4 Cara Menggunakan Bawang Untuk Flu Pada Bayi, Lengkap Dengan Kandungannya

Semua orang tua tentu merasa khawatir jika buah hatinya mengalami gangguan kesehatan, seperti flu. Selain melakukan pengobatan ke dokter, flu pada bayi bisa disembuhkan dengan cara alami. Salah satunya dengan menggunakan bawang. Lantas bagaimanakah cara menggunakan bawang untuk flu pada buah hati?

Nah flu sejatinya adalah sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorakan, dan paru-paru penderitanya. Jika si kecil mengalami flu, maka dia akan merasakan sakit kepala, panas, pilek, hidung tersumbat, dan batuk-batuk.

Apakah penyebab dan gejala flu?

Sebelum jauh membahas tentang cara menggunakan bawang untuk flu pada bayi, mari kita ketahui bersama-sama penyebab flu.

1. Penyebab flu

Seorang buah hati lebih rentan akan mengalami gangguan kesehatan flu daripada orang dewasa. Ini karena bayi memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang sudah dewasa. Beberapa penyebab flu yang umum terjadi seperti, si buah hati tertular flu dari penderita lain akibat tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara yang dikeluarkan oleh orang lain saat batuk atau bersin. Atau bisa saja disebabkan karena orang tua yang kurang mengawasi buah hatinya bermain di luar, dan tanpa sengaja si kecil menyentuh hidung ketika tangannya berisi debu setelah mengambil sesuatu.

2. Gejala flu

Sama halnya dengan orang dewasa seorang bayi yang terserang flu juga memiliki gejala-gejala berikut.

  • Pilek
  • Batuk
  • Badan terasa panas
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat

Kandungan apa saja yang ada pada bawang?

Bayi yang menderita gangguan kesehatan flu bisa disembuhkan dengan bawang. Salah satu bawang yang paling sering digunakan oleh para orang tua jika ingin mengobati bayinya adalah bawang merah. Nah berikut beberapa kandungan yang ada pada bawang merah sebelum kamu menggunakan bawang untuk flu si jagoan.

1. Mengandung vitamin

Kandungan pertama yang ada pada bawang merah yaitu vitamin. Di mana bawang merah memiliki kandungan yang tinggi berupa Vitamin C dan Vitamin B6. Vitamin C itu sendiri memiliki manfaat sebagai pembentuk kolagen. Nah kolagen di sini adalah sebuah protein yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan luka dan juga memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan kekebalan tubuh seseorang, termasuk bayi. Oleh karena manfaat kandungan inilah banyak orang menggunakan bawang untuk flu.

2. Protein

Bawang merah juga memiliki kandungan protein, namun sayangnya kandungan protein yang terdapat pada bawang merah terbilang sangat rendah. Di mana dalam satu porsi bawang merah yang memiliki bobot 148 gram, hanya memiliki kandungan sebanyak 1 gram protein.

3. Mineral

Di dalam bawang merah juga terdapat kandungan mineral, dan kandungan mineral yang dimilikinya terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama itu ada yang namanya Chromium dan jenis mineral bawang merah yang kedua bernama Kalium. Untuk masing-masing jensi mineral mempunyai manfaat yang berbeda untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya jenis mineral kalium, di mana jenis mineral ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung seseorang. Selain itu, kalium ini juga mengandung zat besi yang mana mampu memperlancar oksigen pada sistem peradaran darah di dalam tubuh.

4. Zat besi makro

Bawang merah sendiri memiliki kandungan berupa karbohidrat dan air. Namun sayangnya di dalam kandungan bawang merah tidak terdapat kandungan yang berupa lemak sama sekali.

5. Antioksidan

Bawang merah memiliki kandungan yang bernama antioksidan. Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam bawang merah ini adalah polifenol. Dengan adanya kandungan polifenol ini dipercaya dan telah terbukti mampu menghancurkan dan mengahambat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seseorang, dan juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang agar tidak lemah.

Jika dalam tubuh seseorang terdapat tumpukan kanker yang begitu banyak maka bisa berakibat fatal. Yang mana orang tersebut dapat mengalami penyakit kanker. Karena adanya polifenol penyakit kanker bisa teratasi.

Selain mengandung antioksidan berupa polifenol, bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin. Di mana kandungan jenis ini memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menghambat penyebab histamin. Histamin ini sendiri merupakan zat yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi menangis dan bersin ketika mengalami alergi.

6. Kalori

Sama halnya seperti kandungan protein, kandungan kalori yang ada pada bawang merah juga tergolong sangat sedikit. Di mana dalam 28 gram bawang merah hanya mengandung sebanyak 11 kalori.

Bagaimanakah cara menggunakan bawang untuk flu pada bayi?

Setelah kamu mengetahu tentang penyebab dan gejala flu serta kandungan pada bawang merah, berikut akan diulas secara lengkap bagaimana menggunakan bawang untuk flu terhadap bayi di rumah. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah!

1. Bawang di taruh pada telapak kaki bayi

Jika dipikir-pikira cara ini kurang masuk di logika, tapi tahukah kamu bahwa cara pengobatan ini sudah banyak dan sudah sejak dari dulu dilakukan oleh warga Tiongkok. Ini bermula pada masyarakat setempat yang menganggap bahwa titik-titik yang terdapat pada telapak kaki  memiliki akses ke seluruh organ tubuh.

Buka itu saja, ada juga sebagian masyarakat yang memiliki anggapan bahwa dengan menaruh bawang merah pada telapak kaki, maka senyawa dari bawang merah akan masuk ke bagian dalam tubuh. Kemudian senyawa yang sudah masuk akan membunuh bakteri, virus, serta membersihkan darah kotor yang ada pada tubuh seorang pemakainya.

Untuk cara menaruh bawang merah pada telapak kaki sudah banyak yang membuktikan akan khasiatnya yang ampuh. Tidak heran lagi jika para orang tua menggunakan metode ini terhadap buah hati kesayangannya. Adapun cara menggunakan bawang untuk flu pada telapak kaki adalah

  • Siapkan bawang merah
  • Kupas bawang merah hingga bersih
  • Tempelkan pada telapak kaki si kecil
  • Diamkan beberapa saat

Untuk lebih mudah, kamu bisa menggunakan bantuan kaos kaki atau sepatu ketika menempelkan bawang merah pada kaki si kecil.

2. Menggosok bawang merah di tubuh si kecil

Cara ini sangat ampuh juga untuk mengobati si kecil dari flu. Berikut caranya

  • Siapkan 1 siung bawang merah
  • Potong bawang merah menjadi dua bagian
  • Gosokkan bagian dalam bawang merah pada bagian punggung dan perut bayi

3. Meletakkan bawang merah di kamar tidur bayi

Pengobatan bawang untuk flu berikutnya bisa kamu lakukan dengan menaruh bawang merah di kamar tidur si kecil. Dengan cara ini, maka virus dan bakteri yang ada di dalam kamar bisa di serap oleh bawang. Begitujuga pada tubuh si kecil. Cara menggunakannya

  • Siapkan bawang merah
  • Kupas bawang merah
  • Iris atau potong bawang merah menjadi beberapa bagian
  • Taruh di sudut kamar atau di sekitaran tempat tidur bayi

4. mencampurkan bawang merah pada minyak telon atau minyak kayu putih

Cara yang satu ini juga sangat ampuh dilakukan, berikut caranya

  • Siapkan bawang merah, minyak telon atau minyak kayu putih
  • Kupas bawang merah
  • Tumbuk bawang merah hingga lumat
  • Campurkan pada minyak telon atau minyak kayu putih
  • Kocok hingga tercampur merata
  • Selesai

Kemudian orang tua bisa mengoleskan campuran tersebut pada telapak kaki si kecil, punggung, dan juga pada bagian perut bayi.

Itulah 4 cara menggunakan bawang untuk flu pada bayi. Semoga cara ini bermanfaat bagi semua orang tua yang memiliki buah hati!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Manfaat buah parijoto

13 Manfaat Buah Parijoto untuk Kesehatan, Khususnya Kehamilan

sumbersehat.com - Manfaat buah parijoto sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mampu membantu wanita agar bisa hamil. Memang kelahiran anak merupakan takdir Allah SWT. Namun, apabila sudah menikah dan tidak kunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *