5 Buah Penambah Gula Darah Ini Enak dan Mudah Ditemukan!

By

Buah penambah gula darah sekarang sedang ramai dicari informasinya oleh orang – orang. Hal tersebut didasari karena penderita gula darah rendah semakin melonjak. Kira – kira apa sih itu gula dara rendah dan apa penyebabnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pengertian Gula Darah Rendah

Sebenarnya kamu bisa menebak pengertiannya bahkan dengan melihat namanya saja. Yap gula darah rendah berarti kondisi seseorang dimana kandungan gula darah dalam tubuhnya lebih rendah dari normalnya. Dalam kedokteran, Kondisi seperti ini disebut sebagai hipoglikemia.

Gula darah atau glukosa bisa dikatakan sebagai sumber energi selain karbohidrat. Saking pentingnya, secara alami tubuh juga memproduksi gula darah melalui hati. Jika dari luarnya, kamu bisa mengkonsumsi buah penambah gula darah. Orang – orang selalu mengira bahwa penderita diabetes nantinya akan terkena gula darah rendah, apakah hal tersebut benar adanya?

2. Penyebab

Penyebab dari gula darah rendah belum banyak orang tau, padahal banyak kegiatan sehari – hari yang mempengaruhinya. Jadi, pelajari penyebabnya berikut ini dengan baik dan sebisa mungkin untuk menghindarinya juga ingatkan ke orang – orang terdekatmu.

  • Konsumsi obat diabetes berlebihan

Diabetes berarti seseorang mengandung gula terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, dokter pasti memberikan obat untuk mengurangi kadar gula darah tersebut. Dosis yang diberikan oleh dokter pasti sudah pas, tapi kadang ada pasien yang nakal dan meminum obat diabetes tersebut secara berlebihan.

Hal tersebut mengakibatkan saat obat habis, bukannya kamu kembali sehat dan normal malah kondisi kamu menjadi kekurangan gula darah. Jadi, jika kamu penderita diabetes perhatikan jumlah obat yang dikonsumsi.

  • Minum alkohol

Alkohol memang dikenal tidak baik untuk kesehatan. Pernyataan tersebut semakin diperkuat karena minuman jenis ini bisa membuat kamu kekurangan gula darah. Jadi, hindari minuman beralkohol atau jika tidak bisa cukup dikurangi saja jumlahnya.

  • Pola makan tak terjadwal

Asupan ke dalam tubuh juga mempengaruhi tingkat kemungkinannya. Jika asupan gula yang masuk dalam tubuh kurang, maka kemungkinan kamu terkena hipoglikemia semakin tinggi. Jadi, perhatikanlah jadwal dan pola makan kamu seperti mengkonsumsi buah penambah gula darah.

  • Olahraga berlebih

Olahraga baik bagi tubuh jika dilakukan dengan batas normal. Tapi, itu akan meningkatkan risiko kamu terkena gula darah rendah jika dilakukan secara berlebihan karena asupan yang masuk dalam tubuh dan kegiatan yang dilakukan melebihi asupan yang masuk tadi.

  • Pengaruh penyakit lain

Penyakit lain juga berpengaruh loh. Jika kamu penderita hepatitis atau penyakit ginjal atau sepsis atau malaria maka kemungkinan kamu terkena gula darah rendah makin tinggi.

3. Gejala

Ketika ada suatu keadaan dalam tubuh yang tidak biasa, maka tubuh kamu akan memberikan sinyal berupa tanda atau gejala penyakit tersebut. Jadi, agar kamu peka terhadap sinyal yang diberikan tubuh akibat gula darah rendah, yuk cek beberapa gejala yang dikeluarkan tubuhmu.

  • Kesemutan

Jika kamu biasanya tidak pernah kesemutan, dan tiba – tiba mengalaminya maka kamu patut curiga bahwa kandungan gula darahmu rendah. Baiknya kamu langsung mengkonsumsi buah penambah gula darah.

  • Pusing

Pusing adalah gejala dari banyak penyakit. Jadi, jika kamu hanya merasakan pusing maka kamu tidak bisa langsung mengklaim kamu kurang gula darah tapi harus dilihat gejala lainnya juga.

  • Gemetar

Mirip kesemutan, jika kamu biasanya tidak gemetaran terus tiba – tiba gemetaran maka patut curiga bahwa kamu kurang gula darahnya.

  • Sulit berkonsentrasi

Konsentrasi ada jika kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Gula merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh jadi jika jumlahnya kurang maka kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi.

  • Mudah Lapar

Karena gula dalam darah rendah maka otomatis tubuhmu juga akan mudah lapar karena tubuh mengirim kode bahwa ada nutrisi yang kurang di tubuhmu.

4. Pencegahan

Ada beberapa bentuk pencegahan yang bisa dilakukan jauh – jauh hari. Atau, kamu juga bisa menerapkan pencegahan – pencegahan ini mulai hari ini sebagai bentuk adaptasi. Berikut adalah beberapa cara pencegahannya.

  • Memeriksa kadar gula darah dalam tubuh secara teratur
  • Usahakan mengemil makanan atau minuman manis di sela – sela makan utama
  • Makan secara teratur, misalnya hari ini kamu makan jam 7 pagi, 12 siang dan 8 malam maka pada keesokan harinya kamu harus makan pada jam yang sama juga.
  • Jangan minum alkohol
  • Olahraga secukupnya saja

5. Pencegahan dengan Buah Penambah Gula Darah

Banyak pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gula darah rendah. Tapi, kali ini penulis akan fokus terhadap cara untuk mengkonsumsi buah penambah gula darah. Kira – kira buah apa saja yang masuk dalam daftarnya? Berikut adalah keterangannya.

  • Apel

Tak hanya mengandung serat yang tinggi dan kaya antioksidan, ternyata apel juga mengandung glukosa yang tinggi. Jadi, cocok dalam menambah gula darah dan meningkatkan kekebalan pada tubuh kamu.

  • Pisang

Buah penambah gula darah selanjutnya adalah pisang. Rasanya yang manis menandakan kandungan gulanya tinggi. Tapi, tenang saja, pisang juga aman dikonsumsi dengan jumlah banyak karena mengandung banyak serat.

  • Mangga

Mangga rasanya enak dan bisa menyegarkan tubuh. Selain itu bisa juga menambah gula darah karena kandungan glukosanya tinggi. Meski begitu manga tetap aman dikonsumsi dengan banyak karena bermanfaat juga untuk kesehatan mata.

  • Anggur

Buah yang berwarna ungu atau hijau atau merah ini menjadi daftar selanjutnya karena selain enak, kandungan gulanya juga tinggi. Tapi terkadang ada orang yang malas memakan buah ini karena ada bijinya, jadi biji itu dirasa mengganggu.

  • Nanas

Daftar buah terakhir adalah buah yang biasanya dilarang untuk orang hamil. Kandungan glukosa pada nanas ini sangat banyak  dan rasanya juga sangat enak. Saking enaknya membuat nanas selalu menjadi bagian dari rujak.

6. Pengobatan

Bagian terakhir kita akan membahas mengenai cara pengobatannya. Pengobatan harus dilakukan agar kamu bisa sehat kembali dan menjalankan keseharian dengan normal kembali. Berikut adalah beberapa cara pengobatannya.

  • Tablet glukosa

Cara pengobatan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi tablet glukosa. Tablet ini bisa didapatkan secar langsung di apotek atau di rumah sakit dengan resep dokter. Sesuai namanya, tablet ini mengandung glukosa yang tinggi sehingga cocok bagi si penderita.

Satu tablet biasanya berisi 15 gram glukosa. Setelah mengkonsumsinya, tunggulah selama 15 menit dan hitunglah kadar glukosa dalam tubuhmu. Jika hasilnya kurang dari 65 g/dl maka segera periksakan ke dokter.

  • Minum buah penambah gula darah

Kedua adalah dengan mengkonsumsi buah yang mengandung gula tinggi. Untuk daftarnya telah diberikan di atas tadi.

  • Makan permen

Permen identik dengan anak – anak. Tapi, kini permen berfungsi sebagai penambah glukosa bagi penderita hipoglikemia. Meski begitu, kamu harus tetap rajin menggosok gigi agar permen ini tidak merusak gigi kamu. Itulah beberapa penjelasan mengenai gula darah rendah mulai dari pengertian, penyebab, gejala hingga pengobatan melalui buah penambah gula darah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman – temanmu agar lebih bermanfaat.

Tinggalkan komentar