Berbagai Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Digunakan

Berbagai Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Digunakan – Mengalami sakit gigi tentu membuat hari-hari anda terasa tidak baik dan susah untuk beraktifitas. Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya sakit gigi. Mulai dari adanya bagian gigi yang berlubang, infeksi atau peradangan, gangguan pada gusi, serta gangguan gigi dan mulut lainnya. Namun entah apapun penyebabnya, sakit pada gigi ini bisa menyebabkan seseorang susah makan, susah tidur, hingga badan menjadi tidak fit.

Hal ini disebabkan efek nyeri yang dirasakan bisa merambat ke seluruh area mulut, pipi, hingga menyebar ke area kepala dan seluruh tubuh. Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, tentu anda harus segera mendapatkan pengobatan. Banyak orang seringkali pergi memeriksakannya tersebut ke dokter gigi.  Namun tak jarang, dokter hanya akan memberi obat pereda nyeri saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mengonsumsi obat dari bahan-bahan alami berikut.

obat sakit gigi alami
obat sakit gigi alami

Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Bagi Kesehatan

1. Cengkeh

Penggunaan cengkeh untuk mengatasi gangguan kesehatan memang sudah terkenal sejak lama, terutama pengobatan dari India dan Cina. Bahan cengkeh mampu mengurangi rasa sakit secara alami dan meredakan peradangan. Selain itu, cengkeh juga mampu membunuh kuman dan bakteri penyakit. Cara penggunaan obat sakit gigi alami ini beragam, misalnya menggigit cengkeh utuh di bagian gigi yang sakit dan menempelkan kapas yang sudah dicelup minyak cengkeh.

2. Baking soda

Obat sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda yang ampuh dalam mengatasi peradangan. Kandungan di dalam bahan baking soda ini memiliki sifat anti bakteri.

Nah, untuk mengaplikasikannya, anda perlu membasahi cottonbud atau kapas dengan air. Selanjutnya, tempelkan kapas maupun cuttonbud ke dalam baking soda secara merata. Oleskanbaking soda di bagian gigi atau gusi yang sakit secara berulang.Baking soda ini juga dapat digunakan untuk berkumur dengan tambahan air.

3. Bawang Merah

Ternyata, rempah bawang merah juga dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi alami yang efektif. Dalam bawang merah terkandungantimikrobial dan antiseptik, sehingga mampu mengontrol rasa nyeri akibat sakit gigi. Penggunaan bawang merah ini bisa dimanfaatkan dengan cara dikunyah, lalu arahkan ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa menghaluskannya terlebih duku dengan cara ditumbuk, lalu dioleskan ke bagian yang terasa sakit. Tunggu beberapa saat dan anda bisa mengeluarkan tempelan bawang merah tersebut.

4. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat dijadikan sebagai obat dalam mengatasi sakit gigi secara ampuh. Cara menggunakan ekstrak vanila ini adalah dengan cara menempelkan bahan ke bagian gigi yang terasa nyeri. Ambil sedikit bahan ekstrak vanila, lalu letakkan bahan pada kapas maupun jari anda. Selanjutnya tempelkan bahan di bagian gigi atau gusi yang sakit, lakukan secara rutin beberapa kali sehari agar khasiatnya lebih efektif.

5. Minyak kelapa murni atau VCO

Berkumur menggunakan obat sakit gigi alami dari minyak kelapa juga dipercaya mampu mengatasi masalah di area gigi. Caranya adalah dengan berkumur selama beberapa menit dan jangan langsung dibuang. Tahan minyak kelapa di dalam mulut kurang lebih hingga 10 menit, namun jangan ditelan. Setelahnya anda bisa berkumur pakai air hangat dan menggosok gigi seperti biasa. Pastikan hingga bekas minyak kelapa tidak tersisa di mulut.

6. Teh hijau

Teh hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan mulut, terlebih jika anda mempunyai masalah dengan gigi sensitif. Obat sakit gigi ini juga ampuh dalam meredakan peradangan, serta membuat gigi menjadi lebih kuat. Anda bisa menggunakan teh hijau ini sebagai minuman teh pada umumnya. Namun sebaiknya, hindari menambahkan gula agar khasiatnya lebih terasa. Selain dijadikan minuman, teh hijau juga bisa dijadikan obat kumur 2 kali sehari.

7. Daun jambu biji

Obat sakit gigi alami selanjutnya adalah daun jambu biji yang bisa dengan mudah anda temukan di lingkungan sekitar. Daun jambu biji ini memiliki manfaat sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan juga sebagai analgesik. Anda perlu mengonsumsi jambu biji secara rutin agar gangguan pada gigi dan mulut segera teratasi. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan mengunyah daun jambu biji secara langsung. Anda pun juga bisa merebus daun jambu biji, lalu dijadikan sebagai obat berkumur.

8. Jahe

Di Indonesia, rempah jahe dikenal sebagai obat tanaman keluarga yang mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit. Misalnya saja mengatasi gangguan sakit gigi dengan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya. Lantaran di dalam daun jambu biji terkandung bahan antibiotik yang ampuh dalam membunuh bakteri maupun kuman. Nah, cara menggunakan jahe ini adalah dengan menghaluskannya hingga lembut. Setelah itu, tempelkan bahan tumbuk ke area gigi yang sakit dan ulangi hingga rasa sakit mereda.

9. Garam

Berkumur menggunakan air garam dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi, serta mampu membunuh bakteri dan kuman jahat di mulut.

Perlu andaketahui, bahwa bakteri hanya dapat hidup di lingkungan asam dan memiliki kelembaban tinggi. Maka dari itu, apabila kondisi mulut anda kering bakteri tidak akan mampu bertahan hidup dan berkembang biak. Obat sakit gigi alami memakai garam dapat digunakan dengan cara melarutkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat.

10. Tehpeppermint

Bahan alami dari teh peppermint juga dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi yang aman digunakan. Kantong teh peppermint bekerja dengan cara meredakan rasa nyeri dan rasa tidak nyaman di area gigi yang sakit. Cara pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kantong peppermint hangat maupun dingin. Cukup tempelkan kantong teh di area yang sakit hingga rasa nyeri mereda. Tentu cara pengobatan ini lebih hemat, karena anda bisa menggunakan kantong peppermint bekas membuat teh. Simak obat ampuh lainnya disini.

11. Madu murni

Sejak jaman dahulu, khasiat madu dalam menjaga kesehatan dan mengatasi gangguan penyakit memang sudah tidak diragukan. Bahan madu murni memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang efektif dalam mengatasi luka. Misalnya saja ketika kondisi gigi menjadi begitu sensitif hingga mengakibatkan nyeri. Obat sakit gigi alami melalui madu bisa anda lakukan dengan mencampurkan satu sendok madu ke dalam larutan air hangat. Kemudian bilaslah mulut menggunakan larutan tersebut secara berulang.

12. Kunyit

Rempah kunyit juga memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang mampu mengobati sakit gigi. Selain itu, kandungan vitamin C didalamnya juga mampu mengurangi rasa nyeri yang muncul. Cara pengobatan menggunakan kunyit ini adalah dengan memberikan bubuk kunyit di area gigi yang sakit. Atau anda juga bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit garam dan minyak. Setelah tercampur anda bisa mengoleskannya ke area yang sakit sebanyak 2 kali sehari.

Kebanyakan orang memang memilih obat sakit gigi alami untuk mengatasi nyeri yang muncul. Lantaran pemakaian bahan alami dipercaya lebih aman dan resiko efek samping yang lebih sedikit. Namun terkadang, obat herbal dari bahan alami bisa membahayakan jika salah dalam penggunaannya. Untuk itu meminimalisir reaksi atau efek samping yang mungkin terjadi, memang lebih baik jika berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *