Baikkah Buah Pepaya untuk Ibu Hamil? Simak yuk 8 Manfaatnya!

sumbersehat.com – Buah pepaya untuk ibu hamil memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat makan buah sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang didapat bukan hanya melindungi dari penyakit, namun juga bisa merawat tubuh. Dengan begitu buah buahan sangat penting terutama bagi ibu hamil. Sebab saat hamil, nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak dari orang yang sedang tidak hamil. Salah satu buah yang bisa dikonsumsi adalah buah pepaya.

Buah pepaya adalah salah satu buah yang mempunyai khasiat yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Buah pepaya mengandung air, zat besi, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, protein, dan asam folat, dengan begitu buah pepaya memang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil karena zat dan manfaat yang dimiliknya.

buah pepaya untuk ibu hamil
pepaya dan bumil

Inilah Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil

Namun bukan berarti ibu bisa makan semaunya tanpa memperhatikan aturan konsumsinya. Sebab jika dimakan berlebihan pepaya untuk ibu hamil dapat mengakibatkan kontraksi. Oleh karena itu dalam artikel ini dirangkum 8 manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan aturan konsumsinya.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat pepaya untuk ibu hamil yang pertama jika mengonsumsi pepaya setiap hari yaitu melancarkan sistem pencernaan. Ibu hamil sering memiliki gangguan sistem pencernaan karena pergerakan usus melambat. Pergerakan usus yang melambat disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil.

Untuk mencegahnya ibu bisa mengkonsumsi buah pepaya agar sistem pencernaan lancar terutama jika ibu memang mengalami penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, mengonsumsi pepaya sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan pepaya merupakan buah segar yang banyak mengandung serat.

2. Mengatasi Morning Sickness

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang kedua yaitu mencegah mual. Ibu hamil pasti sudah tidak asing lagi dengan mual dipagi hari atau yang disebut morning sickness dan hal ini bisa sangat menganggu untuk aktivitas sehari hari. Konsumsi pepaya dapat membantu mengatasi mual di pagi hari karena getah lateks pada buah pepaya yang dapat mengatasi mual dan muntah. Namun pepaya yang harus dimakan adalah pepaya matang.

3. Bagus Untuk Perkembangan Janin

Janin membutuhkan nutrisi yang banyak untuk menunjang perkembangannya dan pepaya untuk ibu hamil bagus untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Pada buah pepaya yang telah matang, terdapat kandungan asam folat yang cukup tinggi.

Asam folat tersebut memiliki peran utama dalam mendukung tumbuh kembang janin karena kandungan asam folat sangat diperlukan janin untuk perkembangan otaknya. Selain itu vitamin A yang terdapat dalam buah pepaya bagus untuk pembentukan organ mata janin.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah adalah salah satu hal penting yang harus selalu dikontrol selama masa kehamilan agar tidak mengalami hipertensi. Hipertensi dalam kehamilan dapat menyebabkan keguguran, aliran darah ke plasenta terganggu, dan kerusakan organ.

Buah pepaya untuk ibu hamil bisa mengontrol proses natrium dalam tubuh agar tekanan darah tidak terlalu tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Erma Kasumayanti, pemberian jus pepaya secara terus menerus dapat menurunkan tekanan darah dengan rata-rata penurunan 10 mmHg – 30 mmHg.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Pepaya untuk ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri. Vitamin A dan C dalam pepaya bagus untuk tubuh dalam menunjang dan memperkokoh sistem kekebalan tubuh. Ketika sedang mengandung, buah pepaya bisa membuat ibu hamil tidak mudah terserang penyakit jika pepaya dikonsumsi dengan jumlah yang cukup.

6. Membantu meningkatkan produksi ASI

Buah pepaya untuk ibu hamil bisa meningkat produksi ASI. Buah pepaya memiliki vitamin B,C, dan Zat besi yang bisa membantu memperlancar produksi ASI. Buah pepaya merupakan jenis makanan yang mengandung Laktagogum yaitu suatu zat gizi yang dapat meningkatkan dan memperlancar produksi ASI terutama pada ibu yang mengalami masalah dalam produksi ASI.

7. Sebagai Penangkal Radikal Bebas Dalam Tubuh

Sebagaimana yang kita ketahui radikal bebas berbahaya untuk tubuh dan merupakan salah satu pemicu timbulnya kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah pepaya. Oleh karena itu buah pepaya untuk ibu hamil sangat bermanfaat agar ibu terhindar dari bahaya radikal bebas.

8. Mencegah Dehidrasi

Kebutuhan cairan ibu hamil harus terpenuhi dengan baik agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi dalam dunia medis merupakan masalah serius. Jika ibu hamil kekurangan cairan, ibu hamil dapat mengalami pusing dan lemas.

Cara mencegah terjadinya dehidrasi adalah dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi buah yang memiliki banyak kandungan air salah satunya adalah pepaya. Buah pepaya untuk ibu hamil bisa mencegah dehidrasi karena pepaya memiliki banyak kandungan air sehingga bisa mengganti cairan elektrolit yang hilang pada tubuh.

Ketika memilih pepaya, pastikan pepaya yang kamu pilih sudah matang, karena pepaya matang dapat memberi manfaat dan aman untuk dikonsumi oleh ibu hamil berbeda dengan pepaya mentah menyebabkan banyak komplikasi selama kehamilan.

Langkah Tepat Konsumsi Pepaya dan Cara Memilihnya

Pada saat kehamilan terutama di tahap awal, janin masih sangat lemah dan harus dijaga. Pepaya mentah diketahui mengandung zat lateks yang dapat memicu kontraksi uterus (rahim). Keguguran atau kelahiran prematur bisa terjadi karena kontraksi uterus yang tidak normal atau tidak wajar pada kehamilan dan salah satu pemicunya adalah zat lateks yang dikonsumsi ibu hamil.

Pepaya yang matang kulitnya sebagian besar berwarna kuning dan hanya sedikit bagiannya yang berwarna hijau. Ibu juga harus memilih pepaya yang kencang, lembut saat ditekan, memiliki kulit halus dan berat buahnya sesuai dengan ukurannya. Sebaliknya, hindari pepaya yang terlalu lunak dan agak bonyok di bagian kulitnya. Pepaya yang tidak mentah atau terlalu matang baik untuk dikonsumsi.

Selain itu jika dikonsumsi secara berlebihan, buah pepaya dapat memicu batu ginjal, untuk mencegahnya, makanlah dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan sebab segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Ibu hamil sebaiknya makan daging dari buah pepaya dan menyingkirkan biji dan kulit pepaya, buah pun harus dipotong dengan hati hati, jangan makan daging buah langsung dari kulitnya.

Nah itu dia manfaat buah pepaya untuk ibu hamil, ternyata buah pepaya untuk ibu hamil baik untuk dikonsumsi. Namun kendati memiliki banyak manfaat, ibu harus hati hati karena buah pepaya memiliki efek samping untuk janin. Oleh karena itu ibu harus memperhatikan tips dan aturan konsumsi buah pepaya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat dan aturan mengonsumsi buah pepaya untuk ibu hamil. Hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu adalah tingkat kematangan pepaya dan porsi yang dimakan. Jangan sampai makan buah pepaya mentah apapun bentuk olahannya karena dapat membahayakan janin dan jangan makan terlalu banyak. Jika ibu mengkonsumsi buah pepaya yang matang dan porsi yang dimakan tidak berlebihan, buah pepaya untuk ibu hamil sangat bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *