Berbagai Obat Asam Urat dan Cara Mencegah Kambuhnya Asam Urat

Berbagai Obat Asam Urat dan Cara Mencegah Kambuhnya Asam Urat. Penyakit asam urat tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hal ini karena penyakit yang kemunculannya ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang tiba-tiba dan dalam frekuensi yang berulang-ulang ini adalah penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang di berbagai jenjang usia. Hal ini dikarenakan asam urat bukan lagi penyakit yang identik diderita oleh kalangan orang tua saja, tapi juga kerap dikeluhkan oleh kalangan di jenjang usia yang lebih muda juga.

Bagi penderita asam urat, biasanya akan menghindari makanan-makanan yang memicu kambuhnya asam urat. Makanan-makanan tersebut adalah makanan-makanan yang yang mengandung purin. Sementara asam urat diproduksi oleh tubuh ketika memecah zat purin tersebut. Karena asam urat disebabkan karena ketidakmampuan ginjal secara efektif untuk membuang asam urat sehingga menimbulkan penumpukan-penumpukan pada tubuh terutama pada sendi-sendi yang mengakibatkan kita merasakan nyeri sendi, penderita asam urat sebisa mungkin akan menghindari atau dalam bahasa Jawa disebut dengan tarak terhadap beberapa jenis makanan. Di perlukan obat asam urat yang bisa secara efektif menghindari munculnya rasa nyeri dialami oleh tubuh.

obat asam urat
obat asam urat

Dengan menghindari berbagai makanan tersebut, niscaya kemungkinan tubuh kita mengalami kekambuhan penyakit asam urat akan semakin kecil. Gejala-gejala yang biasanya muncul adalah rasa nyeri pada persendian di bagian tubuh seperti lutut maupun pergelangan kaki, dapat juga menyerang pada bagian lengan, pergelangan lengan hingga bagian siku. Gejala-gejala lain yang mengindikasikan kita menderita asam urat adalah rasa kaki pada sendri, dan adanya pembengkakan pada bagian-bagian ujung tubuh seperti jari kaki maupun jari tangan. Gejala-gejala tersebut biasanya diraakan dalam waktu tiga hingga sepuluh hari.

Obat Asam Urat Yang Bisa Dijadikan Pilihan

OAINS (Obat Anti-Inflamasi onsteroid)

Seperti yang kita ketahui, OAINS adalah salah satu obat yang bisa didapatkan di apotek. Obat yang termasuk pada golongan obat penghilang nyeri, penghilang rasa sakit dan pereda paradangan ini adalah obat yang biasa dikonsumsi untuk mengobati nyeri akibat asam urat. Di antara obat-obat yang mengandung OAINS (obat anti-infamasi onsteroid) yang biasa diberikan oleh dokter ketika kita mengeluhkan nyeri asam urat adalah ibuprofen, napoxen sodium, maupun indomethacin.

Colchicine

Selain OAINS, obat yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri akibat asam urat lainnya adalah colchicine. Obat ini adlaah obat yang dapat meredakan nyeri yang diakibatkan oleh asam urat. Gejala-gejala asam urat yang muncul seperti nyeri hingga adanya pembengkakan tubuh bagian ujung seperti jempol kaki maupun jari-jari kai dapat dijadikan sebagai salah satu indikasi kita memerlukan obat asam urat. Meski demikian, colchicine adalah obat yang pengonsumsiannya harus dengan resep dokter. Sebab obat asam urat ini dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti mual, muntah hingga menyebabkan permasalahan pada ginjal.

Kortikosteroid

Selain kedua obat tersebut, obat asam urat lainnya adalah kortikosteroid. Bedanya, obat ini adalah obat yang hanya dikonsumsi apabila dengan mengonsumsi Obat Anti-Inflamasi Onsteroid (OAINS) maupun colchicine tidak memberikan eek apapun pada nyeri sendi yang kita keluhkan. Pada awal-awal mengonsumsi obat ini, barangkali dokter akan memberikan dosis yang cukup tinggi untuk kita, meski bergitu, dosis harian tersebut secara bertahap akan berangsur-angsur menurun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kekambuhan pada waktu-waktu yang tidak bisa diprediksi.

Kunyit

Nah, selain beberapa obat konvensional di atas, ada juga obat-obatan yang berasal dari herbal untuk mengobati penyakit asam urat. Obat asam urat herbal yang pertama adalah kunyit, atau yang biasa dikenal dengan sebutan kunir. Tanaman yang memiliki nama Latin CurcumaLongaLinn ini selain biasa digunakan sebagai bumbu masak dan pewarna makanan alami, tanaman ini juga mengandung segudang manfaat lainnya, salah satunya adalah untuk mengobati asam urat.

Kunir dipercaya dapat meredakan nyeri-nyeri sendi. Cara pengonsumsiannya biasanya yakni dengan dibuat menjadi jamu yang dipadukan dengan berbagai rempah maupun tanaman herbal lainnya, di antaranya ialah kunyit asem yakni kunyit yang diolah bersama buat dari tanaman yang daun mudanya dinamakan sinom tersebut. jika sewaktu-waktu asam urat kambuh, jamu kunyit asem ini dapat dijadikan alternatif obat herbal untuk mengobati asam urat.

Jahe

Selain kunyit, obat herbal lainnya yang dapat digunakan sebagai obat asam urat adalah jahe. Jika jahe (Zingiber Officinale) pada umumnya dikenal sebagai obat masuk angin atau obat ketika mengalami mabuk kendaraan ini, ternyata jahe merah juga berkhasiat untuk mengobati asam urat. Tanaman dengan umbi yang jika direbus memberikan aroma dan rasa hangat tersebut jika dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Mencegah Kambuhnya Asam Urat

Penderita asam urat juga sangat dianjurkan un-tuk menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Sebaliknya, penderita asam urat disarankan untuk teratur berolahraga dan melakukan diet jika memiliki berat badan berlebih.Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan oleh penderita asam urat supaya tidak kambuh-kambuh lagi.

Menghindari makanan manis dan mengonsumsi banyak air putih

Selain makanan-makanan yang mengandung purin, ada baiknya jika kita juga menghindari makanan-makanan yang terlalu manis. Hal ini karena adanya penelitian yang menunjukkan bahwa gula dapat berpotensi menyebabkan penyakit asam urat. Sehingga sangat disarankan bagi penderita asam urat untuk mengurangi bahkan menghindari banyak-banyak makanan yang mengandung gula. Sebaliknya, mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup akan dapat mencegah kembali kambuhnya asam urat sehingga tidak perlu sampai meminum obat asam urat. Oleh karena, sangat disarankan jika kita mencukupi keperluan cairan ini. Sebab dengan minum air yang banyak akan membuat ginjal kita lebih mudah membuang air yang melarutkan asam urat.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Kurangi stres

Tidak dapat dipungkiri stress sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. hal ini karena stress dapat meningkatan peradangan. Sementara perdangan yang semakin banyak dapat memicu semakin tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga sangat penting untuk penderita asam urat mampu mengelola stress sebagai upaya yang dilakukan untuk mencegah kambuhnya asam urat kembali. Sebab jika tidak demikian, stress justru dapat memperburuk kesehatan tubuh kita, termasuk menjadi sebab asam urat kembali kambuh dan memaksa kita mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan.

Demikian adalah pemaparan mengenai obat asam urat dan cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari penyakit asam urat kambuh kembali. Akan lebih baik jika kita dapat mencegah kambuhnya asam urat, dengan menghindari berbagai makanan yang berpotensi memicu kambuhnya asam urat, minum air yang cukup, dan mengelola stres. Jika upaya pencegahan tersebut tidak dilakukan dan sewaktu-waktu asam urat kambuh kembali, maka kita terpaksa harus meminum berbagai obat-obatan, meski begitu, obat-obatan itu juga harus dikonsumsi dengan resep dokter. Sebab alih-alih sembuh, sikap sembrono meminum obat dengan asal-asalan justru akan semakin memperburuk keadaan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *