9 Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil, Aturan Makan dan Efek Sampingnya!

sumbersehat.com – Buah sawo untuk ibu hamil memang sangatlah cocok, karena buah ini memiliki banyak manfaat untuk kehamilan. Ketika sedang dalam keadaan hamil, seorang wanita harus selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Hal tersebut berfungsi untuk mendukung pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan dengan baik.

Sawo merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan, rasanya yang manis dan menyegarkan, serta teksturnya yang lembut membuatnya digandrungi orang. Selain itu buah sawo juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kehamilan. Dibalik rasa manisnya buah sawo memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

buah sawo untuk ibu hamil
sawo dan ibu hamil

Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui!

Kandungan yang terdapat didalam buah sawo diantaranya adalah vitamin, protein, zat besi, kalsium, magnesium, serat, fosfor dan juga flavonoid. Berikut adalah beberapa manfaat buah sawo untuk ibu hamil:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kondisi tubuh ibu hamil hampir selalu berubah-ubah sehingga akan mudah sakit. Jika sang ibu sakit maka itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang ada di dalam perutnya juga. Oleh karena itu sawo untuk ibu hamil sangat cocok, karena buah sawo merupakan buah yang kaya akan vitamin C.

Vitamin C pada buah sawo mempunyai manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang selalu terjaga, maka ibu hamil akan terhindar dari berbagai virus dan bakteri seperti penyakit flu, demam maupun pilek.

2. Mencegah Sembelit

Ibu hamil biasanya memiliki banyak keluhan, seperti mudah lelah, mual, pusing dan merasa susah buang air besar. Biasanya ibu hamil mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, untuk mengatasi semua itu buah sawo untuk ibu hamil bisa menjadi solusinya.

Buah sawo memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika dikonsumsi secara rutin serat yang ada pada buah sawo dapat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan ibu hamil. Hal tersebut akan menjadi poin plus bagi buah sawo sebagai buah kaya manfaat.

3. Mengurangi Rasa Mual

Pada awal-awal masa kehamilan atau biasa disebut trimester pertama biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness. Pada umumnya gejala tersebut ditandai dengan rasa mual dipagi hari. Hal tersebut memang wajar dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Namun, bila tidak segera diatasi bisa menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri. Buah sawo memiliki kandungan vitamin B yang sangat efektif dalam mengurangi rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil. Oleh karena itu buah sawo untuk ibu hamil bisa dijadikan solusinya.

4. Mencegah Anemia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada saat masa kehamilan sang ibu akan lebih gampang sakit, salah satunya anemia. Namun tidak perlu risau karena buah sawo untuk ibu hamil juga bisa bermanfaat untuk mengatasi anemia.

Zat besi yang terkandung dalam buah sawo sangatlah bermanfaat untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia. Selain itu, sawo juga membantu dalam pembentukan sel dari sel darah merah. Jadi, tak heran bila tenaga ahli menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi sawo.

5. Mencegah kegemukan

Pada umumnya wanita sedang hamil cenderung lebih banyak makan dari waktu sebelum kehamilannya. Itu memang hal yang lumrah terjadi, namun jika terlalu berlebihan maka akan menimbulkan efek yang kurang baik ibu maupun janinnya.

Buah sawo untuk ibu hamil memiliki kandungan karbohidrat yang sangat membantu dalam mengontrol nafsu makan. Itu sangat berguna karena bisa membantu para ibu hamil mencegah kegemukan yang nantinya berakibat ke dalam proses persalinan.

6. Mempercepat Pertumbuhan Tulang pada Janin

Buah sawo untuk ibu hamil memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Itu menjadikan buah sawo memiliki manfaat tersendiri dalam mempercepat pembentukan tulang pada janin ketika masih di dalam kandungan. Hal ini nantinya akan membuat bayi memiliki gigi dan tulang yang kuat ketika ia lahir.

7. Membantu Mengatasi Stress

Pada saat masa akhir kehamilan ibu hamil cenderung akan mengalami stress. Banyak hal yang dipikirkan dari mulai dari apa yang akan dilakukannya sebelum melahirkan sampai setelah ia melahirkan. Buah sawo untuk ibu hamil nyatanya bisa menjadi solusi untuk itu.

Buah sawo mengandung penenang alami bisa dijadikan obat untuk mengatasi stres. Setelah mengonsumsi buah sawo ibu hamil akan merasakan rileks kembali karena sifat penenang yang dikandungnya. Selain makan sawo, bumil juga disarankan untuk yoga bila ingin terhindar dari stres.

8. Memiliki sifat Antivirus dan Antibakteri

Buah sawo merupakan buah dengan sejuta manfaat, selain yang telah disebutkan diatas buah sawo juga memiliki sifat antivirus. Buah sawo memiliki sifat antivirus yang sangat kuat, selain itu buah sawo juga mempunyai sifat anti parasit pada tubuh kita.

Oleh karena itu buah sawo untuk ibu hamil dapat membantu sang ibu dalam mencegah masuknya bakteri ke tubuh kita. Hal tersebut sangat bagus untuk ibu hamil karena bisa membantunya untuk melawan infeksi selama masa kehamilan. Dan tentu saja hal tersebut akan berdampak baik bagi janin yang dikandungnya.

9. Anti Diare

Selain bisa mencegah sembelit, ternyata buah sawo untuk ibu hamil juga bisa menjadi obat anti diare. Buah sawo dianggap sebagai anti diare karena mengandung sifat pencahar alaminya. Cara untuk mengonsumsinya yaitu dengan merebus sawo di dalam air lalu diminum, maka selanjutnya ia akan bekerja secara alami sebagai anti diare.

Inilah Aturan Mengonsumsi Buah Sawo untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Namun, tahukah Anda selain memiliki berbagai manfaat buah sawo juga memiliki efek kurang baik bagi kesehatan tubuh? Ketika mengonsumsi buah sawo hendaknya jangan mengonsumsinya dengan jumlah berlebih karena menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Buah sawo memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun yang harus Anda ketahui bahwa buah ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Biasanya ibu hamil hanya diperbolehkan mengonsumsi buah sawo sekitar 100-120 gr sehari.

Efek Samping Mengonsumsi Sawo Berlebihan

Berikut adalah efek ketika Anda mengonsumsi buah sawo secara berlebihan:

Overdosis dalam mengonsumsi buah sawo bisa meningkatkan berat badan. Selain itu, juga bisa mengganggu sistem pencernaan dan yang lebih parahnya lagi jika Anda mengonsumsi sawo mentah. Itu karena sawo mentah dapat mengakibatkan gangguan pada organ pencernaan seperti tukak lambung, masalah pernapasan, dan iritasi tenggorokan.

Pada hakikatnya segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak kurang baik. Maka dari itu walaupun berupa makanan yang sehat, janganlah bertindak gegabah dengan mengonsumsinya secara berlebih. Semoga informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah sawo untuk ibu hamil. Anda bisa menjadikan buah sawo sebagai buah favorit dengan sejuta manfaatnya. Namun siapa sangka dibalik manfaatnya ada juga efek buruk yang ditimbulkan jika tidak dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *