Ada 6 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat Tanpa Olahraga

Ada 6 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat Tanpa Olahraga. Ada begitu banyak rencana diet di luar sana, tetapi apakah ada yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat tanpa olahraga? Umumnya seberapa cepat Anda menurunkan berat badan itu tergantung pada konsistensi, dan durasi perubahan gaya hidup yang Anda buat. Itu termasuk diet dan olahraga yang Anda jalankan, namun faktor genetik juga ikut berperan disini.

Sementara itu, Anda tidak perlu berolahraga untuk menurunkan berat badan. Meskipun banyak pro dan kontra tentang hal ini, namun nyatanya ini bisa menurunkan beberapa kilogram tanpa olahraga. Sayangnya penurunan ini mungkin hanya berlangsung dalam jangka pendek, dan sebagian berat yang hilang mungkin bukan lemaknya. Kebanyakan yang hilang adalah kadar air atau massa otot yang membantu metabolisme tubuh. Dengan demikian Anda mungkin tampak kurus, tapi tidak sehat.

diet sehat tanpa olahraga
diet sehat tanpa olahraga

Program Diet Sehat Tanpa Olahraga

Diet ketat rendah kalori

Banyak ahli diet sehat tanpa olahraga setuju, bahwa defisit kalori adalah kunci untuk penurunan berat badan. Mereka mengatakan bahwa perlu 3500 kalori yang harus dibakar untuk menghilangkan setengah kilogram lemak. untuk itu Anda harus membakar setidaknya 500 kalori per hari untuk menurunkan setengah kilogram berat badan dalam seminggu. Namun karena Anda tidak melakukan olahraga, maka Anda perlu mengurangi asupan makanan untuk membakar lebih banyak kalori.

Sebagian ahli merekomendasikan untuk memulai defisit kalori sekitar 15-20 persen dari asupan normal per hari. Jika jika Anda biasanya membutuhkan 2.000 kalori per hari, maka kini Anda harus membatasi hingga 300-400 kalori per hari. Defisit yang agresif mungkin dapat menurunkan berat badan Anda lebih cepat, namun itu tidak mudah dipertahankan dan tidak akan menguntungkan dalam jangka panjang. Sayangnya jika defisit 15-20 persen tidak berhasil dalam empat minggu, maka Anda boleh menurunkan asupan hingga 100 kalori per hari.

Mengkonsumsi makanan padat nutrisi, namun rendah kalori

Jika Anda ingin melakukan diet sehat tanpa olahraga, maka tubuh Anda cenderung tidak memiliki banyak ruang untuk gerak. Jadi Anda harus membatasi porsi makan Anda dengan makanan yang rendah kalori. Ubahlah makanan harian Anda menjadi makanan yang padat nutrisi dan rendah kalori, seperti protein tanpa lemak dan sayuran. Sementara itu, hindari alkohol sebanyak mungkin karena itu tidak ada kalori. Hindari pula makanan yang mengandung gula dan pati, makanan yang digoreng, serta makanan olahan karena tinggi kalori dan tidak bisa membuat Anda lebih kenyang.

Mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan padat nutrisi akan membuat Anda kenyang lebih lama. Ini juga memungkinkan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup selama penurunan berat badan. Banyak ahli mengatakan jika Anda bisa menurunkan berat badan dengan makan sebanyak-banyaknya, asalkan itu rendah kalori dan padat nutrisi. Dengan demikian Anda bisa menyeimbangkan hari dengan merasa kenyang dan memiliki energi untuk mendukung diet Anda.

Memiliki makronutrien seimbang

Sebagian ahli juga mengatakan bahwa fokus utama penurunan berat badan adalah dengan memiliki piring yang seimbang dengan makro protein, lemak, dan karbohidrat. Namun jagalah protein ini agar tetap tinggi, setidaknya sekitar 40 persen dari kebutuhan kalori Anda. Pentingnya protein dalam diet sehat tanpa olahraga yakni untuk mempertahankan massa otot, membuat Anda tetap kenyang, dan mempertahankan metabolisme Anda.

Sementara itu, sisa kalori yang ada bisa Anda isi dengan karbohidrat dan lemak. Pilih pemisahan karbohidrat dan lemak yang paling cocok untuk Anda, dan yang paling bisa Anda pertahankan. Contohnya, jika Anda lebih aktif maka Anda akan membutuhkan karbohidrat relatif lebih banyak daripada lemak. Sementara itu, karbohidrat yang dibahas disini adalah jenis karbohidrat sehat yang penuh serat seperti buah, sayuran, atau biji-bijian. Sedangkan lemaknya juga lemak sehat, seperti minyak zaitun atau lemak ikan salmon.

Mengkonsumsi makanan tunggal

Cara terbaik untuk memotong kalori dengan diet sehat tanpa olahraga yakni dengan mengkonsumsi makanan bahan tunggal yang kaya nutrisi. Ini termasuk makanan yang tidak mengandung bahan tambahan buatan, seperti: daging yang tidak diproses, beras merah, ubi jalar, daun kangkung dan telur utuh. Namun kembali lagi, kuncinya adalah memastikan ada keseimbangan makanan tunggal di seluruh asupan makronutrien Anda (protein, lemak, dan karbohidrat).

Makanan tunggal umumnya sangat baik dalam penurunan berat badan, karena memiliki kepadatan nutrisi dan rendah kalori. Ini juga tidak mengandung gula olahan dan lemak trans, yang merupakan penyebab umum atas kondisi kesehatan yang jauh lebih buruk daripada obesitas. Akhirnya, hal terbaik tentang makanan tunggal adalah bahwa mereka membuat porsi makan Anda lebih besar sementara mengandung lebih sedikit kalori.

Meningkatkan asupan air

Selama Anda melakukan diet sehat tanpa olahraga, maka Anda harus belajar untuk mengkonsumsi sedikit kalori. Dengan begitu, mengganti asupan jus harian Anda dengan air akan membuat tubuh Anda mendapat sedikit kalori. Banyak penelitian menunjukkan jika rasa lapar bisa dikacaukan dengan meminum air. Dengan begitu Anda akan membatalkan untuk makan terlalu banyak kalori.

Sementara itu, Anda juga bisa menambahkan garam dalam air untuk membuat larutan elektrolit. Campuran elektrolit yang terdiri dari natrium, kalium, dan klorida ini akan membuat air mudah diserap oleh tubuh. Ini juga memungkinkan air untuk masuk ke dalam sel-sel dimana ia seharusnya berada. Dengan begitu, air ini tidak akan langsung keluar dari tubuh sebagai urin. Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi akan menimbulkan lonjakan energi, sehingga Anda akan menyerah pada ngidam makanan.

Minumlah suplemen nutrisi

Sangat menarik untuk berpikir bahwa ketika berbicara tentang penurunan berat badan, maka banyak orang cenderung fokus pada diet mode atau olahraga. Padahal kesehatan Anda secara keseluruhan juga memiliki dampak besar pada kemampuan untuk menurunkan berat badan. Ketika seseorang melakukan Diet sehat tanpa olahraga, maka mereka cenderung kekurangan nutrisi. Untuk itu, mengambil suplemen gizi sebagai pengganti makanan bisa menjadi solusi yang baik.

Ada banyak suplemen gizi yang bisa membantu Anda dalam penurunan berat badan. Beberapa di antaranya meliputi: kafein, ekstrak green tea, jeruk pahit, raspberry keton, dan sebagainya. Anda bisa memilih salah satu yang cocok menurut kebutuhan Anda. Namun pastikan ini baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi suplemen umumnya lebih disukai banyak orang dibandingkan harus minum obat medis. Terutama karena suplemen terbuat dari bahan organik yang sedikit memiliki efek samping.

Itulah beberapa tips sederhana untuk membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif tanpa olahraga. Namun perlu diingat, diet sehat tanpa olahraga mungkin bisa menjadi strategi penurunan berat badan yang mudah. Tapi selama Anda tidak bisa menjaga kalori dengan makan makanan yang buruk, maka diet Anda tidak akan bertahan lama. Sementara itu, menambahkan olahraga akan membantu diet Anda semakin luar biasa dalam jangka panjang.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *