Berbagai Cara yang Dapat Menunjang Tubuh Sehat

Berbagai Cara yang Dapat Menunjang Tubuh Sehat – Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi idaman setiap orang, demi mendapatkan kebahagiaan dan kualitas hidup yang lebih baik. Sehat atau tidaknya tubuh dapat diperhatikan lewat ukuran tubuh seseorang, apakah terlalu gemuk, terlalu kurus ataupun ideal. Tentu saja ukuran tubuh ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti makanan yang dikonsumsi, aktivitas, riwayat kesehatan, dan gaya hidup lainnya. Biasanya gaya hidup yang kurang baik bisa membuat seseorang memiliki ukuran tubuh yang kurang ideal.

Berbeda dengan orang yang biasa menerapkan hidup sehat, mereka akan cenderung memiliki badan yang lebih ideal. Hal ini disebabkan karena tubuhnya terhindar dari berbagai hal negatif yang mengganggu sistem tubuh. Meski begitu, perlu kamu tahu juga nih bahwa kesehatan tubuh fisik juga dipengaruhi oleh kesehatan psikis. Maka dari itu, diperlukan banyak hal untuk bisa mendapatkan tubuh fisik dan psikis yang sehat ini. Penasaran bagaimana cara biar bisa menunjang kesehatan tubuh tersebut? Ini dia cara yang bisa kamu lakukan.

Pola makan yang baik

1. Mengkonsumsi cukup air putih

Kebutuhan air putih yang masuk pada tubuh haruslah dipenuhi secara cukup demi memaksimalkan kinerja organ dan kondisi tubuh sehat. Apalagi mengingat sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, sehingga kita tidak bisa melewatkannya. Sampai kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh tentu hal ini akan berefek tidak baik bagi kesehatan. Terlebih jika cairan pada tubuh tersebut dikeluarkan dengan cukup banyak lewat urine, keringat, pernapasan, dan juga  buang air besar.

tubuh sehat
tubuh sehat

Sehingga mau tidak mau kamu harus menambah asupan cairan. Ditambah lagi ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang membutuhkan asupan cairan berlebih. Misalnya saja yakni faktor cuaca dan iklim, kegiatan fisik, berat badan, faktor riwayat kesehatan, dan lain sebagainya. Waspadai juga jika kamu mengalami gejala bibir dan mulut kering, sedikit buang air kecil atau gangguan saat kencing. Bisa jadi hal ini merupakan gejala tubuhmu pencairan.

2. Pilih makanan yang rendah kalori, gula, dan rendah lemak

Tahukah kamu jika ketiga kandungan makanan ini cukup sering menjadi penyebab banyaknya gangguan yang terjadi pada tubuh? Pasalnya makanan tersebut bisa menimbulkan terjadinya penumpukan lemak dan sumbatan pada pembuluh darah. Namun saat ini sudah cukup banyak jenis makanan ataupun minuman dijual di pasaran dengan kandungan bahan yang sehat. Misalnya saja jenis cemilan rendah kalori ataupun susu rendah lemak yang bisa menunjang kondisi tubuh sehat.

3. Kurangi mengonsumsi camilan tidak sehat

Apakah kamu adalah tipe orang yang suka makan makanan tidak sehat dan kerap nyemil? Sebaiknya kebiasaan ini segera kamu tinggalkan demi tubuh yang sehat dan berkualitas. Cemilan tidak sehat ini biasanya berupa makanan instan, snack, makanan dengan tinggi gula, berlemak, dan sebagainya. Jenis makanan tersebut bukan hanya mengganggu organ organ tubuh secara langsung tetapi juga di kemudian hari. Salah satunya yakni terkait gangguan berat badan yang terjadi karena penumpukan lemak.

Tentu saja penumpukan lemak tersebut bisa dilihat jika sudah berbulan-bulan atau bertahun-tahun mengendap dalam tubuh bukan? Nah, makanya ganti cemilanmu dengan buah-buahan sehat seperti apel, melon, anggur, pear, semangka, alpukat, dan buah-buahan segar lainnya. Kamu pun bisa mengolah buah tersebut menjadi puding, salad buah, smoothies ataupun minuman jus. Namun pastikan jika olahan buah tersebut tidak ditambahkan banyak gula ataupun bahan kimia dalam pembuatannya agar tubuh sehat.

4. Menyiapkan makanan sendiri

Hidup di zaman yang serba modern seperti sekarang, memang membuat banyak orang tergoda untuk hidup dengan cara yang lebih praktis dan simple. Salah satunya yakni kemudahan dalam mendapatkan makanan instan ataupun membeli makanan olahan di luar rumah. Padahal kita tidak tahu seperti apa kualitas, keamanan, ataupun kebersihan makanan tersebut saat dalam proses pembuatan. Yang kita tahu hanyalah hasil yang sudah jadi dan dalam bentuk yang menarik. Padahal bisa saja makanan tersebut diberikan bahan pengawet, agar bertahan lebih lama dan tampilannya tetap terjaga.

Sekali mengonsumsinya mungkin tidak akan terlalu berpengaruh pada kesehatan tubuh. Tapi jika kamu terus-terusan untuk membeli dan makan di luar tentu saja hal ini akan memberikan efek buruk pada tubuh. Bukankah lebih baik jika kamu memasak dan mengolah makanan sendiri di rumah? Karena kamu bisa memastikan bahwa bahan yang digunakan berkualitas dan kebersihannya juga terjaga. Pastinya masak sendiri juga akan menghindarkanmu dari kandungan bahan yang berbahaya dan membuat tubuh sehat selalu. Seperti halnya bahan pengawet, pewarna, ataupun pemanis buatan yang kerap dijumpai pada makanan di luaran.

5. Tambah asupan serat

Asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh berguna untuk memudahkan proses pencernaan dan kinerja lambung. Kandungan serat bisa kamu temukan pada berbagai makanan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Maka dari itu, sangat penting untuk menambah asupan serat harian demi tubuh yang sehat. Pastikan juga bahwa separuh dari piring makananmu adalah bahan makanan yang mengandung serat tinggi.

6. Memilih makanan dengan warna cerah sebagai anti oksidan

Efek anti oksidan sangatlah dibutuhkan tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas ini bisa berasal dari kebakaran hutan, asap rokok, polusi kendaraan, asap pabrik, dan berbagai jenis polusi udara lainnya. Efek dari radikal bebas ini bisa merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Itulah sebabnya, mengapa sangat penting menghindari radikal bebas demi tubuh sehat dan terlindungi.

Nah, untuk menghilangkan atau menangkal radikal bebas pada tubuh, kamu bisa memilih jenis makanan yang berwarna cerah untuk dikonsumsi. Misalnya saja jenis buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna terang dan tanpa bahan kimia dalam penanamannya. Misalnya saja makanan berwarna putih yang bisa didapatkan dari pisang dan jamur. Sementara warna kuning dari nanas dan mangga, oranye dari wortel, jeruk dan pepaya, merah dari semangka, tomat, strawberry, maupun apel. Untuk warna hijau kamu bisa mendapatkannya dari jenis sayuran seperti sawi, kangkung, selada, seledri, timun, alpukat, dan sebagainya.

7. Makan dengan porsi kecil

Pernahkah kamu melihat orang yang makan tampak begitu lahap hingga menambah jumlah porsi makannya? Kebiasaan makan seperti ini ternyata tidak baik loh bagi kesehatan tubuh. Karena organ pencernaan dan sistem metabolisme tidak bisa bekerja secara optimal dalam mengolah makanan. Hasilnya tubuh akan mengalami pertambahan berat badan, akibat makanan tidak diubah sempurna menjadi energi. Untuk mendapatkan tubuh sehat, akan lebih baik jika kamu makan dalam porsi sedikit namun sering.

Karena proses pengolahan makanan akan lebih sempurna dan bisa maksimal diserap oleh tubuh. Namun bukan berarti hal ini bisa dijadikan pembenaran agar kamu bisa sering ngemil. Pastikan kamu selalu makan saat sudah merasa lapar, lalu menghentikannya saat merasa kenyang. Apalagi perutmu bukanlah mesin penggiling yang bisa terus-terusan menggiling makanan.

8. Menjadi vegetarian

Gaya hidup vegetarian tanpa mengonsumsi makanan olahan dari hewani, saat ini cukup tren di masyarakat demi tubuh sehat. Meski beberapa orang menganggap gaya hidup ini dinilai kurang sehat, karena kurangnya asupan protein dan nutrisi lainnya. Padahal sebenarnya yang dimaksud vegetarian bukanlah menghindari sepenuhnya produk olahan dari hewani. Melainkan menghindari makanan olahan yang berasal dari daging merah, namun masih mengonsumsi produk turunannya.

Yang dimaksud produk turunan Ini contohnya susu keju, telur, ataupun yoghurt. Kamu pun masih bisa mengonsumsi jenis ikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Mengurangi konsumsi produk hewani bisa membuatmu terhindar dari kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, stoke, penyakit jantung dan lain-lain. Namun satu hal yang harus diingat jika berencana untuk menerapkan gaya hidup seorang vegetarian. Yakni kamu harus pintar-pintar dalam menghitung kebutuhan asupan nutrisi harian.

Menenangkan pikiran dan berbahagialah

1. Melakukan meditasi

Kegiatan meditasi memang cukup terkenal dengan keampuhannya dalam menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang tentu saja akan menciptakan kondisi tubuh sehat. Hal ini berkaitan dengan tingkat stres dan emosi yang lebih menurun dan bisa terkendali. Tentu saja kamu sudah tahu kan jika stres bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai gangguan penyakit? Misalnya saja penyakit jantung, stroke, gangguan asam lambung, alergi, dan berbagai riwayat penyakit lainnya.

2. Cukup tidur dan istirahat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, agar kamu memiliki waktu yang cukup untuk tidur dan istirahat. Pasalnya saat tidur tubuh akan memulihkan kinerja organ-organ, setelah seharian beraktivitas atau pun merasa kelelahan. Karena tanpa menyempatkan waktu untuk istirahat ataupun tidur, aktivitas yang akan kamu lakukan cenderung tidak maksimal dan membuatmu akan mudah lelah. Waktu tidur yang tepat usahakan tujuh hingga delapan jam setiap malam, dan ditambah dengan istirahat di siang hari. Kamu bisa melakukan istirahat saat siang dengan tidur ataupun sekedar bersantai.

3. Mulai mencintai diri sendiri

Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai apa hubungannya mencintai diri dengan kondisi tubuh sehat. Perlu kamu tahu, mencintai diri sendiri menjadi hal penting yang perlu kamu terapkan. Ketika kamu mulai mencintai diri sendiri, secara tidak langsung kamu akan selalu berupaya untuk menjaga kesehatan dan merawatnya. Dengan begini, tentu kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan yang sering terjadi.

Sementara dari sisi psikis, mencintai diri sendiri akan mengurangi tingkat stres dan efek negatif yang dihasilkannya pada tubuh. Kamu akan memiliki cara pandang yang lebih baik mengenai hidup dan kehidupan secara meluas. Sehingga hal ini menjadikanmu lebih bahagia sepanjang hari. Berbeda jika kamu saja tidak mencintai diri sendiri, bagaimana kesehatan dan kebahagiaan bisa datang kepadamu?

4. Senantiasa berfikir positif

Berbagai permasalahan yang kerap terjadi sepanjang hari, tentu membuat pikiran menjadi stres dan terbebani. Bisa saja gangguan ini membuatmu makin uring-uringan, emosi, dan tidak bersemangat dalam menjalani hari-hari. Efeknya, hari-harimu akan terasa begitu membosankan dan kurang menyenangkan. Padahal jika kamu memikirkan sisi positifnya, mungkin saja  ada banyak hal baik yang akan kamu dapatkan dan bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih baik dan lebih kuat. Dengan pikiran positif dan tubuh yang terhindar dari stres, tentu tubuh sehat juga akan senantiasa terjaga.

5. Tulislah mimpi dan keluh kesahmu

Apakah kamu memiliki keluh kesah yang selama ini terpendam dan cukup sulit untuk diungkapan? Beberapa orang memang seringkali menyimpan keluh kesah yang tanpa ada orang yang tahu. Padahal pikiran negatif yang disimpan terlalu lama bisa menimbulkan gangguan kesehatan loh. Sebagai solusinya, tentu kamu harus menceritakan keluh kesahmu pada orang yang dipercaya. Jika sulit dilakukan, kamu juga bisa lho menuliskan pikiran dan keluh kesahmu lewat buku diari atau catatan.

Meski tampak sepele, tapi hal ini bisa mempermudahmu untuk melepaskan hal-hal negatif yang ada di pikiran. Dengan begini, kamu akan merasa lebih lancar dan bisa hidup tanpa beban pikiran yang mengganggu. Kamu pun bisa hidup dengan lebih bahagia dan akan mendapatkan tubuh sehat. Berbeda jika kamu tetap menyimpan masalahmu sendiri yang beresiko mengalami stres dan gangguan emosi.

Pola aktifitas dan pergerakan tubuh yang baik

1. Rutin berolahraga

Kalian semua tentu sudah tahu bahwa berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya gangguan pada tubuh. Karena dengan berolahraga kinerja organ tubuh akan menjadi lebih maksimal dan membuat tubuh menjadi sehat. Kegiatan berolahraga ini tidak bisa dilakukan satu atau dua kali saja. Kamu perlu melakukannya setiap hari secara rutin untuk mendapatkan efek yang maksimal. Selain itu olahraga juga meningkatkan usia harapan hidup, mengurangi resiko terjadinya penyakit, dan memaksimalkan pembakaran lemak.

Sehingga bagi kamu yang ingin menjalankan program diet ataupun ingin mendapatkan tubuh ideal, olahraga bisa menjadi salah satu cara yang tepat. Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh siapapun mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang lanjut usia. Namun jenis dan fungsi olahraga tentunya harus dibedakan sesuai dengan kemampuan dan usia. Kamu bisa memulainya dari jenis olahraga ringan seperti berjalan-jalan, lari-lari kecil, naik turun tangga, sit up, dan sebagainya. Atau jika ingin berolahraga sekaligus bermain, kamu bisa melakukan aktivitas seperti futsal, bermain sepakbola, sepeda, basket, dan olahraga lain yang menunjang tubuh sehat.

2. Lakukan olahraga karena keinginan sendiri

Melakukan sesuatu hal bukan karena keinginan, tentu hasil yang didapat juga  tidak akan maksimal dan sesuai harapan. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin melakukan aktivitas olahraga untuk menyehatkan tubuh. Sebaiknya lakukan olahraga atas kesadaran diri dan melakukan jenis olahraga yang kamu senangi. Dengan melakukan hal yang disenangi, tentu kamu akan lebih berkomitmen dan rajin dalam melakukannya.

Misalnya saja bila menyukai olahraga senam, kamu bisa mengikuti kelompok aerobik, zumba, ataupun senam-senam lainnya. Atau jika menyukai jenis permainan yang melibatkan aktivitas sosial dan kerjasama tim, kamu bisa memilih sepak bola, voli, basket, ataupun futsal. Selain itu, pun juga bisa melakukan olahraga mandiri di rumah loh. Apalagi saat ini ada banyak tutorial olahraga ringan untuk tubuh sehat yang ada di internet yang bisa kamu ikuti.

3. Berjalan tanpa alas kaki

Tahukah kamu jika berjalan kaki bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan cukup ampuh dan terbukti efektif? Hal ini berkaitan dengan efek pijatan yang dihasilkan, jika berjalan tanpa alas dan kaki langsung menyentuh pada tanah. Efek pijatan yang dihasilkan juga biasa dirasakan oleh seluruh tubuh jika melakukannya secara rutin. Efeknya postur tubuh akan menjadi lebih baik, serta kesehatan kaki dan sendi juga akan lebih terjaga terjaga. Sekali-kali kamu bisa menerapkan cara ini saat berolahraga pagi atau pun berjalan-jalan keliling kompleks rumah.

4. Melakukan banyak kegiatan di luar ruangan

Kesibukan sehari-hari seperti sekolah, bekerja di kantor, ataupun membereskan rumah, ternyata bisa membuat seseorang stres dan menurunkan daya tahan tubuh. Terlebih jika kamu terus-terusan berkutat dengan hal tersebut tanpa melakukan hal-hal baru ataupun hal yang menyenangkan. Maka dari itu, jika memiliki waktu luang sebaiknya lakukan berbagai kegiatan di luar rumah. Cara ini bisa membuatmu terhindar dari stres dan pikiran penat, serta menunjang tubuh sehat. Rasa lelah dan bosan juga akan hilang karena ada banyak hiburan yang bisa kamu lihat.

Misalnya saja saling sapa dengan tetangga, bermain dengan hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Apabila memungkinkan, pilihlah tempat yang masih hijau dan banyak tumbuh-tumbuhan. Seperti halnya mengunjungi taman bermain, wisata di pantai atau gunung, mengunjungi pedesaan, ataupun berkebun di pekarangan rumah. Selain mengurangi stres, kamu juga bisa mendapatkan udara segar yang alami. Karena udara segar mengandung banyak Oksigen yang penting untuk memperlancar aliran darah.

5. Melakukan yoga dan melatih pernafasan

Aktifitas yoga memang erat kaitannya dengan latihan pernafasan. Kedua hal ini memiliki dampak positif bagi kesehatan, yakni bisa memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh. Karena ketika latihan pernafasan, setiap tarikan nafas yang dilakukan bisa membuat paru-paru penuh dengan Oksigen. Tentu saja latihan ini bisa menghindarkanmu dari sesak atau pun rasa kurang nyaman saat bernafas. Hasilnya kondisi tubuh sehat terjaga, serta selalu merasa segar dan bersemangat dalam melakukan aktifitas.

5. Berjemur di pagi hari

Melakukan aktivitas di luar ruangan akan membuatmu lebih mudah terkena cahaya matahari. Kamu pasti sudah tahu bukan jika cahaya matahari menghasilkan Vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang? Namun kamu mesti jeli dalam memilih waktu yang tepat biar kulitmu tidak terbakar. Sebaiknya pilihlah berjemur diwaktu pagi kurang dari jam 9 yang efeknya akan terasa di tubuh. Tak perlu berlama-lama, cukup sempatkan 15 menit hingga setengah jam agar terkena sinar matahari pagi. Pastikan juga kamu memakai lotion jika ingin kulitmu tidak terlihat lebih gelap.

Hindari kebiasaan yang merugikan

1. Berhentilah merokok

Kamu pasti pernah melihat iklan atau bungkus rokok yang menampilkan bahaya mengonsumsi rokok bukan? Pasalnya rokok memang bisa menurunkan kesehatan dan menyebabkan berbagai gangguan penyakit. Misalnya saja gangguan jantung kanker paru-paru, kanker mulut, stroke, dan berbagai penyakit mematikan lainnya. Bagi kamu yang saat ini ingin mendapatkan tubuh sehat, memang sebaiknya berhenti untuk mengonsumsi rokok.

2. Hindari asap rokok

Apakah kamu adalah seorang perokok dan seringkali melakukannya di tempat-tempat umum atau saat berdekatan dengan orang lain? Kamu perlu tahu nih jika bahaya rokok tidak hanya dialami oleh si pengguna. Melainkan juga orang yang berada di sekitarnya atau yang biasa dikenal dengan istilah perokok pasif. Apalagi efek yang ditimbulkan oleh si perokok, justru lebih banyak dialami oleh perokok pasif loh. Karena perokok tidak menyerap banyak asap yang dihasilkan, dan cenderung menghampiri orang yang di sekitarnya.

3. Hindari minum minuman beralkohol

Perlu kamu tahu, jika alkohol memiliki sifat diuretik yang mengganggu fungsi cairan di dalam tubuh. Sehingga tak jarang, minum alkohol bisa membuat penikmatnya bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil. Jika terus-terusan berlanjut dan mengonsumsinya setiap hari, bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan banyak cairan tubuh. Pastinya hal ini akan mengganggu kinerja organ tubuh sehat yang seharusnya memerlukan asupan cairan.

Selain itu alkohol juga memiliki efek negatif terhadap kesehatan, lanturan lantaran kandungan gula tersembunyi yang tinggi di dalamnya. Kandungan gula inilah yang nantinya bisa menjadi penyebab munculnya banyak gangguan kesehatan. Seperti halnya gangguan jantung, penumpukan lemak pada organ-organ tubuh, gangguan fungsi hati, dan berbagai gangguan negatif lainnya. Melihat efek negatifnya terhadap kesehatan saja sudah cukup parah, belum lagi dengan efek yang mempengaruhi kesehatan psikisnya.

4. Kurangi mengonsumsi minuman bersoda dan kafein

Hampir sama seperti jenis minuman beralkohol, minuman bersoda juga memiliki sifat diuretik. Jenis minuman tersebut bisa mempercepat tubuh dalam memproduksi urin, sehingga membuatmu sering buang air kecil atau BAK. Semakin sering kamu buang air kecil, tentu cairan tubuhmu juga akan cepat berkurang. Jika sudah mengalami dehidrasi, efeknya kulit dan bibir bisa kering, gangguan saluran kencing, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan kandungan gula tinggi yang ada di dalam minuman bersoda, juga bisa menyebabkan penumpukan lemak dan memberikan resiko buruk pada tubuh sehat.

Targetkan kebiasaan yang menyehatkan

1. Bawa botol minum sendiri

Cara selanjutnya yang bisa menunjang kesehatan tubuh adalah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi tubuh. Contohnya saja selalu membawa botol minuman sendiri tiap kali bepergian. Meski kamu bisa membeli minuman di pinggir jalan atau minuman kemasan di toko, namun membawa botol minum sendiri lebih praktis dan sehat loh. Karena jika membeli minuman racikan, kamu bahkan tidak tahu apa saja bahan yang digunakan. Apakah bahan tersebut layak atau tidak untuk dijadikan minuman, serta bagaimana kualitasnya.

Berbeda bila kamu membawa botol minum sendiri dari rumah yang bisa dipastikan keamanannya. Karena kamu mencuci botolnya sendiri, serta membuat minuman dari bahan yang sehat. Jadi kamu tak perlu khawatir mengalami sakit perut, atau pun meragukan bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Karena kamu bisa memilih bahan terbaik tanpa memakai zat pemanis buatan, bahan kimia, ataupun bahan-bahan pengawet yang beresiko pada tubuh sehat.

2. Pilih lingkungan yang sehat

Lingkungan memiliki peran penting dalam mencapai kesehatan tubuh seseorang. Lingkungan ini cakupannya juga sangatlah luas, meliputi lingkungan tempat tinggal, sekolah, tempat kerja, pergaulan sehari-hari, dan sebagainya. Apalagi sebagian waktumu akan habis untuk berada di lingkungan tersebut setiap harinya. Maka tak heran jika lingkungan akan sangat mempengaruhi kesehatanmu. Apabila kamu berada di lingkungan yang sehat, mau tidak mau pasti kamu juga akan mengikutinya.

Seperti halnya ketika kamu memiliki teman-teman yang hobi olahraga, mengonsumsi makanan sehat, ataupun memiliki kebiasaan sehat lainnya. Secara tidak langsung, kamu juga akan mulai mengikuti gaya hidup mereka menjadi kebiasaanmu. Lain halnya jika kamu berada di lingkungan pertemanan yang tak sehat seperti banyak makan, sering begadang, penuh masalah. Pastinya kamu juga akan ikut terseret dengan perilaku dan gaya hidup mereka bukan. Inilah alasan mengapa sangat penting memilih lingkungan yang tepat demi tubuh sehat.

Nah, sudah cukup jelas bukan apa saja cara yang bisa dilakukan demi mendapatkan tubuh sehat? Cara-cara diatas tidak bisa kamu lakukan dalam waktu satu atau dua hari saja loh. Melainkan, butuh waktu lama untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sehingga kamu harus memiliki komitmen dalam melakukannya, agar tidak terputus di tengah jalan. Karena untuk mendapatkan tubuh yang sehat sebenarnya cukup mudah, asalkan kamu mau berusaha dan menerapkan gaya hidup yang baik.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *