Penyebab Adanya Benjolan di Kelopak Mata dan Cara Mengatasinya

Benjolan di Kelopak Mata – Mata tentunya memiliki peran yang penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari manusia. Bisa melihat dengan mata, tentunya manjadi salah satu anugerah yang harus Anda syukuri. Menjaga mata agar tetap sehat, tentunya menjadi salah satu cara Anda bersyukur atas nikmat Tuhan tersebut. Ya, ada berbagai penyakit yang dapat menyerang area mata. Benjolan di kelopak mata menjadi salah satu hal yang harus Anda waspadai.

Kalazion dan bintitan menjadi dua penyakit yang dapat menyerang mata Anda. Keduanya dapat membuat benjolan pada kelopak mata Anda. Untuk lebih jelasnya mengenai kedua penyakit tersebut, mari langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Benjolan di Kelopak Mata

Kalazion dan bintitan adalah dua penyakit yang berbeda. Lantas apa bedanya antara kalazion dan bintitan? Inilah ulasannya.

1. Penyakit Kalazion

Mungkin nama penyakit ini tak sepopuler dengan penyakit bintitan. Ya, biasanya Anda sering mengira bahwa benjolan di kelopak mata adalah bintitan. Tapi tak semua benjolan di kelopak mata adalah bintitan. Kalazion juga merupakan penyakit mata yang mengakibatkan benjolan di kelopan mata.

Kalazion disebabkan karena adanya penyumbatan kelenjar minyak. Benjolan yang disebabkan oleh kalazion biasanya akan terasa kenyal serta biasanya tak disertai rasa sakit. Namun tetap saja pada awal pembentukan kalzio akan menimbulkan rasa sakit, tetapi lama-kelamaan rasa sakit tersebut akan hilang, meskipun pembengkakkan di kelopak mata belum hilang atau mengempis.

Untuk penyebab kalazion ini bisa saja disebabkan oleh infeksi yang diakibatkan oleh bakteri yang terpadat pada kelenjar minyak, pada kulit mata yang ditumbuhi oleh bulu mata. Kalazion bisa saja terjadi di kelopak mata bagian atas atau kelopak mata bagian bawah, serta bisa juga benjolan akibat kalazion tumbuh di mata bagian bawah. Jika benjolan tak segera hilang, jelas akan mengakibatkan Anda mengalami kesulitan untuk melihat.

2. Penyakit Bintitan

Bintitan atau yang lebih dikenal dalam dunia medis sebagai hordeolum, juga menjadi salah satu penyebab terjadinya benjolan di kelopak mata. Benjolan di kelopak mata yang diakibatkan oleh bintitan akan terlihat seperti jerawat, serta akan timbul rasa sakit.

Selain itu, bintitan biasanya ditandai dengan benjolan yang berwarna kemerahan yang terasa panas, dan teksturnya lunak. Ya, memang antara bintitan dan kalazion penampakannya hampir mirip, sama-sama menyebabkan benjolan di kelopak mata.

Jadi tak heran jika banyak orang yang mengira penyakit ini adalah penyakit yang sama, yang jelas kedua penyakit tersebut bisa saja  mengakibatkan penglihatan Anda sedikit terganggu.

Bintitan bisa disebabkan karena adanya sumbatan minyak, serta adanya bakteri tertentu. Ya, perlu Anda tahu bahwa di tubuh manusia juga ada bakteri baik. Namun jika jumlah bakteri tersebut berlebihan, maka tentunya akan mengakibatkan kondis tertentu. Salah satunya akan timbul jerawat pada kelopak mata yang kemudian menjadi bintitan. Bintitan biasanya terjadi pada ujung bagian kelopak mata.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kalazion dan bintitan yang perlu Anda tahu. Baik kalazion atau bintitan tentunya harus ditangani dengan tepat agar tak mengganggu penglihatan Anda. Ada beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi benjolan di kelopak mata Anda. Berikut adalah ulasan mengenai cara mengatasi benjolan di kelopak mata Anda.

Cara Atasi Benjolan di Kelopak Mata

Agar tak semakin parah dan segera sembuh, tentunya ada cara yang harus Anda lakukan untuk mengatasi benjolan di kelopak mata yang diakibatkan oleh kalazion atau bintitan. Nah, berikut adalah caranya.

1. Jangan Pencet Benjolan

Jika pada kelopak mata Anda terdapat benjolan, maka sebisa mungkin jangan memencet benjolan tersebut. Sebab memencet benjolan di kelopak mata, tentunya dapat mengakibatkan iritasi dan kondisinya bisa saja akan semakin parah. Jangan pernah tergoda untuk memencetnya, biarkan saja benjolan tersebut sembuh dan mengempis dengan sendirinya. Waktu penyembuhan kalazion dan bintitan bisanya tak memerlukan waktu yang lama.

2. Kompres Air Hangat

Untuk meredakan benjolan di kelopak mata, maka Anda bisa mengompres benjolan tersebut dengan air hangat. Mengompres dengan air hangat dapat membantu menyamarkan kalazion atau bintitan yang Anda alami. Kompreslah selama 10-15 menit, 3-5 kali dalam sehari. Ingat kompreslah dengan lembut dengan kain lap bersih yang sudah direndam air hangat sebelumnya, dan jangan menekan benjolan waktu dikompres.

3. Pijat Dengan Lembut

Jika Anda mengalami kalazion, maka Anda dapat memijat dengan lembut benjolan di kelopak mata Anda, tapi tetap ingat jangan sampai menekan terlalu keras pada benjolan ketikan Anda memijatnya. Sebelum memijat, pastikan jari-jari Anda bersih. Sebab jari yang kotor bisa saja mengakibatkan infeksi dan kondisi akan semakin parah.

4. Bersihkan Area Mata

Agar tak semakin parah, Anda juga perlu rutin membersihkan kelopak mata Anda. Ya, kotoran yang menempel pada kelopak mata, tentunya dapat mengakibatkan benjolan di kelopak mata akan semakin parah dan bisa saja infeksi. Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan di air hangat untuk membersihkan area mata Anda. lakukanlah sekitar 3-4 kali dalam sehari, untuk mencegah penumpukan kotoran di area mata Anda.

5. Menggunakan Salep Antibiotic

Untuk meredakan benjolan di kelopak mata, maka Anda juga bisa menggunakan salep antibiotic sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Penggunaan salep antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri penyebab benjolan di kelopak mata Anda. Anda tinggal mengoleskan salep ini di bagian benjolan, pastikan juga saat mengoleskan salep, jari-jari Anda bersih.

Itulah lima cara yang dapat Anda lakukan agar dapat meredakan benjolan di kelopak mata Anda. jika benjolan di kelopak mata tak kunjung sembuh, maka tentunya Anda harus segara datang ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Cara Cegah Benjolan di Kelopak Mata Datang Lagi

Jika benjolan sudah membaik dan bahkan hilang, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar benjolan pada mata tak datang lagi. Berikut adalah langkah pencegahannya.

1. Jangan Gunakan Riasan di Area Mata Terlebih Dahulu

Agar tak muncul kembali, sebaiknya Anda menghindari pemakaian riasan wajah di area mata terlebih dahulu. Saat benjolan di kelopak mata baru sembuh, sebisa mungkin Anda harus menghindari pemakaian eyeliner, maskara, dan riasan lainya yang diaplikasikan di area mata.

2. Rajin Cuci Tangan

Selanjutnya, jangan terlalu sering memegang mata dengan jari atau tangan Anda. Jika ingin memegang area mata, maka pastikan tangan atau jari Anda sudah bersih. Mencuci tangan dengan baik dan benar menjadi salah satu upaya agar tangan Anda bebas dari kuman dan bakteri. Untuk itu, jika ingin memegang area mata sebaiknya cuci tangan Anda terlebih dahulu.

Baca Juga: Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami yang Wajib Anda Ketahui

Itulah dua cara mencegah terjadinya benjolan di kelopak mata. Jagalah seluruh anggota badan Anda agar tetap sehat, termasuk area bagian mata.

About Alvindayu

Check Also

Ternyata Ini 3 Efek Makan Tauge Berlebihan

Konsumsi Tauge Berbahaya ? Ternyata Ini 3 Efek Makan Tauge Berlebihan

Siapa yang tak pernah konsumsi tauge ? Sayuran yang dikenal dengan kecambah ini banyak dikonsumsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *