Berbagai Obat Asam Lambung Berbahan Herbal

By

Berbagai Obat Asam Lambung Berbahan Herbal. Lambung berfungsi untuk mencerna makanan yang kita konsumsi agar terserap oleh tubuh. Dalam proses pencernaan, lambung dibantu oleh cairan yang disebut asam lambung. Asam lambung terdiri dari asam klorida, kalium klorida, dan natrium klorida. Cairan asam lambung tersebut berperan  sebagai pembunuh mikroorganisme yang masuk bersama makanan dan mengaktifan enzim pepsinogen menjadi pepsin.Namun jika produksi asam lambung berlebihan, dapat memicu timbulnya rasa nyeri, terutama di area ulu hati.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan produksi asam lambung. Mulai dari obat-obatan berbahan kimia hingga berbahan herbal. Mengkonsumsi obat-obatan brnahan kimia secara terus menurus akan menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Oleh sebab itu ada baiknya jika penggunaan obat berbahan kimia diganti dengan obat berbahan herbal. Berikut akan dijelaskan berbagai macam obat berbahan herbal yang mudah di dapatkan.

Obat asam lambung berbahan herbal

  1. Jahe merah

Jahe merah merupakan tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk obat asam lambung. Sifatnya yang gastroprotektif membuat tanaman beruas ini mampu menekan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yaitu bakteri yang hidup di dalam asam lambung dan merupakan pemicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan adanya infeksi pada lapisan dinding lambung. Selain itu dengan mengkonsumsi jahe merah hangat,  dapat membantu meredam gejala mual dan muntah.

obat asam lambung
obat asam lambung
  1. Kunyit

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan herbal. Tanaman herbal ini mengandung zat antioksidan dan antiperadangan sehingga sangat efektif untuk membantu mencegah peradangan pada lambung yang disebabkan naiknya asam lambung atau dikenal dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Cara mengkonsimnya pun mudah, yaitu dengan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 1.5 liter air hingga mendidih. Sebelum diminum air rebusan kunyit disaring, untuk mengurangi rasa hambar dapat ditambahkan madu.

  1. Lidah Buaya

Tanaman ini biasa digunakan untuk obat penyubur rambut. Namun tidak hanya itu, tanaman berlendir ini dapat juga dimanfaatkan sebagai obat asam lambung. Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutun yaitu saat pagi hari dan menjelang tidur di malam hari, lidah buaya dapat berfungsi untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung akibat naiknya asam lambung.

  1. Buah Pisang

Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang enak jugabergizi dan kaya manfaat. Mengkonsumsi buah ini ternyata baik untuk mengatasi asam lambung karena bisa dijadikan antasida alami.Antasida alami ini bisa melapisi dinding perut dan saluran pencernaan sehingga lambung akan terhindar dari iritasi.Namun, harus dipertimbangkan, karena tidak semua penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), cocok diobati dengan buah pisang.bahkan dalam beberpa kasus pisang justru memperburuk kondisi.

  1. Mentimun

Jika dikonsumsi secara teratur, mentimun dapat dijadikan obat asam lambung secara alami.Caranya pun mudah, cukup kupasmentimun, buang bijinya, lalu iris tipis memanjang dengan ketebalan kira-kira 1 cm. Setelah itu makan 2 potong mentimun setiap dua jam (jumlah mentimun tergantung seberapa sakit gejala). Selain itu dapat pula dicampur dengan bahan lain seperti yoghurt, wortel dan daun mint. Dijadikan seperti ramuan juga bisa, yaitu dengan cara diparut, dicampur yoghurt, merica dan bawang putih.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang padat seperti protein dan karbohidrat yang tinggi. Tidak hanya itu dalam biji-bijian yang satu ini juga terdapat berbagai vitamin dan mineral. Oleh karena itu kacang hijau sangat baik untuk mengatasi beragam penyakit termasuk penyakit asam lambung,karena mampu menebalkan lapisan lambung. Di samping itu, kacang hijau juga memiliki khasiat untuk menetralkan kadar asam lambung yang sedang berlebih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah secara rutin dan teratur dengan cara mengolahnya menjadi bubur kacang hijau.

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile berkhasiat sebagai obat asam lambungalami, yaitu dengan meminumnya satu jam sebelum tidur. Selain membantu mengatasi produksi asam lambungyang berlebih, teh ini juga efektif redakan stres yang merupakan salah satu pemicu meningkatnya asam lambung. Cara mengolahnya adalah dengan merebus daun chamomile, kemudian tunggu selama kurang lebih 1 menit, diamkan selama beberapa menit, sajikan. Supaya lebih enak dan menambah cita rasa, bisa mencampur teh chamomile dengan lemon atau madu.Produk teh chamomile dapat didapatkan di supermarket-supermarket terdekat.

  1. Mustrad

Mustrad merupakan salah satu rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan air dan bahan lain. Mustrad sering ditambahkan pada makanan di negara barat. Tidak Cuma itu, ternyata bahan penyedap yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk asam lambung. Hal ini karena mustard memiliki kandunganzat alami seperti, mineral, cuka, serta alkalin, yang bermanfaat untuk mengontrol asam lambung. Cara memanfaatkannya, yaitu cukup ambil mustrad sebanyak 1 sendok makan saat gejala asam lambung menyerang

  1. Nanas

Buah tropikal berwarna kuning segar ini pun dapat menjadi obat asam lambung alami. Meskipun buah ini bersifat asam, namun memiliki kandungan bromelain dan serat yang membantu menenangkan perut saat terjadi reaksi naiknya asam lambung. Selain itu, zat alami berupa antiperadangan yang terkadung dalam buah nanas juga dapat membantu pemulihan kondisi lambung. Cukup mengonsumsi jus nanas secara rutin diyakini dapat mengatasi gangguan lambung, seperti sakit maag dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

  1. Madu dan royal jelly

Rasa manis yang dimikili membuat madu dan royal jelly bisa dinikmati dengan jahe, teh hangat atau minuman herbal lainnya. Pemanis alami iniefektif untuk mencegah kenaikan asam lambung, memulihkan peradangan, sertameredakan sensasi heartburn pada Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Sebab madu dan royal membantu melapisi dinding kerongkongan(esofagus) dan lambung, serta memperbaiki fungsi cincin esofagus agar cairan asam lambung maupun makanan naik ke kerongkongan. Obat herbal kaya manfaat ini

  1. Akar Manis

Akar manis atau dikenal dengan licorice merupakan bahan herbal yang sering dijadikan obat asam lambung. Akar manis licorice  bekerja dengan melapisi dinding lambung agar menghindari iritasi akibat asam lambung. Akar manis atau licorice  ini, juga berfungsi untuk menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Di samping itu, akar licorice  secara keseluruhan juga memberikan dampak baik dalam menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti, mengatasi sembelit, meningkatkan kebugaran tubuh, serta meningkatkan kualitas tidur. Simak obat ampuh lainnya disini.

  1. Adas

Tanaman  bernama ilmiah foeniculum vulgare ini memiliki rasa agak manis, sedikit pedas, dan hangat. Adas merupakan salah satu obat herbal yang digunakan untuk mengatasi gangguan lambung. Misalnya, maag dan GERD.Zat antibakteri dan antiperadanganyang terkandung dalam biji-bijian ini  sangat bermanfaat untuk mengurangi inflamasi atau peradangan bagi penderita sakit maag ataupun GERD dengan mencegah iritasi pada lambung. Cara kerja obat herbal ini yaitu dengan menekan produksi gas pada lambung, sehingga mengurangi kekembungan

Era sekarang ini, orang-orang justru lebih sering memanfaatkan bahan herbal sebagai obat asam lambung. Dengan alasan, bahan herbal dapat meminimalisir efek samping jangka panjang. Namun, meskipun demikian harus tetap sesuai prosedur dan tidak berlebihan dalam penggunaannya. Alangkah baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau tenaga medis lainnya.

Tinggalkan komentar