Mau Sehat dan Bentuk Badan Ideal? 4 Olahraga Sehat di Rumah Ini Patut Dicoba

Mau sehat dan bentuk badan ideal? 4 olahraga sehat di rumah ini patut dicoba –  Olahraga merupakan satu hal mengasyikan yang mempunyai segudang manfaat. Meskipun demikian banyak orang yang masih menyepelekannya. Tidak sedikit mereka yang gemar berolahraga terbatas pada olahraga outdoor. Jika tidak ada kesempatan berolahraga outdoor sebagian malah meninggalkan olahraga.

 olahraga sehat di rumah
olahraga sehat di rumah

Alasan olahraga sehat di rumah lebih baik dari di luar rumah

Manfaat olahraga outdoor maupun indoor sama lho. Bahkan olahraga indoor memiliki keuntungan tersendiri. Mungkin sebagian ada yang belum tahu kelebihan olahraga sehat di rumah dibandingkan di luar rumah. Apa iya olahraga dapat dilakukan dan membuat tubuh lebih sehat padahal kita hanya berada di rumah. Hmm.. olahraga macam apa ya yang bisa dilakukan indoor. Benarkah demikian, coba kita telusuri mengapa bisa demikian.

Bebas polusi

Ya benar sekali salah satu kelebihan olahraga sehat di rumah adalah bebas polusi. Polusi bahaya kan menyebabkan radikal bebas berkeliaran dalam tubuh. Tau dong penyebab penyakit mematikan ini adalah keberadaan radikal bebas yang mengendap dalam tubuh. Bahkan kini banyak dicari penangkal radikal bebas. Nah kalau dengan olahraga di rumah kita bisa menghindarinya, berarti cocok. Kita olahraga dengan tujuan agar lebih sehat. Ya berarti sekitar 50% tujuan sehat kita sudah tercapai hanya dengan mengubah tempat olahraga menjadi di dalam rumah.

Hemat

Dalam berbagai aspek kehidupan kita diajarkan untuk hemat kan. Bukan masalah kita bisa kok atau kita punya kok uang untuk itu. Yang menjadi penekanan adalah ketika kita terbiasa hemat maka kita akan lebih peduli dan mempergunakan segala sesuatu sesuai kadarnya. Dalam agama manapun, Islam terutama bahkan menyatakan bahwa orang yang tidak hemat (boros) merupakan temannya setan. Nah lhoo. Begitu juga dengan olahraga, kalau kita bisa olahraga di rumah dengan tidak ada biaya mengapa juga kita harus habiskan ratusan ribu bahkan jutaan untuk mendapatkan hasil yang sama.

Waktu fleksibel

Olahraga sehat di rumah juga memiliki kelebihan mudah mengatur waktu yang kita inginkan. Kapan pun kita sempat, dapat dengan mudah kita berolahraga. Bila suatu saat ada kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berolahraga kita dapat menukar waktunya. Seumpama kita terbiasa pergi ke sarana olahraga sore hari namun karena ada kendala maka kita tidak jadi berolahraga. Beda halnya dengan di rumah, sampai pagi ayo, hanya sempat sore silahkan, bahkan ketika mau tidur kita baru sempat olahraga, bisa dilakukan. Enak ya.

Akses lebih terjamin

Pernah gak merasa malas ketika akan pergi ke luar rumah atau ke gym untuk berolahraga. Macetnya itu saat pulang dan pergi bahkan bisa bikin tambahan stress di kepala. Dengan rutin melakukan olahraga indoor, kita akan terbebas dari kondisi stres karena kemacetan lho. Selain itu peralatan yang kita gunakan pastinya lebih sehat. Ya karena yang menggunakan hanya kita dan keluarga pastinya akan lebih terjamin. Tidak seperti saat di tempat umum, kita tidak tahu penyakit apa saja yang hinggap di peralatan olahraga yang kita gunakan. Iya kalau pemilik empat olahraganya resik, kalau tidak, hm bahaya juga kan.

Bisa dilakukan bersama anggota keluarga

Ini satu lagi hal yang sering luput dari perhatian orang jaman sekarang. Waktu bersama keluarga. quality time yang hilang. Dengan pergi ke sarana olahraga umum artinya kita meninggalkan rumah dan keluarga terutama anak-anak tidak bisa ikut. Ya mungkin ada sarana-sarana olahraga yang bisa melibatkan anak kecil. Namun kurang aman. Sedangkan olahraga sehat di rumah, faktor keamanan dan kenyaman bagi anak-anak akan lebih terjamin kan. Rumah merupakan hal yang paling menenangkan buat anak-anak. Ditambah keberadaan bersama orang tuanya maka menjadi sangat menyenangkan.

Tuh liat kan banyak keuntungannya olahraga di rumah. Mulai berpikir kira-kira olahraga apa yang oke dilakukan saat di rumah? Tidak usah khawatir dan jangan takut akan mengurangi kesenangan dalam berolahraga. Sebenarnya macam olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah banyak kok. Setelah ini akan kita bahas olahraga yang baik dilakukan di rumah ya. Olahraga yang mudah dan menyehatkan pastinya.

Macam olahraga sehat di rumah yang praktis dan mudah

Angkat beban, squat, sit up, push up

Angkat beban ini baik lho olahraga sehat di rumah untuk kekuatan lengan atas dan otot tubuh bagian atas. Apabila tidak memiliki barbel, dapat kita gunakan botol aqua diisi dengan air. Mudah bukan. Selain itu kita bisa melakukan squat yaitu gerakan jongkok berdiri dengan posisi tangan dikatupkan di belakang leher. Sit up dan push up juga dua olahraga yang paling mudah dilakukan di rumah kapanpun. Kekuatan lengan pun dan perut akan menjadi lebih baik.

Jalan-jalan

Dengan menggunakan alat fitnes sederhana, jalan-jalan bisa dilakukan di rumah bahkan sambil menonton televisi dan melakukan kegiatan lain. Jadi tidak membosankan sama sekali. Ini tergolong sebagai kegiatan produktif. Seorang penulis wanita bahkan pernah mengatakan bahwa beliau melakukan kegiatan menulis dan menghasilkan karya juga sambil berolahraga jalan. Saat ini ada fasilitas voice to text sehingga memudahkan proses menghasilkan karya sambil berolahraga. Luar biasa ya. Produktif karya juga produktif berolahraga. Sehat jiwa dan sehat fisik. Wow banget.

Yoga

Yoga salah satu olahraga sehat di rumah yang sangat baik untuk pernafasan. Terbaik melakukan olahraga ini di rumah. Sarana yang diperlukan pun terbilang cukup sederhana. Hanya matras untuk menopang tubuh agar tubuh lebih nyaman bergerak, tidak licin dan beresiko cedera. Pernafasan yang baik akan meningkatkan kadar oksigen yang baik dalam tubuh. Pernafasan yang baik tentunya membuat peredaran darah lebih lancar sehingga asupan oksigen ke otak dapat terkontrol dengan baik.

Baca artikel lain disini

Naik turun tangga

Ini pun olahraga yang sangat mudah hanya dengan menapak naik turun tangga dapat membuat organ-organ dalam kita lebih aktif. Selain itu juga melatih pernafasan dan otot-otot kaki atas bawah terlatih dan lebih kuat. Bila di rumah tidak ada tangga,  Bisa gunakan alas yang lebih tinggi seperti bangku kecil dan seolah kita sedang naik turun tangga. Anak kecil menyukai olahraga ini. Jadi ini dapat digunakan bersama dengan anggota keluarga yang masih belia.

Untuk yang tidak terbiasa melakukannya mungkin berfikir olahraga apa sih yang bisa dilakukan agar tetap fit meski di rumah saja. Olahraga sehat di rumah menyenangkan lho. Untuk awal mungkin terbatas beberapa olahraga saja yang dilakukan. Namun bila sudah terbiasa, biasanya orang akan lebih kreatif memadukan olahraga yang dapat dilakukan di rumah sehingga akan lebih beragam. Dengan demikian olahraga akan lebih menyenangkan.

Jadi bagaimana apakah tertarik mencoba olahraga sehat di rumah? Yang perlu diperhatikan adalah tetap harus diingat bahwa olahraga perlu rutin dilakukan. Jangan mentang-mentang bisa dilakukan kapan saja sesuai waktu yang tersedia, maka menjadi lalai berolahraga. Libatkan juga anggota keluarga yang lain agar tujuan berolahraga yaitu membuat badan sehat dapat dicapai sekeluarga.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *