8 Cara Cepat Tidur Bagi Penderita Insomnia yang Cukup Ampuh

Sumbersehat.com – Anda perlu mempelajari cara cepat tidur agar bisa meningkatkan kesehatan. Sama halnya dengan makan sehat, tidur adalah bagian pola hidup yang harus diatur dengan baik. Dengan tidur kita bisa mengembalikan energi yang telah dipakai beraktivitas seharian penuh.

Namun akan menjadi persoalan ketika kita kekurangan waktu tidur. Apalagi jika itu terjadi disebabkan oleh insomnia atau sulit tidur. Berbagai upaya dilakukan oleh seseorang yang mengalami kesulitan tidur, tapi masih susah. Oleh karena itu, kami membagikan cara cepat tidurr bagi penderita insomnia yang ampuh, simak yuk!

Inilah Cara Cepat Tidur yang Ampuh

Cara mengatasi susah tidur dengan cepat bisa anda lakukan dengan beberapa langkah di bawah ini, diantaranya:

Usahakan Tidur pada Jam yang Sama setiap Malam

Cara cepat tidur bagi insomnia yang pertama adalah cobalah atur waktu tidur Anda agar bisa tidur pada jam yang sama setiap malam. Berusahalah untuk berkomitmen kepada diri sendiri agar bisa tidur pada jam yang sama setiap malam. Lakukan kebiasan itu selama 7 hari, jika ada efek baiknya, maka lanjutkanlah.

Baca juga : 7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar

Nah selama rentang waktu itu tentukan pada jam berapa Anda harus tidur. Dengan membangun kebiasaan seperti ini maka secara otomatis ini akan menjadi kebiasaan. Lalu untuk ke depannya Anda sudah terbiasa untuk tidur lebih cepat.

Jangan Lupa Matikan Lampu Ketika Tidur

Cahaya yang menerangi kita ketika tidur sangat berpengaruh terhadap mata kita. Maka, cara mengatasi susah tidur dengan cepat adalah mematikan lampu ketika tidur. Hal ini akan membuat tidur Anda menjadi lebih lelap.

Namun jika Anda tidak suka ruangan yang terlalu gelap, maka Anda bisa menggunakan lampu yang khusus untuk penerangan ketika tidur. Biasanya lampu seperti ini tetap memancarkan cahaya meskipun redup dan itu baik untuk kesehatan mata kita sekaligus membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak.

Perhatikan Alat Elektronik di Sekitar Tempat Anda Tidur

Ketika kita tidur, cobalah matikan seluruh alat elektronik di sekitar Anda. Alat elektronik seperti HP dan laptop sebaiknya dimatikan satu jam sebelum tidur. Cara cepat tidur ini sangat dianjurkan karena cahaya dari perlengkapan elektronik dapat menurunkan hormon melatonin.

Cobalah Menggunakan Aroma Terapi

Banyak sekali aroma terapi yang dijual untuk membantu kita agar bisa tidur nyenyak. Dengan adanya aroma terapi di sekitar tempat tidur Anda, maka akan memberikan efek rileks dan tenang pada tubuh.

Tak heran jika aroma terapi merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur dengan cepat. Saat ini, banyak wewangian atau aroma terapi yang dijual di pasaran. Apalagi kini dimudahkan dengan belanja online.

Menurut sebuah studi, menghirup aroma terapi lavender sesaat sebelum tidur mampu mengoptimalkan kualitas tidur kita. Penelitian ini melibatkan sebanyak 31 orang. Mereka mengaku bahwa merasakan lebih bertenaga setelah bangun tidur di pagi hari.

Membaca Buku

Ketika bermain HP kita cenderung betah berlama-lama. Namun itu akan sangat berbanding terbalik ketika kita diminta untuk membaca buku. Baru sepuluh menit membaca buku, kita sudah menguap dan mata mulai berat.

Aktivitas ini bisa menjadi solusi susah tidur bagi Anda yang masih mengalami kesulitan tidur. Seseorang yang membaca buku matanya cenderung mudah lelah. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa tidur lebih cepat.

Baca juga : Simak 6 Cara Mengelola Ekspektasi agar Tidak Mudah Baper

Jangan Tidur Siang

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan sebagai cara cepat tidur bagi insomnia adalah menghindari tidur siang. Bila saat siang hari anda mengantuk, sebisa mungkin tahan. Dengan begitu, tubuh anda akan merasa kelelahan saat malam hari dan membuat tidur di waktu yang lebih awal.

Olahraga secara teratur

Pastikan anda berolahraga setiap hari, minimal 30 menit. Olahraga dapat meningkatkan peredaran darah dan bisa meningkatkan kualitas tidur. Menurut pakar, olahraga dapat menjadi cara mengatasi susah tidur bagi mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Usahakan tidak minum kafein

Kafein dapat memberikan efek susah tidur. Sehingga, mengurangi atau tidak minum salam sekali kafein dalam sehari dapat menjadi cara cepat tidur yang tepat. Walaupun anda suka ngopi, coba kurangi atau tidak minum dulu demi mendapatkan tidur yang berkualitas.

Nah demikianlah cara cepat tidur secara alami dan tanpa obat. Semoga artikel ini membantu Anda mengurangi begadang dan insomnia di malam hari. Selamat mencoba!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

gaya hidup sehat alami

Terapkan 10 Cara Berikut Untuk Gaya Hidup Sehat Alami

Terapkan 10 Cara Berikut Untuk Gaya Hidup Sehat Alami. Gaya hidup sehat tidak hanya tentang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *