Sering Ditinggalkan, Berikut Manfaat Sayur Dan Buah Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Tahu untuk mengatasi 5 penyakit berikut

Sering Ditinggalkan, Berikut Manfaat Sayur Dan Buah Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Tahu untuk mengatasi 5 penyakit berikut. Mengonsumsi sayur dan buah menjadi langkah terbaik untuk melakukan diet sehat dan seimbang. Intinya, mengonsumsi sayur dan buah membuatmu bisa hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan juga diabetes. Wajar jika mulai sekarang, kamu harus rajin dan rutin mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Nah, untuk merasakan manfaatnya juga tidak sulit. Sayur dan buah itu ada banyak jenisnya. Setidaknya ada sembilan buah dan sayuran yang bisa dinikmati. Jadi buah dan sayuran tersebut bisa dikonsumsi sesuai keinginan. Setiap buah memiliki ratusan senyawa yang potensinya memang bagus untuk kesehatan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi buah dan sayuran.

Ada baiknya mengonsumsi semua buah dan jenis dari berbagai pilihan warna yang sudah disediakan. Dengan begitu, kamu bisa mendapat manfaat serta nutrisi lengkap dari sayur dan buah tersebut. supaya lebih percaya manfaat sayur dan buah bagi kesehatan ini, kamu bisa membaca berbagai penelitian yang akan kami bahas.

manfaat sayur dan buah bagi kesehatan
manfaat sayur dan buah bagi kesehatan

Manfaat Sayuran Dan Buah-Buahan Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Buah dan sayur menjadi obat terbaik alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerangmu. Tentunya ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian besar penderita penyakit ini. Adapun manfaatnya sebagai berikut

Penyakit jantung dan pembuluh darah

Banyak bukti kuat jika diet dengan mengonsumsi sayur dan buah ternyata bisa menurunkan risiko terserang penyakit jatung dan juga stroke. Penelitian yang menggabungkan beberapa instansi dan diikuti oleh 469.551 peserta menemukan jika manfaat sayur dan buah bagi kesehatan lebih tinggi bisa menurunkan resiko kematian karena penyakit kardiovaskular. Penurunan tersebut mencapai 4% untuk tambahan porsi buah dan juga sayuran setiap harinya.

Penelitian terbesar dan paling panjang di dunia saat ini dilakukan di Harvard yang mencangkup 110 ribu pria dan wanita. Jadi, penelitian ini mengharuskan pesertanya untuk diet selama 14 tahun. Hasilnya menunjukkan jika semakin tinggi asupan sayur dan buah setiap hari, maka semakin rendah juga untuk terkena serangan penyakit kardiovaskular.

Untuk menguatkan manfaat sayur dan buah bagi kesehatan ini, penelitian juga membandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi satur dan buah. Nyatanya jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi buah dan sayuran kurang dari 1,5 porsi sehari, orang yang mengkonsumsi sayuran 8 porsi lebih banyak menurunkan resiko penyakit jantung hingga 30%. Benar-benar sangat pas untuk Anda yang ingin terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi

Hipertensi menjadi penyakit penyumbang kematian terbanyak di seluruh dunia. Bagi yang ingin terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, diet DASH bisa menjadi pilihan terbaik karena sangat dianjurkan. Diet seperti ini sangat kaya akan sayuran , buah-buahan dan juga susu rendah lemak. Diet DASH juga membatasi jumlah lemak total dan juga lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dari biasanya.

Penelitian menyebutkan jika orang yang memiliki tekanan darah tinggi yang ikut diet ini mengalami penurunan tekanan darah hingga 11 mmHg dengan diastolik hampir menyentuh 6 mmHg. Atau bisa dikatakan sama dengan obat hipertensi yang berbahan kimia. manfaat sayur dan buah bagi kesehatan ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang tidak ingin mengkonsumsi obat kimia. Jadi disarankan untuk mencoba diet ini saja.

Sebuah penelitian tambahan yang dilakukan oleh OmniHeart juga menunjukkan jika diet yang kaya sayuran dan buah ini bisa menurunkan tekanan darah lebih banyak jika karbohidrat yang sering dikonsumsi diubah menjadi konsumsi lemak dan juga protein tak jenuh yang sifatnya sangat sehat. Coba saja karena sudah banyak yang membuktikan. Setelah itu, kamu bisa membuktikan sendiri bagaimana khasiatnya.

Kanker

Penelitian terbanyak saat ini bisa dibilang ada di manfaat sayur dan buah bagi kesehatan yang dibandingkan dengan pencegahan penyakit kanker yang terkesan sangat mematikan tersebut. tidak sedikit penelitian yang menyebutkan jika perlindungan terhadap kanker bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Ini bukan hanya asumsi karena sudah banyak penelitian yang membuktikannya.

Studi yang bertajuk Nurses Health Study 11 yang melibatkan 90.476 wanita premenopause dan berlangsung 22 tahun ini menemukan jika mereka yang mengonsumsi buah dan saturan selama remaja bisa terhindar dari kanker payudara. Penelitian juga menyebutkan angka jika resiko terserang tersebut bisa lebih tinggi dari 25% dibanding mereka yang tidak mengonsumsi buah dan sayur.

Jadi dari penelitian tersebut menyebutkan jika ada penurunan sangat signifikan dari wanita yang mengonsumsi apel, pisang, anggur dan jagung lebih banyak di masa remaja. Selain itu penelitian juga mencangkup konsumsi kankung dan jerung di awal masa dewasa. Studi untuk menemukan manfaat sayur dan buah bagi kesehatan ini terus diperpanjang hingga 30 tahun. Hasilnya, wanita yang makan 5,5 porsi buah setiap hari mempunyai resiko 11% lebih rendah resiko kanker payudara.

Tak hanya fokus untuk mencegah penyakit kanker payudara saja, penelitian yang dilakukan World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research menyebutkan jika sayuran yang tidak mengandung zat tepung dan sayuran berdaun hijau bisa melindungi kita dari berbagai kanker. Termasuk didalamnya kanker mulut, kanker kerongkongan, hingga kanker lambung.

Diabetes

Bicara soal manfaat sayur dan buah bagi kesehatan untuk penyakit diabetes memang agak tricky karena kita tahu jika sayur dan buah itu memiliki rasa manis. Memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Namun ada satu penelitian yang membuktikan jika diabetes bisa diatasi dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin. Utamanya konsumsi buah utuh seperti anggur, blueberry, apel dan sebagainya.

Temuan penting lainnya juga menyebutkan jika mengonsumsi jus buah yang terlalu berlebihan juga justru menyebabkan risiko diabetes tipe 2 semakin naik. Penelitian yang dilakukan oleh 70000 perawat wanita berusia 38-63 menyebutkan jika mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan juga bisa mengurangi resiko terserang penyakit diabetes.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Obesitas

Data dari penelitian yang sama menyebutkan jika mengonsumsi buah dan sayur selama 24 tahun juga menurunkan berat badan yang lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengonsumsi makanan ini. Buah-buahan seperti kedelai, kembang kol, apel, pir dan juga beri memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan/ Sementara sayuran seperti jagung dan kacang-kacangan juga bisa menurunkan dan menjaga berat badan. manfaat sayur dan buah bagi kesehatan ini cocok untuk diterapkan bagi kamu yang ingin diet.

Sayur dan buah menjadi makanan penting untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan mengkonsumsi dua makanan ini, sudah pasti kamu bisa mendapat manfaat terbesar darinya. Olah saja sesuai selera dan pastikan melakukannya dengan bergantian. Dengan begitu, kamu bisa mendapat apa yang diinginkan dari manfaat sayur dan buah bagi kesehatan ni. Semoga bermanfaat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *