11 Buah Saat Haid Yang Wajib Dikonsumsi dan Paling Direkomendasikan

Mengkonsumsi buah saat haid dipercaya mampu memperlancar haid dan mengurangi perasaan yang tidak nyaman ketika siklus ini terjadi pada diri kamu. Haid yang normal itu memiliki siklus 21 sampai 35 hari. Apabila kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari maka bisa dikategorikan haid kamu tidak teratur. Dan untuk masa haid yang normal itu berkisar antara 2 hari hingga 7 hari.

Ketidak teraturan haid bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, penggunaan alat kontrol kehamilan yang tidak cocok untuk dirimu, perubahan hormon dalm tubuh, gaya hidup yang kurang sehat, atau faktor lainnya.

Daftar Buah Saat Haid yang Wajib Dikonsumsi

Saat kamu mengalami siklus haid tentu akan banyak sekali mendapatkan permasalah yang membuatmu merasa kurang nyaman dan sangat menggangu ketika beraktivitas. Salah satunya, rasa nyeri atau rasa sakit ketika haid. Untuk mengobati permasalahn ini, tentunya di rumah sakit atau di apotek sudah ada berbagai macam jenis obatnya. Namun alahkah baiknya kamu menggunakan obat alami yang tidak terkontaminasi bahan kimia. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah saat haid. Selain mampu meredakan rasa yang kurang nyaman, dengan mengkonsumsi buah mampu membantu memperlancar siklus haidmu.

1. Buah Jeruk

Gejala PMS atau premenstrual syndrome merupakan salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh perempuan saat sedang haid. Dengan jalan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dan vitamin D, dipercaya mampu mengatasi masalah PMS tersebut.

Kalsium membantu meredakan perasaan gelisah dan tertekan yang dirasakan oleh otak. Sementara itu vitamin D mampu membantu tubuhmu dalam mengatur enzim yang mengubah triptifan menjadi serotine, yang mana ini memiliki fungsi untuk menjaga suasana hatimu agar tetap terjaga ketenangannya. Nah untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa dengan mengkonsumsi buah saat haid, seperti buah jeruk.

2. Buah Papaya

Selain dipercaya dan terbukti mampu melancarkan pencernaan, buah papaya juga terbukti mampu memperlancar haid yang sedang kamu jalani. Namun papaya yang dikonsumsi bukan yang matang, melainkan buah papaya yang masih mentah. Kenapa?

Dengan cara kamu mengkonsumsi buah papaya yang mentah, sangat membantu kontraksi serat otot dalam rahimmu, sehingga mampu juga membantu dalam mengatur aliran menstruasi.

Buah papaya mentah ini kamu konsumsi beberapa bulan secara teratur untuk memastikan siklus menstruasimu lancar. Namun, jika sudah mengalami haid, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah papaya.

3. Buah Pisang

Buah saat haid yang bisa di konsumsi berikutnya adalah buah pisang. Karena di dalam buah pisang kaya akan kandungan magnesium, kalium, dan juga bitamin B6. Dengan cara rutin mengkonsumsi buah pisang, dipercaya mampu memperlancar siklus haidmu menjadi lebih teratur. Bukan itu saja, dengan cara ini juga bisa membantumu untuk mengatasi retensi cairan dalam tubuh dan mencegah perut kembung.

4.  Buah Semangka

Sebagian besar mereka ketika haid akan merasa sangat rindu dengan mengkonsumsi makanan, terutama makanan yang manis-manis. Daripada kamu mengkonsumsi camilan yang kadang sudah terkontaminasi bahan kimia, lebih baik kamu mengkonsumsi buah saat haid yang manis. Salah satunya itu adalah buah semangka. Karena dalam buah semangka terdapat kandungan gula yang alami. Bukan itu saja, mengkonsumsi buah ini saat haid mampu menjadikan tubuhmu terasa lebih berenergi.

Jika kamu memutuskan untuk mengkonsumsi buah semangka saat haid, ini harus diimbangi juga dengan cara rutin mengkonsumsi air. Apabila mempunyai waktu yang lebih, kamu bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan.

5. Buah Nanas

Mengkonsumsi buah nanas saat haid dipercaya mempu membantu haidmu menjadi lebih lancar. Ini dikarenakan buah nanas mengandung kandungan bromelain. Bromelain itu sendiri merupakan sebuah enzim yang dipercaya mampu mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya dalam tubuh. Dan bisa juga mengatasi kram dan sakit kepala yang kamu alami saat menstruasi.

Pernyataan ini juga telah dibuktikan melalui sebuah study dari Section of Orthopaedics, Department of Surgery, Aga Khan University, Karachi, Pakistan pada tahun 2017. Yang di mana disebutkan bahwa bromelain ini sendiri mampu membantu mengatasi peradangan. Termasuk juga mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur akibat dari peradangan dalam tubuh seseorang.

6. Buah Sawo

Siapa yang tidak kenal dengan buah sawo ini, salah satu buah yang berwarna cokelat dan manis untuk dikonsumsi. Tahukah kamu, bahwa buah sawo kaya akan kandungan seperti nutrisi dan vitamin. diantaranya ada protein, zat besi, fosfor, karbohidrat, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Vitamin E, dan kandungan lainnya.

Dari banyaknya kandungan yang dimiliki buah sawo, salah satunya memiliki manfaat untuk mengatasi rasa nyeri saat haid. Buah sawo ini bisa kamu konsumsi secara langsung tanpa di olah, atau bisa diolah dijadikan jus untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar.

7. Buah Anggur

Buah saat haid yang bisa kamu konsumsi selanjutnya adalah buah anggur. Dalam buah anggur ini terdapat kandungan berupa serat, potassium, sumber tembaga, vitamin A, dan Vitamin C. Dari kandungan yang dimiliki oleh anggur inilah yang mampu membantu memperlancar haidmu.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu bisa mengkonsumsi jus dari buah anggur, tiap minggu sebelum masa haidmu. Dan tentunya ini dilakukan secara rutin.

8. Buah Alpukat

Rasa kram dan nyeri yang kamu alami saat masa haid bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah alpukat. Hal ini karena buah alpukat kaya akan kandungan vitamin, mineral, Omega-3, dan asam lemak yang ampuh untuk mengatasi rasa nyeri menstruasi. Untuk mendapatkan manfaat buah ini, kamu bisa secara langsung memakan buahnya atau dengan cara menjadikan jus.

9. Buah Mangga

Sama halnya dengan buah papaya dan jeruk, buah mangga juga kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi buah mangga saat haid, bisa membantu untuk meningkatkan produksi kadar estrogen di dalam tubuh dan juga bermanfaat untuk mengurangi kadar progesterone di dalam tubuh, dengan ini akan memberikan manfaat untuk mendorong kontraksi Rahim yang normal dan lancar.

10. Buah Kurma

Berikutnya buah yang bisa kamu konsumsi saat masa haid ada buah kurma. Dengan mengkonsumi buah kurma mampu memberikan kehangatan dalam tubuhmu dan memberikan perasaan yang nyaman. Kamu bisa mengkonsumsi buah kurma ini secara langsung atau dengan cara diminum bersama susu hangat.

11. Buah Persik dan Buah Lemon

Saat masa haid, kamu boleh meminum jus dari campuran buah persik dan buah lemon. Pasalnya campuran buah alami ini mampu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuhmu dan juga mengurangi retensi air. Yang mana ini sangat cocok apabila kamu mengalami permasalahan perut kembung ketika masa haid.

Selain itu, dengan meminum jus dari campuran buah persik dan buah lemon juga dipercaya mampu mengatasi masalah perut sembelit dan gangguan pencernaan, serta mampu sebagai efek relaksasi apabila saat kamu haid mengalami kecemasan yang tinggi.

Itulah 11 buah saat haid yang bisa kamu konsumsi. Semoga dengan adanya artikel ini, mampu membantumu mengatasi segala masalah ketika menjalani masa haid.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat temu putih

14 Manfaat Temu Putih Sebagai Obat Herbal Kesehatan dan Kecantikan

sumbersehat.com - Manfaat temu putih bagi dunia kesehatan dan kecantikan ternyata cukup banyak. Karakteristiknya agak berbeda dengan temu kuning. Tekstur daging yang dimiliki lebih lunak dan rasanya lebih cenderung mirip dengan rimpang jahe,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *