sangat bagus untuk kesehatan. Air putih yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membantu menurunkan berat badan secara perlahan. Mengonsumsi air putih sebelum makan mampu meningkatkan metabolisme dan membuat lebih cepat kenyang.

Air putih tidak mengandung kalori. Sehingga jika ruitn minum air putih setiap hari dalam jumlah yang banyak, tentu akan membantu memangkas asupan kalo harian sehingga berat badan pun akan turun dan menjadi ideal.

Rutin Sarapan Setiap Hari

Perlu diketahui, bahwa rutin sarapan setiap hari adalah cara diet bagi pemula yang wajib dilakukan supaya berhasil menurunkan berat badan. Sarapan akan membuat anda makan lebih sedikit saat siang dan malam hari.

Nah, untuk mendapatkan tubuh ideal yang sehat, biasakanlah sarapan dengan menu yang sehat seperti buah-buahan, roti gandum dan susu rendah lemak. Coba lakukan cara satu ini setiap hari dan buktikan sendiri hasilnya.

Tidur yang Cukup

Mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah salah satu cara yang harus dilakukan jika ingin menjalankan diet yang sehat alami. Karena, jika seseorang kurang tidur, maka produksi hormon nafsu makan akan terganggu yang membuatnya ingin lebih sering makan.

Usahakan Konsumsi Probiotik

Tahukah anda, bahwa probiotik juga berperan dalam membantu menurunkan berat badan sehingga tubuh menjadi lebih ideal ? Ya, probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk menurunkan berat badan.

Untuk menjalani diet yang sehat akami, konsumsi probiotik akan membantu mencegah penumpukan lemak pada tubuh dna mengurangi nafsu makan. Cobalah konsumsi probiotik yang terkandung pada makanan dan minuman yang difermentasi seperti tempe, yogurt dan kimchi.

Rutin Berolahraga

Cara diet bagi pemula yang sehat dan alami tak bisa terpisahkan dari aktivitas rutin berolahraga. Anda akan mendapatkan tubuh ideal sesuai harapan jika menyertakan cara diet diatas dengan rutin berolahraga seperti berenang, aerobik atau jogging. Sebenarnya, ada banyak cara diet bagi pemula yang bisa dicoba dengan langkah sederhana. Dan tentunya, anda tak perlu lagi diet dengan cara tidak makan seharian. Cobalah terapkan cara diet sehat diatas untuk dapatkan berat badan yang ideal ya.

Tinggalkan komentar