9 Manfaat Hebat Buah Kesemek untuk Ibu Hamil, Wajib Dicoba!

sumbersehat.com – Buah kesemek untuk ibu hamil ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak. Buah yang konon berasal dari Tiongkok ini memang kurang kurang tenar di Indonesia. Padahal, kesemek termasuk buah alami, karena dapat tumbuh dan berbuah meski tanpa bantuan pupuk buatan atau kimia.

Hal ini tentu menjadi nilai tersendiri, mengingat banyaknya jenis buah yang kini sudah tercemar dengan suntikan. Sehingga tidak ada salahnya untuk menyiapkan kesemek di meja makan, karena sangat aman untuk dikonsumsi berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga para manula (manusia lanjut usia).

buah kesemek untuk ibu hamil
kesemek untuk bumil

Inilah Khasiat Buah Kesemek untuk Ibu Hamil

Kesemek sering disebut juga dengan buah cantik, karena berlumurkan bedak di bagian luarnya. Serbuk berwarna putih ini adalah zat kapur yang terkandung di dalam buah. Sayang, dengan kehadiran bedak tersebut, kesemek memiliki tekstur sedikit sepat. Padahal jika mampu mengakalinya, buah ini akan terasa lembut dan sangat manis. Dengan beragam kandungan di dalamnya, berikut adalah sederet manfaat dari buah kesemek untuk ibu hamil.

1. Menjaga Imunitas Tubuh

Peranan imunitas pada ibu hamil sangatlah besar. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka risiko terkena penyakit dapat diminimalisir. Menurut hasil penelitian dari Journal of Food Quality, buah kesemek dipercaya mampu merangsang sistem imunitas tubuh.

Nutrisi yang terkandung di dalam buah kesemek dapat membantu untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Sel ini berperan sebagai penjaga tubuh dalam menangkal berbagai macam jamur, virus, bakteri, dan racun. Sehingga buah kesemek untuk kesehatan ibu hamil ini benar-benar sangat direkomendasikan.

2. Menjaga Pertumbuhan Janin

Tidak hanya ibu, janin juga membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Seperti fosfor dan kalsium yang berperan sebagai penjaga agar sistem saraf bayi tetap sehat dan berkembang dengan optimal. Kedua mineral ini dapat ditemukan dengan mudah di dalam buah kesemek.

3. Mencegah Anemia

Manfaat buah kesemek untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah anemia. Kondisi ini cukup berbahaya, karena dapat menyebabkan timbulnya depresi postpartum, perdarahan saat persalinan, bayi terlahir dengan berat badan rendah, prematur, bahkan kematian.

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satunya yaitu melalui buah kesemek. Karena buah ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh, sehingga ibu terhindar dari anemia.

4. Mencegah Insomnia

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil lebih berisiko mengalami insomnia. Hal ini dikarenakan kondisi perut yang semakin besar, serta janin yang semakin berat. Sehingga ibu akan merasa kesulitan untuk mencari posisi yang nyaman, bahkan untuk sekedar beristirahat atau tidur. Buah kesemek untuk ibu hamil dapat membantu untuk mengatasi kondisi ini. Karena kesemek kaya akan vitamin C yang dapat menstabilkan emosi dan tidak mudah mengalami insomnia. Sehingga ibu dapat terhindar dari stres menjelang masa-masa persalinan.

5. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Ibu hamil harus menjaga tekanan darahnya agar tetap stabil. Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga sangat membahayakan ibu hamil. Pada trimester awal, hipertensi dapat meningkatkan risiko keguguran, serta kematian janin secara mendadak. Sementara pada kasus lebih lanjut, hipertensi dapat menghambat pertumbuhan janin, bahkan sampai gagal tumbuh. Pengaruh buah kesemek untuk ibu hamil yang dikonsumsi secara rutin, dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah. Efek lainnya, risiko terkena pre-eklamsia pun dapat ditekan.

6. Membersihkan Racun

Buah kesemek untuk ibu hamil juga dapat membantu untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kesemek mengandung beragam mineral dan senyawa lainnya yang bersifat antioksidan. Antioksidan inilah yang membantu untuk menetralisir dan mengeluarkan racun melalui proses sekresi, baik dalam bentuk urin maupun tinja. Antioksidan juga membantu menjaga tubuh dari pengaruh radikal bebas. Sehingga ibu hamil tetap sehat dan tidak mudah sakit.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Gangguan jantung dapat muncul selama masa kehamilan, meskipun sebelum hamil sang ibu tidak memiliki riwayat jantung. Salah satunya kardiomiopati postpartum atau PPCM, yaitu kelainan pada struktur dan fungsi otot jantung yang terjadi pada masa kehamilan. Gangguan ini biasa timbul pada trimester terakhir sampai 5 bulan setelah ibu melahirkan. Jika terus diabaikan, maka dapat menimbulkan kelainan otot jantung secara permanen. Dengan mengambil manfaat buah kesemek untuk wanita hamil, risiko di atas dapat lebih diminimalisir.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Selain gangguan jantung, ibu hamil juga dapat mengalami diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah kenaikan gula darah di dalam tubuh secara signifikan dan timbul secara tiba-tiba. Umumnya, penyakit ini akan muncul saat usia kandungan sudah mencapai minggu ke-24 atau ke-28. Jika tidak diimbangi dengan pola makan yang benar, kondisi ini dapat berlangsung hingga proses melahirkan tiba. Oleh karena itu, buah kesemek untuk ibu hamil benar-benar bermanfaat. Selain kaya akan nutrisi, rasa manis yang dihasilkan juga sangat aman untuk ibu hamil.

9. Memperlancar Sirkulasi Darah

Selain menjaga kestabilan tekanan darah, ternyata buah kesemek untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasinya. Sebab, kesemek mengandung mineral tembaga yang memiliki kemampuan cukup baik untuk menyerap zat besi. Sehingga sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar dan menambah energi.

Efek Samping Buah Kesemek untuk Ibu Hamil

Selain manfaat, sangat penting juga untuk mengetahui efek samping atau dampak yang mungkin ditimbulkan dari buah kesemek untuk ibu hamil. Dengan begitu, maka penggunaannya dapat diatur agar lebih tepat sasaran. Berikut beberapa di antaranya :

1. Memicu Diare

Dampak buah kesemek untuk ibu hamil yang pertama adalah memicu diare. Salah satu kandungan utama dari buah kesemek, yaitu tanin. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tanin dapat memicu timbulnya diare. Risiko ini akan semakin tinggi, jika ibu hamil sedang dalam kondisi tidak benar-benar fit.

2. Menimbulkan Syok

Dalam kasus hipertensi, buah kesemek untuk ibu hamil dapat menurunkan tekanannya dalam waktu singkat, sehingga menimbulkan syok pada tubuh. Oleh karena itu, konsumsi kesemek secara bertahap, jangan sekaligus dalam jumlah banyak. Tujuannya agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan keadaan.

3. Pembentukan Batu Empedu

Pada buah kesemek, tanin tidak hanya terdapat pada bagian kulit saja, tetapi juga daging buahnya. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat meningkatkan risiko pembentukan batu empedu. Sehingga konsumsi buah kesemek untuk ibu hamil harus benar-benar diperhatikan.

4. Keracunan

Buah kesemek untuk ibu hamil juga meningkatkan risiko keracunan. Hal ini akan terjadi, jika kesemek dikonsumsi bersamaan atau berdekatan dengan makanan dengan efek dingin, seperti udang, kepiting, ataupun ikan. Sebab, protein dan asam tannic di dalam makanan tersebut, dapat meningkatkan proses pembentukan racun.

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, meskipun memiliki banyak manfaat. Begitu juga dengan keberadaan buah kesemek untuk ibu hamil, pastikan menerapkan cara yang bijak. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selama masa kehamilan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *