Catat! Ini 7 Buah Untuk Ibu Hamil agar Janin Sehat

sumbersehat – Buah untuk ibu hamil sangat perlu dikonsumsi sebagai pelengkap asupan nutrisi. Akan tetapi, setiap ibu hamil harus mengetahui jenis buah yang dianjurkan dan jenis buah yang dilarang dikonsumsi. Sebab, ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi. Sebaliknya, buah jenis lain cukup membahayakan kehamilan karena kandungan zat tertentu di dalamnya.

Pentingnya Konsumsi Buah Untuk Ibu Hamil

buah untuk ibu hamil

Seorang wanita yang sedang hamil memerlukan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Salah satu cara memenuhinya adalah dengan mengonsumsi buah. Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi yang ada pada buah cukup beragam. Contohnya beta karoten, kalium, aneka vitamin, dan juga kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil.

Manfaat buah untuk ibu hamil selain untuk kesehatan tubuhnya juga mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Ada beberapa penyakit pada janin yang dapat dicegah dengan memenuhi nutrisi yang terkandung dalam buah. Beberapa di antaranya adalah penyakit saluran pernapasan dan penyakit kulit. Jadi, untuk memastikan bayi lahir sehat, konsumsi buah dan sayur baik bagi tubuh.

Konsumsi Buah Untuk Ibu Hamil Yang Dianjurkan

Beberapa buah memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengandung banyak zat gizi yang juga dibutuhkan janin, rasa buah yang segar juga dapat mengembalikan mood ibu. Selain itu, beberapa rasa buah yang asam segar juga mengurangi rasa mual yang dialami ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa buah yang baik dikonsumsi ibu hamil:

Alpukat

Banyak orang mengatakan bentuk alpukat menyerupai bentuk rahim saat sedang mengandung. Itulah sebabnya banyak yang meyakini alpukat baik bagi ibu hamil. Terlepas dari benar atau tidaknya, ternyata kandungan alpukat sangat baik bagi ibu hamil. Alpukat memiliki kandungan asam folat yang diperlukan untuk perkembangan janin. Kandungan asam folat pada alpukat lebih banyak jika dibandingkan buah lain.

Kandungan lain dalam alpukat adalah potasium dan magnesium yang membantu meredakan mual, sehingga disebut sebagai buah untuk ibu hamil muda. Selain itu, Kolin yang juga terdapat dalam alpukat dapat membantu perkembangan otak dan juga syaraf janin. Oleh sebab itu, memasukkan alpukat dalam menu makanan ibu hamil sangatlah penting.

Jeruk

Jeruk juga merupakan sumber asam folat. Selain itu, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi. Sebagaimana diketahui, ibu hamil sangat membutuhkan asupan zat besi. Vitamin C juga membantu agar tubuh terhidrasi dengan baik. Kandungan serat dalam jeruk juga dapat mengatasi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

Pisang

Buah untuk ibu hamil muda agar tidak mual adalah pisang. Ini disebabkan oleh kandungan vitamin B6 yang terkandung di dalamnya. Pisang juga merupakan sumber kalori untuk pemenuhan energi ibu hamil. Perlu diingat bahwa ibu hamil memerlukan energi yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi pisang secara rutin.

Selain itu, pisang juga mengandung asam folat, zat besi, dan potasium. Sebelumnya telah disinggung bahwa pisang kaya kandungan vitamin B6. Manfaat lain dari vitamin ini adalah meningkatkan jumlah hemoglobin pada ibu hamil. Hemoglobin sangat penting bagi ibu hamil karena mendukung terpenuhinya asupan oksigen yang diperlukan oleh janin.

Blueberry

Buah untuk ibu hamil yang masuk dalam dalam keluarga beri ini di antaranya adalah blueberry dan strawberry. Umumnya buah beri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kelompok buah ini juga memiliki kandungan folat yang sangat diperlukan ibu hamil. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko terjadinya preeklampsia.

Pepaya

Salah satu buah untuk ibu hamil trimester pertama adalah pepaya. Kandungan vitamin A,B,dan C yang dimilikinya sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, serat yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu melancarkan buang air besar. Oleh sebab itu, buah ini baik untuk mengatasi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. Namun, sebaiknya hindari pepaya mentah karena dapat memicu terjadinya kontraksi.

Mangga

Umumnya ibu hamil memiliki keinginan mengonsumsi makanan yang manis, asam, dan segar. Itulah sebabnya, mangga adalah salah satu pilihan buah untuk ibu hamil 1 bulan. Manfaat buah ini adalah untuk memenuhi kebutuhan kalori bagi ibu hamil. Selain itu, mangga memiliki kandungan vitamin A yang diperlukan untuk perkembangan organ janin.

Mangga juga mengandung Vitamin B6 yang yang mendukung perkembangan fungsi otak janin. Vitamin B6 ini juga dapat membantu rasa mual yang sering dialami ibu yang sedang hamil muda. Jadi buah ini baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi morning sickness. Adapun untuk mengatasi sembelit, mangga juga bagus dikonsumsi karena memiliki kandungan serat tinggi.

Jambu Biji

Nutrisi yang terkandung dalam jambu biji juga sangat diperlukan oleh ibu hamil. Di antaranya adalah vitamin, isoflavonoid, karotenoid, dan folat. Manfaat buah untuk ibu hamil ini adalah membantu mengendurkan otot, sehingga dapat membuat ibu hamil merasa lebih rileks. Jambu biji juga dapat membantu melancarkan pencernaan untuk dapat mengatasi sembelit.

Itulah tadi beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi ibu hamil. Beberapa di antaranya bahkan dianggap sebagai buah untuk ibu hamil agar bayi cerdas, misalnya pepaya dan blueberry. Akan tetapi, ibu hamil perlu mewaspadai porsi yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Selain itu, pastikan mengonsumsi buah yang bebas pestisida atau zat kimia yang merangsang cepat matang.

Selain Buah Untuk Ibu Hamil, Ada Juga Yang Harus Dihindari

Beberapa jenis buah memang cukup baik dikonsumsi ibu hamil. Namun, ada juga buah yang sebaiknya dihindari karena akan mengakibatkan gangguan yang dapat membahayakan kehamilan. Hal ini disebabkan kandungan lain dalam buah yang dapat memicu kondisi tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh buah yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil.

Nanas

Konsumsi nanas sebagai buah untuk ibu hamil sebaiknya dihindari. Sebab, nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks. Selain itu, zat ini dapat memicu kontraksi yang mengakibatkan keguguran. Terlebih lagi jika kandungan masih dalam trimester awal. Kandungan gula yang tinggi juga dapat berbahaya bagi ibu hamil yang menderita diabetes.

Durian

Banyak orang beranggapan bahwa durian bukanlah buah untuk ibu hamil. Sebenarnya buah durian memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi ibu hamil. Namun, buah ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal ini membuat durian tidak baik dikonsumsi, terutama oleh ibu hamil dengan kondisi risiko diabetes. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Pepaya Mentah

Banyak ibu hamil yang memenuhi selera megidamnya dengan mengonsumsi rujak buah. Namun, sebaiknya hindari konsumsi pepaya mentah. Hal ini disebabkan kandungan getahnya yang dapat memicu kontraksi pada otot rahim. Akibatnya, ibu hamil akan mengalami persalinan dini atau keguguran. Selain itu, getah pepaya mentah juga dapat memicu alergi pada ibu hamil.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa buah untuk ibu hamil. Konsumsi buah memang sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan ibu dan janin. Akan tetapi, perlu juga memperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil sebelum mengonsumsi buah tertentu. Ada baiknya mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan aman atau tidaknya mengonsumsi buah tertentu.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *