Begini 3 Langkah Diet Kista Ovarium yang Wajib Dijalani Penderita

Sumbersehat.com – Diet kista ovarium sering menjadi pro dan kontra oleh beberapa ahli kesehatan. Kista ovarium adalah penyakit yang bisa menyerang semua wanita. Penyakit ini bisa menyerang segala usia dan tidak hanya untuk wanita yang sudah menikah. Melainkan remaja yang sudah menstruasi dapat mengidap penyakit ini.

Kista ovarium tergolong penyakit yang berbahaya karena jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kanker. Penyebab penyakit ini salah satunya adalah faktor dari makanan sehingga dokter menganjurkan melakukan diet kista ovarium. Bagaimana cara melakukan diet kista ovarium yang tepat? Simak pembahasan dibawah ini!

diet kista ovarium
diet kista ovarium

Penyakit Kista Ovarium

Apa itu kista ovarium? Kista ovarium merupakan kantong yang berisi cairan dan tumbuh pada indung telur. Kista ini muncul selama masa subur atau selama pada waktu wanita menstruasi.

Semua wanita mempunyai dua buah ovarium pada bagian kanan dan kiri sisi rahim dengan ukuran sebesar biji kenari. Fungsi ovarium adalah untuk menghasilkan sel telur setiap bulan dan memproduksi hormone seperti estrogen dan progesterone. Dengan adanya kista dapat menggangu fungsi dari ovarium tersebut.

Keluhan umum yang terjadi pada penderita kista ovarium adalah nyeri pinggul dan perut kembung. Tidak jarang untuk melakukan diet kista ovarium dianjurkan oleh dokter. Karena nutrisi pada makanan bisa mempengaruhi fungsi ovarium dan hormon yang bekerja pada sistem reproduksi.

Penelitian dari International Journal of Community Based Nursing and Midwifery mengatakah wanita yang tidak menjaga pola makan lebih rentan penyakit. Oleh sebab itu, salah satu penyebab kista ovarium dapat dari pola makanan.

Hubungan Antara Penyebab Kista Ovarium Dengan Pola Makan

Wanita yang menderita kista ovarium mempunyai kadar insulin yang tinggi. Insulin merupakan hormon yang membantu pengubahan gula menjadi energi dalam tubuh. Jika kadar insulin berkurang maka kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Sebaliknya, jika kadar insulin tinggi akan memproduksi banyak hormon androgen atau hormon seks pada pria, yaitu testosteron. Oleh sebab itu dengan melakukan diet kista ovarium dapat mengembalikan kadar hormon testosteron menjadi normal.

Cara Diet Kista Ovarium Yang Tepat

Diet Kista Ovarium sama seperti halnya dengan diet-diet pada umumnya. Penderita hanya perlu menjaga kadar gula dalam darah. Berikut ini adalah cara yang aman, yaitu :

Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat. Kandungan serat ini yang membantu tubuh untuk mempertahankan berat badan dan menjaga kadar gula darah.

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat.

Makanan untuk penderita kista ovarium yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kanola, dan lain-lain. Lemak sehat ini berfungsi untuk melindungi organ vital dalam tubuh dan membantu sistem metabolisme meningkat.

Konsumsi karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks maka anda akan kenyang lebih lama dan bisa menjaga kadar gula darah.

Rutin berolahraga

Tidak hanya mengatur pola makan, tetapi diet kista ovarium juga harus diimbangi dengan olahraga. Olahraga akan membentuk tubuh menjadi lebih sehat dan membantu mempertahankan berat badan.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Diet Kista Ovarium

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama melakukan proses diet kista ovarium, yaitu :

Junk food

Junk food memang dikenal sebagai musuh ketika melakukan diet apapun, termasuk diet kista ovarium. Sebaiknya hentikan untuk mengkonsumsi junk food dan beralih ke makanan yang lebih sehat. Bahkan, salah satu penyebab kista ovarium karena mengkonsumsi junk food yang bahan pengawetnya dapat membahayakan tubuh.

Alkohol, minuman karbonasi, dan kafein

Selama melakukan diet kista ovarium jangan meminum minuman alkohol, kafein, dan karbonasi seperti soda. Karena kandungan dalam minuman tersebut dapat mengganggu kondisi hormon, seperti meningkatnya kadar hormon estrogen.

Daging merah

Batasi konsumsi daging merah ketika melakukan diet kista ovarium. Karena daging merah memiliki kandung kolesterol cukup tinggi yang mengakibatkan sel tidak normal dalam tubuh berkembang.

Seafood

Selain daging merah, seafood juga sebaiknya dihindari oleh penderita kista ovarium. Dalam seafood juga terdapat kandungan kolesterol tinggi yang membuat perkembangan kista ovarium lebih cepat.

Beberapa jenis sayuran dan buah

Sayuran dan buah memang menjadi salah satu alternatif makanan yang aman ketika melakukan diet. Tetapi tidak semua sayuran dan buah aman dikonsumsi ketika menjalanin diet tertentu seperti diet kista ovarium.

Sayuran seperti tauge dan sawi putih sebaiknya dihindari selama melakukan diet. Selain itu, untuk buah hindari konsumsi anggur, nangka, dan durian. Karena jenis makanan tersebut akan membuat kondisi kista semakin parah.

Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Selama Diet Kista Ovarium

Berikut ini adalah beberapa makanan yang boleh dikonsumsi selama melakukan diet kista ovarium, seperti :

Salmon

Salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan rendah indeks glikemik. Ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungannya dapat meningkatkan kadar hormone androgen.

Selada

Selada adalah sayuran hijau yang dapat menjadi obat bagi penderita kista ovarium, Dianjurkan untuk selalu memasukkan sayuran ini ke dalam makanan untuk penderita kista ovarium.

Kayu manis

Siapa sangka kalau jenis rempah-rempahan yang satu ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita kista ovarium. Kandungan dalam kayu manis dapat menurunkan insulin dan mengurangi kelebihan berat badan.

Brokoli

Dalam brokoli terdapat kandungan vitamin, rendah kalori, dan indeks glikemik. Brokoli terkenal sebagai sayuran yang bersifat anti kanker sehingga aman untuk dikonsumsi selama diet kista ovarium.

Tomat

Tomah dikenal sebagai makanan yang dapat mencegah penuaan dan bisa menangkal penyebab kista ovarium. Hal ini terjadi karena tomat rendah indeks glisemik dan banyak kandungan likopen.

Telur

Sumber protein yang satu ini sangat bagus sebagai makanan untuk penderita kista ovarium. Tetapi hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja dan diolah dengan cara direbus. Karena kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan dapat memperparah kista ovarium.

Susu dan Yogurt

Bagi penderita kista ovarium sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi kalsium. Kalsium ini sangat berguna untuk membantu proses pematangan sel telur dan membangun foliker pada ovarium. Konsumsi dua gelas gelas susu skim setiap hari untuk membantu proses penyembuhan kista ovarium.

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini dikenal dapat memberikan sumber energi tinggi bagi tubuh. Kandungan gizi dan rendah kalori sangat cocok sebagai pelengkap makanan untuk penderita kista ovarium. Bayam dapat membantu proses induksi ovulasi dan menghindari karena obesitas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut sangat baik untuk kesehatan. Karena jenis kacang-kacangan ini berfungsi untuk mengatur resistensi insulin.

Demikian informasi mengenai cara diet kista ovarium yang aman beserta makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan selama melakukan diet. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda dan membantu dalam menjalankan proses penyembuhan kista ovarium.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *