10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui Para Wanita

By

Buah naga untuk ibu hamil memang sangat dianjurkan karena dapat membantu menyehatkan serta memberikan kekuatan untuk melewati masa kehamilan. Buah naga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang beragam, seperti mengandung vitamin C, Vitamin B1 dan B2, antioksidan, karbohidrat, serat, protein serta zat besi.

Dengan melihat banyaknya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin, maka para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsinya. Ada banyak manfaat lain yang dapat dirasakan oleh ibu hamil saat mengkonsumsi buah naga, yaitu sebagai berikut.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga ternyata salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat, di antaranya bagi Ibu hamil. Di bawah ini ada beberapa manfaat  buah naga bagi ibu hamil:

Menjaga dan Melindungi Kesehatan Sel

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh janin untuk menjaga serta melindungi kesehatan sel. Bukan hanya itu saja, vitamin C ini sangat penting untuk pembentukkan kolagen yang ada di dalam tulang, otot, pembuluh darah serta kulitnya.

Vitamin C yang ada pada buah naga juga dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Tentu saja kandungan zat besi tersebut memiliki manfaat yang banyak untuk ibu hamil dan kandungannya. Akan tetapi, Anda harus tetap bijak dalam mengkonsumsi buah naga ini agar kesehatan ibu serta janin tetap terjaga dan terhindar dari resiko kelahiran prematur.

Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Otak Janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang kedua ini sangat baik untuk perkembangan serta pertumbuhan otak janin. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan antioksidan dan tiamin (vitamin B1) yang dibutuhkan dalam proses perkembangan otak.

Buah naga juga memiliki kandungan vitamin B2 atau sering disebut dengan riboflavin yang baik untuk membantu tubuh dalam menghasilkan energi. Selain itu, vitamin B2 berguna untuk pertumbuhan tulang, otot serta saraf janin.

Mencegah Terkena Sembelit

Sembelit pada masa kehamilan memang merepotkan, karena membuat ibu hamil tidak mampu beraktivitas dengan baik. Mengkonsumsi buah naga setiap hari bisa membantu Anda terhindar dari resiko sembelit saat masa kehamilan dan membuang racun dalam tubuh Anda sendiri.

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25-30 gram dalam seharinya. Buah naga sudah memiliki kandungan serat sebanyak 3 gram serat untuk tiap 100 gram-nya, sehingga Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah satu ini. Untuk tambahan serat lainnya, Anda dapat mengkonsumsi sereal, roti gandum utuh dan masih banyak lagi.

Mencegah Terjadinya Anemia dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk menghindari terjadinya anemia serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga memiliki sekitar 7 persen zat besi yang baik untuk kebutuhan zat besi harian setiap orang. Zat besi ini tentu saja memiliki manfaat untuk sistem pertumbuhan janin, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari resiko terjadinya anemia.

Menurut penelitian, ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi setiap harinya. Itu berarti Anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi buah naga setiap hari dengan porsi teratur secara rutin. Jangan sampai Anda kekurangan zat besi saat masa kehamilan, hal tersebut akan menyebabkan bayi yang terlahir mengalami resiko prematur serta berat badan bayi menjadi rendah.

Selain itu, kandungan zat besi yang terdapat dalam buah naga ini dapat meningkatkan jumlah hemoglobin yang membuat ibu hamil terhindar dari resiko anemia. Bukan hanya anemia saja, buah naga pun dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh hemoglobin rendah.

Mencegah Kecacatan Saat Bayi Lahir

Seperti yang diketahui bahwa buah naga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi serta vitamin yang baik bagi tubuh. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah naga adalah asam folat berlimpah untuk menjaga janin tetap sehat dan kuat sampai ia terlahir ke dunia. Sehingga, kandungan asam folat bisa mencegah terjadinya resiko keguguran dikarenakan janin yang lemah.

Asam folat sangat berguna untuk perkembangan serta pertumbuhan janin secara optimal dan menghindari terjadinya kecacatan saat bayi terlahir. Hal inilah yang membuat banyak ahli kesehatan menyarankan untuk ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga, setidaknya satu gelas perhari.

Dapat Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini sangat baik untuk menghindari terjadinya resiko diabetes gestasional yang kebanyakan dialami oleh ibu hamil. Saat menjalankan proses kehamilan, ada kalanya Anda menjadikan buah naga sebagai camilan sehat setiap hari untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh.

Buah naga memiliki kandungan  gula yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Daripada Anda mengkonsumsi makanan manis dengan kandungan gula tinggi, lebih baik menjadikan buah naga sebagai makanan atau minuman sehat yang harus selalu ada setiap harinya.

Sebagai Sumber Karbohidrat Yang Baik Bagi Tubuh

Para ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per harinya. Dalam buah naga, Anda bisa mendapatkan 9 sampai 14 gram karbohidrat untuk ukuran buah naga sekitar 100 gram. Dalam hal ini, buah naga bisa Anda gunakan sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh serta perkembangan janin di dalam kandungan.

Konsumsi satu porsi buah naga sudah mencukupi kandungan karbohidrat yang membuat Anda bisa menjaga energi serta stamina tubuh. Selain itu, karbohidrat mampu membuat Anda selalu beraktivitas dengan riang, tanpa mengganggu kesehatan Anda dan janin.

Terhindar Dari Resiko Preeklamsia

Selain mencegah terjadinya anemia atau kadar hemoglobin yang rendah, buah naga bisa berguna untuk mencegah terjadinya resiko preeklamsia atau darah tinggi saat kehamilan. Sebab, buah naga termasuk ke dalam salah satu bua-buahan yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan menghindarkan Anda dari resiko komlikasi kehamilan.

Terhindar Dari Penyakit Kanker

Buah naga untuk ibu hamil sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker. Kandungan betakaroten, vitamin C, serta likopen akan bekerjasama untuk melindungi tubuh ibu hamil serta janinnya dalam radikal bebas yang berbahaya.

Sehingga, penyakit kanker tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh karena Anda sudah memiliki tameng yang kuat selama proses kehamilan. Bahkan, buah naga juga memiliki kandungan antibakteri yang akan membuat janin terhindar dari berbagai infeksi yang bisa merusak pertumbuhan dan perkembangannya di dalam kandungan.

Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Buah naga memiliki kandungan air yang sangat banyak, sehingga mampu membuat Anda terhindar dari resiko dehidrasi. Kebutuhan air yang cukup sangat diperlukan bagi tubuh ibu hamil yang membuatnya wajib mengkonsumsi buah naga untuk mencukupi cairan di dalam tubuh.

Itulah 10 manfaat buah naga untuk ibu hamil yang dapat Anda ketahui dan rasakan sendiri semua manfaatnya. Meskipun buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, sebaiknya Anda tetap melakukannya dengan teratur serta tidak melebihi batas konsumsi yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Tinggalkan komentar