2 Cara Membuat Ramuan Buah Sirsak Untuk Diabetes Dengan Mudah

By

Sirsak adalah salah satu tanaman buah yang kaya akan manfaat. Hampir semua bagian pohonnya mampu digunakan sebagai ramuan kesehatan untuk umat manusia. Entah itu daun atau buahnya. Salah satu manfaat yang luar biasa dari sirsak ini adalah dapat digunakan sebagai obat diabetes. kendati demikian, buah sirsak untuk diabetes ini masih jarang ada yang tahu.

Dari pada kamu penasaran tentang pohon buah yang memiliki nama latin Annona muricata L. ini, mari bersama-sama simak ulasan lengkapnya di bawah!

Bahan aktif daun dan buah sirsak

Banyak yang bertanya-tanya, kenapa buah sirsak untuk diabetes itu sangat bagus? Apa saja kandungan yang ada pada sirsak sehingga mampu mengobati penyakit ini?

Nah sebelum berlanjut, penting untuk diketahui bahwa buah dan daun sirsak itu sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat umum akan khasiatnya untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Penggunaannya sendiri sudah dilakukan sejak dari dulu.

Graviola atau buah dan  daun sirsak ini memiliki beberapa kandungan biologi yang luar biasa dan phytochemical yang sering disebut acetogenins. Acetogenins itu sendiri merupakan kandungan dalam buah sirsak yang memiliki manfaat untuk menekan atau menghancurkan lonjakan gula darah dalam tubuh seseorang yang mampu menyebabkan penyakit diabetes militus.

Sirsak sendiri bukan hanya terkenal di Indonesia saja akan manfaatnya dalam menghancurkan penyakit diabetes. Melainkan di beberapa kawasan negara lain pun sudah terkenal akan khasiatnya dan sudah sangat sering digunakan oleh warga setempat untuk menjadi obat tradisional yang aman dalam mengatasi penyakit diabetes. Adapun negara itu seperti, Peru, Afrikan dan Amerika Selatan.

Pohon buah sirsak itu sendiri merupakan tanaman asli yang berasal dari hutan tropik. Nah biasanya orang-orang lebih sering menggunakan buah sirsak sebagai jus. Karena dengan cara menjadikan jus ini akan dirasa lebih enak oleh mereka.

Bagaimanakah sirsak bisa menurunkan gula darah diabetes?

Mungkin ini menjadi pertanyan kamu, bukan hanya kamu saja melainkan orang lain juga memiliki pertanyaan yang sama dalam benaknya. Bagaimana bisa buah sirsak untuk diabetes ? Oke, mari kita bersama-sama untuk mengulasnya.

Diabetes melitus terkenal di seluruh dunia sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan bagi umat manusia. Penyakit ini tak akan pernah memandang siapa dia dan bagaimana dia. Diabetes militus juga dikenal sebagai penyakit dengan istilah “Silent Killer”, yang mana memiliki makna sebuah penyakit yang lambat, pelan, namun pasti dalam membunuh korbannya.

Diabetes militus sendiri merupakan sebuah gangguan dalam sistem metabolisme seseorang yang mempengaruhi organ fungsi tubuh untuk memanfaatkan produk pencernaan. Yang mana produk pencernaan memiliki tugas untuk mengatur glukosa darah dan memberikan sel-sel tubuh seorang manusia dengan energi.

Penyakit diabetes itu sendiri terbagi ke dalam dua tipe. Ada tipe 1 dan ada juga tipe 2. Nah untuk tipe 1 itu sendiri terjadi disaat tubuh kamu tidak memiliki kemampuan lagi untuk membuat insulin, yang mana insulin ini adalah sebuah hormon yang memiliki tugas untuk mengatur kinerja gula darah.

Dan untuk diabetes tipe 2 terjadi ketika kondisi tubuh penderita sudah tidak lagi memiliki kemampuan untuk merespon insulin dalam tubuh, meskipun pankreas masih memproduksi  jumlah hormon yang cukup.

Akibat dari kedua tipe diabetes di atas, glukosa tidak lagi memiliki kemampuan untuk berpindah-pindah dari sel yang satu ke sel yang lainnya dalam melakukan tugas dan fungsinya dalam melakukan metabolisme dan aktivitas lainnya. Dari permasalah ini yang menyebabkan glokusa darah terlalu tinggi. Di mana ketika glokusa darah sudah terlalu tinggi mampu berakibat pada terjadinya masalah terhadap organ lain seorang manusia.

Tidak berhenti sampai di sana saja, keadaan ini juga mengakibatkan terampasnya energi yang semestinya digunakan sebagai asupan sel-sel dalam tubuh. Sehingga, jika sudah terjadi seperti ini maka dapat mengakibatkan komplikasi yang sangat serius hingga berakibat fatal, yaitu sebuah kematian dini pada penderitanya.

Dengan adanya permasalah seperti di atas, para ahli dan peneliti melakukan berbagai uji coba. Hingga pada akhirnya menemukan buah dan duan sirsak yang mampu sebagai penangkal dari masalah diabetes tipe 2 di atas. Karena daun dan buah sirsak memiliki kemampuan untuk menjaga glukosa darah penderita dalam beberapa rentang waktu hingga membuatnya kembali pulih normal.

Hasil penelitian tersebut memiliki kaitan erat terhadap buah dan daun sirsak yang memiliki beberapa kandungan biologis dan phytochemical yang biasa disebut dengan acetogenins. Sebuah komponen yang memiliki peran sebagai pereduksi lonjakan gula darah penderita terhadap penyakit diabetes militus yang di derita oleh seseorang.

Bagaimanakah cara membuat ramuan buah dan daun sirsak sebagai obat diabetes?

Agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu perlu melakukan pengolahan yang tepat. Berikut akan diulas secara lengkap cara membuat ramuan buah sirsak untuk diabetes dengan mudah.

1. Di olah menjadi jus

Sebenarnya dengan memakan buah sirsak yang sudah matang secara langsung tidak ada masalah. Namun, jika diolah menjadi jus kamu akan mendapatkan sensai kesegaran yang berbeda disamping manfaat yang kamu dapatkan. Berikut cara sederhana dalam pengolahan jusnya

  • Siapkan buah sirsak yang sudah matang, gula atau susu, air, dan blender
  • Cuci sirsak dengan air mengalir
  • Kupas buah sirsak dan kulitnya di buang
  • Potong kecil-kecil daging sirsak
  • Pisahkan biji dari potongan daging sirsak
  • Potongan itu dimasukkan ke dalam blender
  • Taburkan gula secukupnya ke blender, bisa juga menggunakan susu
  • Tuangkan air secukupnya ke blender
  • Blender semua campuran tersebut
  • Tunggu hingga halus, jika sudah halus matikan blender
  • Tuangkan jus ke dalam gelas
  • Selesai

Jus buah sirsak sudah bisa kamu nikmati beserta kesegarannya!

2. Dengan meminum rebusan daun sirsak

Selain buahnya, kamu juga bisa memanfaatkan daunnya untuk direbus dijadikan minuman. Untuk daunnya sendiri pilihlah daun sirsak yang masih muda, karena daun yang masih muda memiliki kandungan yang lebih bagus. Cara pengolahannya sebagai berikut:

  • Siapkan daun sirsak yang masih muda dan air biasa
  • Cuci daun sirsak dengan air mengalir hingga bersih
  • Rebus daun sirsak tersebut dalam panci yang sudah ada air
  • Tunggu beberapa menit hingga rebusan mendidih
  • Angkat rebusan dan saring
  • Ketika menyaring, pisahkan ampas dengan air rebusannya. Dan air hasil rebusan dituangkan ke gelas minum
  • Minum air rebusan daun muda sirsak saat masih hangat.

Konsumsilah rebusan daun sirsak 1 kali dalam sehari untuk manfaat yang maksimal

Efek samping daun dan buah sirsak pada penderita diabetes

Walau buah sirsak untuk diabetes sangat bagus, namun ternyata, ada beberapa efek samping yang diberikannya. Apabila terlalu banyak mengkonsumsi buah atau ramuan daun sirsak maka bisa membawa dampak buruk bagi penderita diabetes.

1. Meracuni sel-sel pada otak manusia

Tingginya kandungan alkaloid yang terdapat pada buah dan daun sirsak dapat menyebabkan kematian neuronal otak, yang mana menjadi penyebab utama Parkinson. Oleh karenanya, kamu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi ramuan daun dan buah sirsak untuk mengobati diabetes.

2. Mampu melebarkan pembuluh darah

Daun sirsak terbukti mampu melebarkan pembuluh darah pengkonsumsinya. Ini telah dibuktikan dengan studi ilmiah yang diujikan pada seekor hewan dengan memberikan ekstra sirsak. Terbukti bahwa daun sirsak dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Apabila seorang yang memiliki tekanan darah rendah mengkonsumsi ramuan ini, maka bisa berakibat fatal.

3. Sirsak menyebabkan Parkinson

Buah sirsak bisa membunuh sel-sel pada otak, begitu juga pada bagian sel tubuh lainnya. Apabila kamu sedang mengalami gangguan saraf seperti penyakit Parkinson, makan mengkonsumsi ramuan ini akan memperburuk kondisimu.

4. Buruk bagi ibu hamil

Seorang ibu yang mengandung dilarang keras untuk meminum ramuan dari sirsak. Sebab akan menimbulkan kontradiksi pada rahim yang berakibat fatal pada bayi dan ibunya. Begitujuga ketika masih menyusui juga dilarang keras.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk diabetes, cara pengolahan dan efek sampingnya. Walau obat ini tradisional, kamu harus tetap menggunakannya dalam batas yang wajar.

Tinggalkan komentar