Bunga Matahari: Filosofi dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

By

sumbersehat.com – Siapa yang tak kenal dengan bunga matahari? Bahkan, biasa dijadikan cemilan yang tak asing untuk dimakan, yaitu kuaci. Kuaci ini merupakan hasil dari bagian bijinya yang diolah sehingga dapat dikonsumsi. Tanaman dengan nama latin Helianthus annus L. ini merupakan tanaman introduksi yang berasal dari Amerika.

Sesuai dengan namanya, jika berada di pagi hari bunga ini akan bergerak ke arah matahari. Lalu perlahan tertunduk ke bawah ketika malam hari tiba. Memiliki kelopak kuning terang, daun lebar dan tangkai yang panjang menjadi ciri-ciri bunga matahari yang disukai banyak orang. Bahkan, bunga ini memiliki filosofi dan manfaat yang berguna bagi manusia. Ingin tahu? Mari simak di bawah ini!

manfaat bunga matahari

Filosofi Bunga Matahari, Bunga Simbol Kehidupan

Setiap yang diciptakan pasti mempunyai filosofi tersendiri, seperti kekhasan warna kuning cerah pada bunga ini. Ingin tahu apa saja filosofinya? Berikut, filosofi bunga matahari yang sangat menarik untuk Anda ketahui.

Simbol energi positif dan melambangkan persatuan

Cerahnya bunga matahari memberikan energi positif yang dimiliki setiap orang. Bunga ini selalu menghangatkan dan menerangi kehidupan. Bunga ini pun tidak pernah mengenal rapuh dan tidak pernah menyerah dalam menghadapi segala kondisi cuaca. Hal ini yang memberi energi positif bagi kehidupan.

Bunga ini hidup secara majemuk, terdiri dari ratusan bahkan ribuan bunga. Hal inilah yang melambangkan kebersamaan dan persatuan. Semangat persatuan inilah yang memberikan makna kuat untuk saling merangkul dan bekerja sama. Itulah sejatinya kehidupan yang indah dan istimewa.

Menggambarkan Kegembiraan dan Keceriaan

Kelopak bunga matahari berwarna kuning yang nampak indah, siapapun yang melihat pasti terpukau melihatnya. Seolah-olah pesonanya menampakkan kegembiraan dan keceriaan. Hal ini memberikan satu makna kehidupan bahwa setiap rintangan dalam hidup harus dilewati dengan kegembiraan. Baca juga 10 Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan, Tanaman Herbal Termahal di Dunia.

Idealisme dan Kesetiaan

Setiap pergerakan bunga matahari untuk mengikuti terbit dan terbenamnya matahari melambangkan kesetiaan. Bunga ini selalu mengikuti alur arah cahaya matahari. Ketika matahari terbit, ia selalu setia menyambut cahaya tersebut. Disaat matahari terbenam, ia akan ikut bergerak menunduk seolah melambangkan bahwa matahari meredup.

Ketiga filosofi bunga matahari tersebut memberikan makna yang sangat luar biasa bagi kehidupan. Masih banyak filosofi yang melahirkan makna dalam bagi bunga ini. Tak hanya dari keindahan yang memukau, bunga ini pun sangat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Kandungan dan manfaat di dalamnya, benar-benar mencerminkan energi positif yang terkandung dalam filosofi tersebut.

Tahukah Anda? Bahwa bunga ini mengandung banyak vitamin dan zat yang sangat berguna bagi tubuh. Dalam setiap 30 gr biji bunga tersebut terdapat sekitar 163 kalori, 3 gr serat dan 5,5 gr protein dan lain sebagainya. Maka tak disangka lagi kalau tanaman ini dapat berguna bagi kesehatan maupun kecantikan. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasan ragam manfaat yang wajib Anda ketahui..

Inilah Ragam Manfaat Bunga Matahari

Sayangnya, tak banyak yang tahu apa saja manfaat dari tanaman ini. Daripada penasaran, berikut akan kami ulas secara lengkap manfaatnya!

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan dalam kuaci dari biji bunga matahari dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kuaci dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi kuaci secara rutin dan dapatkan manfaatnya bagi tubuh.

Dapat Mengobati Hipertensi dan Osteoporosis

Mengonsumsi biji bunga matahari sebanyak ΒΌ cangkir ternyata dapat membantu meningkatkan kebutuhan magnesium dalam tubuh, lho! Magnesium sendiri berperan dalam menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Mengonsumsi kuaci dapat mengobati gejala hipertensi. Kebutuhan magnesium dalam kuaci pun berperan menyeimbangkan kalium dan kalsium dalam tubuh. Maka, hal ini tidak menutup kemungkinan jika kuaci dapat mencegah pengeroposan tulang, mengurangi rasa sakit kepala, sembelit dan kram otot.

Dapat Menyehatkan Kulit dan Rambut

Olahan biji bunga ini juga ternyata baik untuk membantu perawatan dan kesehatan kulit. Ini disebabkan karena kandungan vitamin E di dalam kuaci dapat meremajakan permukaan kulit serta meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, mencegah adanya keriput dan jerawat muncul.

Manfaat vitamin E yang terkandung dalam biji bunga ini pun ternyata bisa merawat kesehatan rambut, lho. Zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membantu merangsang sirkulasi aliran darah ke kepala. Sehingga, merangsang pertumbuhan rambut menjadi subur. Mengonsumsi secara teratur dapat membuat rambut Anda lebih sehat dan lembut.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Kandungan glikemik yang rendah dalam bijinya dapat membantu mengobati gejala diabetes. Mengonsumsi kuaci dapat mencegah adanya kadar gula darah meningkat. Sehingga, mengkonsumsi biji bunga matahari baik bagi para penderita diabetes.

Mengatasi Peradangan

Bagi Anda yang mempunya gejala peradangan berupa nyeri, panas dan pembengkakan dalam tubuh, Anda bisa konsumsi kuaci ini. Mengonsumsi kuaci secara teratur dipercaya dapat mengatasi peradangan di area tubuh. Radang sendiri terjadi karena adanya virus dan bakteri dan mengundang segala penyakit.

Membantu Program Diet

Anda mencari referensi makanan untuk program menurunkan berat badan? Konsumsi biji bunga matahari. Kadar kalori yang rendah dan membantu memberi rasa kenyang dapat membantu mengontrol asupan makanan Anda. Biji matahari juga mengandung serat untuk melancarkan pencernaan.

Baik Untuk Ibu Hamil

Di dalam biji bunga ini terkandung unsur folat dan vitamin B yang sangat melimpah. Sehingga, sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan folat dan vitamin B memang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Folat dapat membantu memproduksi sel-sel baru dan berkembang di dalam tubuh.

Menurunkan Adanya Risiko Terkena Kanker

Kandungan selenium dalam biji matahari dapat membantu menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker. Mengonsumsi olahan biji bunga matahari secara rutin juga dapat memperbaiki sel DNA yang rusak. Untuk itu, cobalah konsumsi kuaci ini sebagai salah satu cemilan sehat untuk Anda di rumah.

Mencegah Adanya Penyakit Jantung dan Stroke

Tak hanya dapat mencegah radikal bebas, kandungan vitamin E dalam biji bunga ini ampuh dalam mencegah penyakit jantung. Selain mencegah adanya penyakit jantung, juga dapat mengurangi risiko terkena strok. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa dalam biji tersebut dapat melemaskan pembuluh darah. Sehingga, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dapat Merilekskan Tubuh

Biji bunga matahari mengandung asam amino triptofan dan prekursor dopamin yang dapat membantu merilekskan tubuh. Sehingga, tidur terasa nyenyak dan nyaman. Magnesium yang terkandung di dalamnya pun dapat meningkatkan kadar serotonin otak yang dapat menentukan suasana hati menjadi lebih baik.

Nah, itulah ulasan lengkap bunga matahari. Dimulai dari ciri-ciri, filosofi bunga matahari, sampai manfaatnya bagi kehidupan manusia. Tak banyak yang tahu apa saja manfaat yang terkandung di dalam bunga ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, ya.

Tinggalkan komentar