Berbagai Macam Bahan Alami Sebagai Obat Asam Urat

By

Berbagai Macam Bahan Alami Sebagai Obat Asam Urat yang harus Anda coba saat asam urat kambuh. Namun, sebelum mencoba obat alami untuk asam urat, Anda harus tahu terlebih dahulu penyebab timbulnya penyakit asam urat. Sehingga Anda bisa mengontrol sesuatu yang menjadi penyebabnya agar asam urat mudah disembuhkan dan tidak kambuh kembali. Bukankah obat menjadi tidak berguna jika kita tetap tidak menjaga kesehatan? Saat asam urat kambuh penderita akan merasakan pembekakan, panas serta nyeri yang luar biasa didaerah persendian. Jika rasa sakit ini kambuh, penderita akan benar-benar merasa terganggu saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya, apa sih asam urat itu? Apakah obat alami sebagai penyembuh asam urat ada? Asam urat adalah sejenis zat kimia yang terbentuk ketika tubuh memecah zat yang bernama purin. Purin merupakan zat yang diproduksi dari dalam tubuh. Purin juga ditemukan pada beberapa makanan dan minuman, seperti daging tertentu, ikan sarden, kacang kering dan bir. Asam urat berfungsi untuk mengurai zarpurin tersebut. Asam urat bisa larut dalam darah kemudian mengalir sampai ke ginjal dan kemudian tubuh mengeluarkannya melalui urine. Perlu digunakan obat asam urat secara rutin untuk bisa menurunkan kadar asam urat didalam tubuh.

obat asam urat
obat asam urat

Penyakit asam urat sudah umun kita dengar. Penyakit ini timbul pasti ada penyebabnya. Inilah beberapa penyebab sakit asam urat terjadi, misalnya adalah tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat dan sulit mengeluarkannya. Kemudian asam urat yang tidak dikeluarkan akan menumpuk didalam darah. Bisa jadi dari penumpukan asam urat di dalam darah inilah yang menyebabkan sakitnya persendian.  Penyebab lain adalah tingkat asam urat yang tinggi dan membuat urine dan darah terlalu asam.

Faktor Pemicu Dan Obat Asam Urat Yang Harus Digunakan

Faktor Pemicu Naiknya Kadar Asam Urat

Terdapat beberapa faktor yang memicu naiknya kadar asam urat dalam darah, diantaranya adalah faktor keturuan karena seseorang bisa mengalami sakit asam urat sebab memiliki keluarga yang juga menderita penyakit tersebut. Bisa dari kosumsi makanan mengandung purin yang tinggi, seperti pete, jengkol, kabau, sarden, jeroan hewan, daging merah, teri, kerang dan tuna.

Kemudian bisa juga karena kosumsi minuman tinggi gula dan beralkohol, lalu mengonsumsi obat, seperti aspirin, diuretik, ciclosporin dan obat kemotrapi. Akan tetapi beberapa laporan juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, ginjal, tiroid, diabetes, kolesterol tinggi, anemia, leukimia, sleep apnea, obesitas dan hipertensi. Jadi, sangat banyak dan perlu berhati-hati, serta selalu sedia obat asam urat untuk persediaan ketika terjadi serangan.

Obat Alami Sakit Asam Urat

Beberapa jenis makanan ampuh untuk mengatasi sakit asam urat, misalnya buah-buahan berry yang ternyata memiliki peran dalam mengatasi penyakit asam urat. Seperti Stroberi, blueberry, blackberry dan raspberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Berdasarkan penelitian dari University of Maryland bahwa buah-buahan berry pilihan tepat sebagai obat asam urat alami. Karena kandungan anthocyanins di dalam buah berry dapat mengurangi peradangan.

Selanjutnya ada jahe yang merupakan salah satu herbal yang bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Cara menggunakannya bisa dengan diminum air rebusan jahe dan bisa juga dengan dikompres. Jika sendi terasa sakit, kompres dengan air jahe. Caranya, rebus parutan jahe kemudian masukan kain untuk mengompres kedalam air rebusan tersebut, kemudian letakan kain diatas sendi yang terasa nyeri. Mudah sekali bukan? Karena obat asam urat ini tersedia di rumah dan sewaktu-waktu butuh mudah ditemukan.

Bahan selanjutnya adalah air lemon, cuka apel dan kunyit. Minum air hangat yang dicampur dengan jus lemon, cuka apel dan kunyit dapat mengatasi sakit asam urat. Cara membuatnya, campurkan jus lemon dengan dua sendok teh kunyit kemudian tambahkan satu sendok cuka apel. Minum 2 – 3 kali dalam sehari. Karena cuka apel merupakan pembersih alami yang bisa membuang racun dari dalam tubuh. Cuka apel juga mengandung malicacid yang berfungsi memecah partikel asam urat dalam tubuh.

Sedangkan untuk jus lemon berguna sebagai obat asam urat karena berfungsi untuk membuang limbah asam urat yang menumpuk. Karena kandungan citrid acidnya dapat menghilangkan asam urat dan kandungan vitamin C dalam lemon dapat mengurangi kadar asam urat di dalam darah. Selanjutnya adalah kunyit, yang bisa dijadikan sebagai campuran karena kandungan curcumin di dalamnya mampu mengatasi rasa nyeri. Kunyit merupakan anti-inflamasi yang sangat baik.

Bahan alami selanjutnya ada daun jelatang. Siapa sangka tanaman yang tumbuh liar dan sering dimusnahkan karena takut gatalnya ini, ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa. Ya, teh jenis ini juga ampuh mengatasi asam urat. Teh asal Bengkulu Selatan ini dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Tumbuhan ini digunakan dengan cara direbus. Rebus 1 – 2 sendok teh jelatang kering untuk satu cangkir hingga mendidih. Kemudian minum secara rutin 3 gelas per hari.

Garam epsom, tidak banyak yang kenal. Namun di pasaran sangat banyak dan mudah ditemui, siapa sangka jika dapat berguna untuk obat asam urat. Caranya, cukup berendam dengan garam epsom. Larutkan garam Epsom ini dengan cara mencampurkan 1 – 2 cangkir garam ke dalam bak mandi Anda. Kemudian berendam di dalamnya atau rendam hanya bagian yang terasa nyeri dan tunggu hingga rasa nyerinya mereda.

Bahan alami lain adalah tanaman seledri. Bahan masakan seperti seledri ternyata tidak bisa dianggap sepele, karena tanaman ini bisa menjadi obat alami asam urat. Kandungan kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, glikosida, apiol, apiin, dan falvonoid sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya glikosida yang berguna sebagai obat asam urat dan permasalahan sendi lainnya. Cara mengonsumsinya yaitu, rebus biji seledri dengan tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih dan airnya berkurang. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum hingga 2-3 kali sehari.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Siapa tidak kenal air putih? Sebagai penyembuhan air putih memang kurang efektif karena untuk penyembuhan akan butuh proses yang lama. Namun, bila Anda rutin minum air putih delapan gelas sehari, bisa membantu mempercepat penyembuhan dengan didampingi obat asam urat lainnya. Karena air didalam tubuh kita berfungsi membuang zat-zat racun didalam tubuh. Menurut penelitian dari American Collage of Rheumatology, bahwa orang yang setiap hari minum air sebanyak 5-8 gelas resiko mengalami asam urat lebih rendah.

Demikian sepuluh obat asam urat alami alami di atas dan bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi sakit asam urat. Tidak hanya mengatasi, sebaiknya juga mengonsumsinya sebagai pencegahan. Perhatikan juga berbagai penyebab timbulnya asam urat, agar pengobatan lebih cepat dan asam urat tidak kambuh lagi. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat, karena ini menjadi kunci utama untuk mencegah datangnya serangan penyakit asam urat. Selalu konsultasi dengan dokter sebelum mengkosumsi bahan-bahan alami tersebut, agar tepat guna. Salam sehat.

Tinggalkan komentar