9 Cara Mudah Menyimpan Sayur Dan Buah Agar Manfaat Sayur Dan Buah Bagi Kesehatan Benar-Benar Bisa Kamu Rasakan

9 Cara Mudah Menyimpan Sayur Dan Buah Agar Manfaat Sayur Dan Buah Bagi Kesehatan Benar-Benar Bisa Kamu Rasakan. Agar bisa menghemat waktu, tidak sedikit dari kita yang memilih menyimpan sayur dan buah di kulkas. Alasannya agar bisa tahan lama dan tidak membeli terus-terusan di pasar atau supermarket. Nah, supaya kondisi sayuran dan buah-buahan tetap baik, kamu bisa menyimpan sayuran di kulkas dengan cara-cara yang akan kita bahas kali ini.

Seperti yang kita ketahui, sayur dan buah adalah bahan makanan yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Tidak heran, jika disimpan terlalu lama, makanan ini bisa mudah membusuk dan juga rusak. Agar hal tersebut tidak terjadi, tentu saja kamu bisa menyimpan sayur dan buah di kulkas. Tujuannya tidak lain agar sayur dan buah tidak busuk sehingga bisa tahan lama.

manfaat sayur dan buah bagi kesehatan
manfaat sayur dan buah bagi kesehatan

Cara Mudah Untuk Menyimpan Sayur Dan Juga Buah-Buahan

Sortir sayuran dan buah-buahan sebelum disimpan

Saat mau menyimpan sayur dan buah-buahan, hal wajib yang harus kamu lakukan adalah menyortir sayuran yang ingin kamu beli terlebih dahulu. Bahkan sayuran yang dibeli di supermarket sekalipun tetap harus dilihat bagiannya agar bisa memastikan jika tidak ada bagian yang kecoklatan dan menguning didalamnya. Disarankan langsung membuang bagian tersebut supaya kerusakananya tidak menjalar ke area lain. Selain itu, supaya manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tidak berkurang.

Cuci terlebih dahulu dan keringkan sayuran dan buah-buahan sebelum disimpan

Setelah membeli sayur dan buah-buahan yang diinginkan, kamu bisa mencuci bersih bahan makanan tersebut. Pastikan mencuci dengan air yang mengalir dan jika perlu gunakan juga sabun anti bakteri. Tujuannya supaya semua bakteri dan juga kotoran yang menempel bisa lepas dari permukaan sayur dan buah tadi.  Perlu diketahui jika bakteri dan kotoran menjadi faktor yang mempercepat pembusukan tersebut. Setelah dicuci, barulah dilap dan bisa memasukkannya ke kulkas.

Bungkus menggunakan kertas atau plastik yang berlubang

Tidak disarankan menyimpan sayur dan buah di wadah yang tertutup rapat. Pasalnya buah dan sayur tetap membutuhkan oksigen untuk keperluan bertahan hidup. Selain itu juga membuat manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tidak berkurang drastis. Ada baiknya menggunakan kertas ataupun plastis berlubang saat membungkus sayuran.

Kertas ini digunakan untuk mencegah agar suhu kulkas tidak menyerap ke sayuran. Sedangkan untuk plastik berlubang digunakan agar memberi sayur dan buah akses untuk aliran udara. Bagi yang menyimpan jamur, wajib sekali untuk dibungkus menggunakan kertas karena mudah lembab dan juga mudah busuk jika hanya dibungkus melalui plastik.

Pisahkan antara sayur dan buah-buahan

Bagi yang baru membeli sayur dan buah-buahan dari supermarket, disarankan untuk memisahkannya menjadi dua saat mau menyimpannya ke kulkas. Tujuannya agar manfaat sayur dan buah bagi kesehatan bisa maksimal dan bahan makanan ini bisa bertahan lama. Buah-buahan terkenal bisa menghasilkan zat etilen yang bisa mempercepat kematangan untuk bahan makanan yang masih segar.

Ini akhirnya membuat proses pembusukan menjadi lebih cepat dibanding sayur atau tanaman organik lainnya. inilah yang membuatmu tidak disarankan menyimpan sayur dan buah dalam satu plastis. Pasalnya membuat sayuran akan mudah busuk. Bagi yang tidak mau sayur cepat membusuk, disarankan tidak menyimpan secara bersamaan dua bahan makanan tersebut. Simpan di rak khusus sayuran saja.

Pastikan menyimpan sayur dan buah dalam bentuk yang masih utuh

Ketika mau menyimpan sayur dan buah dan mau manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tetap maksimal, disarankan untuk melakukan hal ini. Anda harus menyimpan sayuran yang masih dalam bentuk utuh. Disarankan tidak memotongnya menjadi beberapa bagian sebelum disimpan.

Pasalnya bahan makanan ini akan mudah mengering dan akhirnya mudah membusuk karena udara dingin didalam kulkas. Kamu hanya perlu memotong bagian akarnya saja agar sayuran tetap bersih dan tidak membutuhkan wadah yang luas. Jika tidak memotong sayur dan buah menjadi beberapa bagian, biasanya sayuran dan buah-buahan bisa bertahan lebih lama.

Cek dulu suhu kulkas sebelum menyimpan sayur dan buah

Bagi yang menyimpan sayur dan buah di kulkas, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu suhu kulkas sebelum menyimpannya. Suhu terbaik untuk menyimpan sayur dan buah ada di angka 1 hingga 4 derajat celcius. Manfaat sayur dan buah bagi kesehatan bisa tetap terjaga di suhu tersebut.

Di suhu tersebut, baik sayur dan buah tetap terjaga kondisinya dan akhirnya tidak akan mudah membusuk. Jika suhunya lebih tinggi, biasanya bakteri akan mudah berkembang di kulkas dan membuat aroma serta rasa sayuran tidak seenak yang sebelumnya.

Lihat kondisi dan kualitas sayur dan buah-buahan secara rutin

Bagi yang menyimpan sayur dan buah di kulkas, bisa dipastikan tidak bisa membiarkannya begitu saja di kulkas selama beberapa hari. sayur dan buah disarankan tidak lebih dari tiga hari saat disimpan di kulkas. Tujuannya agar kesegaran dan kandungannya tetap terjaga. Dengan begitu, manfaat sayur dan buah bagi kesehatan benar-benar didapat dengan maksimal.

Bagi yang mau menyimpan lebih dari 3 hari, pastikan selalu mengecek kondisi sayur dan buah secara berkala. Jika ada bagian yang layu, segera buang karena bisa menular ke bagian lainnya. Begitu pula jika kamu menemui bagian yang membusuk ataupun menguning.

Tata sayur dan buah sesuai tempatnya di kulkas

Di jaman sekarang, kulkas sudah menyediakan skat khusus untuk sayur dan buah-buahan. Tidak heran jika kamu harus memperhatikan bagian tersebut dengan baik. Khususnya jika mau menyimpan sayur dan buah di kulkas. Dengan memperhatikan hal sederhana ini, manfaat sayur dan buah bagi kesehatan bisa terjaga dengan baik karena kualitas bahan makanan tidak berkurang sedikitpun.

Contoh penataannya bisa seperti ini, di bagian bawah, pastikan menyimpan sayuran seperti sawi, kangkung, bayam ataupun sayuran berdaun hijau. Lokasi ini sangat bagus karena suhunya tetap terjaga sehingga sayuran tidak akan mudah busuk. Selanjutnya di bagian rak tengah bisa diletakkan kacang panjang, buncis, kol atau sebagainya. Di paling atas kamu bisa menyimpan sayuran seperti paprika, cabai, terong dengan kandungan air yang lebih banyak.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Tidak semua sayur dan buah bisa disimpan di kulkas

Ada beberapa sayur dan buah yang tidak disarankan untuk disimpan di kulkas. Pasalnya mempengaruhi manfaat sayur dan buah bagi kesehatan yang bakal kamu terima. Contohnya saja tomat karena suhu dingin membuatnya bisa terhambat proses pematangannya. Jika meletakkan toma tdi kulkas, disarankan memisahkannya dari buah dan mentimun.\Karena gas di dalam tomat bisa membuat mentimun mudah busuk.

Itu cara menyimpan sayur dan buah terbaik agar manfaat sayur dan buah bagi kesehatan benar-benar bisa didapat dengan maksimal. Gunakan referensi ini untuk menyimpan bahan makanan dengan khasiat tinggi ini. Jangan lupa, sering konsumsi buah dan sayur setiap hari agar nantinya kondisi tubuh tetap segar dan bugar.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *