Hati-Hati! Ini 8 Bahaya Asam Lambung Jika Anda Biarkan

Asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit lambung yang cukup menjengkelkan. Namun walau begitu banyak orang yang tidak melakukan tindakan serius ketika mengalami penyakit ini. Namun apakah anda tahu bahwa bahaya asam lambung itu sangat serius dan tidak bisa dianggap remeh. Apa saja jenis-jenis bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit asam lambung?

Penyebab Asam Lambung

Setiap orang yang mengalami asam lambung pasti akan merasakan nyeri dan tidak nyaman pada area perut mereka. Hal ini tentu akan sangat mengganggu pada aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Menurut beberapa hasil studi dan penelitian, asma lambung ini ternyata disebabkan oleh beberapa hal mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal. Adapun beberapa jenis penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Kegemukan

Kegemukan ternyata menjadi salah satu faktor penentu yang dapat menyebabkan masalah asam lambung pada penderitanya. Orang gemuk bahkan memiliki risiko 2 kali lebih tinggi terkena masalah asam lambung ketimbang orang biasa atau orang yang memiliki berat badan lebih rendah. Orang gemuk memiliki kandungan lemak tinggi dalam tubuhnya yang dapat memicu asam lambung.

2. Sedang mengandung

Bukan orang memiliki tingkat kegemukan tinggi saja, wanita hamil juga memiliki risiko asam lambung yang lebih tinggi. kehamilan bisa memicu terjadinya masalah asam lambung. Kondisi kehamilan ini akan memicu terjadinya perubahan hormon yang dapat mengganggu pada pencernaan yang pada akhirnya akan meningkatkan asam lambung.

3. Telat makan

Ini adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan bahaya asam lambung. Orang yang telat makan dan memiliki tingkat asam lambung yang tinggi akan memberikan impact bahaya yang jauh lebih tinggi. Telat makan dapat meningkatkan asam lambung lebih mudah dan meningkatkan risiko dari asam lambung itu sendiri.

4. Makan makanan berlemak tinggi

Makanan makanan berlemak merupakan salah satu masalah paling mudah memicu naiknya asam lambung dengan mudah lho. Lemak dapat memicu asam lambung dengan lebih cepat. Beberapa jenis makanan seperti daging-dagingan hingga gorengan yang mengandung minyak banyak akan meningkatkan tingkat asam lambung  yang lebih tinggi dan lebih berbahaya.

5. Minum kopi atau alkohol

Minum kopi dan alkohol dapat memicu naiknya asam lambung dengan lebih mudah lho. terlalu sering minum kopi bahkan bisa meningkatkan bahaya asam lambung itu sendiri. Kopi mengandung kafein yang dapat dengan mudah merangsang keluarnya zat asam lambung, jika terlalu banyak konsumsi kopi maka akan membahayakan orang yang mengkonsumsinya.

Beberapa Dampak Bahaya Asam Lambung

Banyak orang masih beranggapan bahwa asam lambung hanya termasuk masalah penyakit ringan. Padahal, dalam beberapa kondisi tertentu asam lambung dapat memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Jika tidak diatasi dengan baik, maka akan memiliki risiko yang cukup tinggi.

Untuk anda yang masih menganggap asam lambung itu sebagai penyakit yang biasa saja, berikut ini adalah beberapa bahaya asam lambung yang cukup berisiko bagi kesehatan.

1. Peradangan pada kerongkongan

Salah satu tingkat bahaya dari asam lambung adalah dapat menyebabkan peradangan pada kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi pada area tersebut. Zat asam yang tinggi dapat menyebabkan iritasi yang lebih tinggi dan lebih berbahaya.

Pengidap asam lambung biasanya akan sulit untuk menelan karena asam lambung juga akan menyempitkan saluran kerongkongan. Selain itu, iritasi pas saluran kerongkongan juga memberikan ras sakit luas biasa pada penderita asam lambung.

2. Menimbulkan luka terbuka di kerongkongan

Salah satu bahaya asam lambung lain yang juga harus diwaspadai para penderita asam lambung adalah dimana asam lambung ini dapat menimbulkan luka terbuka pada kerongkongan. Asam lambung dapat merusak jaringan pada tenggorokan dengan lebih mudah sehingga bisa menyebabkan luka terbuka.

Ulkus esofagus akan mengalami luka dan pendarahan, sehingga akan menimbulkan ras sakit yang lumayan. Bahkan penderitanya akan kesulitan menelan makanan atau bahkan minuman sekalipun karena ras sakit yang ditimbulkannya saat makanan melalui kerongkongan.

3. Meningkatkan risiko kanker kerongkongan

Salah satu risiko dan bahaya asam lambung yang penting untuk diwaspadai adalah asam lambung dapat memicu dan meningkatkan risiko terjadinya kanker pada saluran tenggorokan. Kerusakan pada saluran tenggorokan akibat iritasi oleh cairan asam lambung ini dapat mempengaruhi jaringan pada lapisan esofagus bagian bawah.

Apabila tidak ditangani dengan baik dalam waktu yang lebih cepat, maka risiko akan kanker tenggorokan tidak akan bisa dihindari lagi. Penanganan yang cepat dan tepat bisa dapat menghindari risiko yang lebih tinggi.

4. GERD

Gastreosphageal Reflux Diseae merupakan salah satu jenis penyakti yang terindikasi dari asam lambung. Timbulnya rasa nyeri dan panas pada ulu hati adalah salah satu gejala dari GERD ini. Dalam keadaan tertentu bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Namun tidak semua orang yang menderita ini mengalami hal yang sama. Beberapa orang diantaranya mengalami hal yang berbeda. GERD akibat asam lambung ini dapat diatasi dengan car merubah pola dan gaya hidup yang lebih sehat.

5. Iritasi pernafasan

Masalah lain yang ditimbulkan oleh asam lambung adalah iritasi pernafasan. Naiknya asam lambung pada area saluran pernafasan menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Saat asam ambung naik ke refluks, maka akan terhirup oleh saluran paru-paru sehingga akan mengakibatkan iritasi.

Gejala parah yang ditimbulkan oleh keadaan ini adalah terjadinya batuk kering secara beruntun dan terus menerus. Batuk ini jika dibiarkan juga akan sangat mengganggu terhadap kesehatan anda lainnya.

6. Dispepsia

Dispepsia adalah salah satu masalah kesehatan dimana seseorang akan merasa nyeri pada ulu hati, kembung, mual hingga muntah. Hal ini terjadi sebagai salah satu implikasi masalah asam lambung. Kebiasaan makan yang tidak sehat dan naiknya asam lambung jadi salah satu faktor kuat yang mengakibatkan dispepsia dialami oleh seseorang.

Pada kondisi tertentu anda harus segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli kesehatan dibidangnya. Contoh, jika hal ini disertai dengan muntah darah atau mual yang luar biasa, maka segera konsultasikan dengan dokter.

7. Diare

Salah satu masalah yang juga ditimbulkan oleh asam lambung lainnya adalah terjadinya diare. Asam lambung memang akan mengganggu saluran pencernaan anda. Salah satu dampaknya adalah anda akan mengalami diare beberapa hari. Saluran pencernaan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik seperti biasanya.

8. Mual dan muntah

Salah satu bahaya asam lambung lainnya yang juga harus diwaspadai adalah mual dan muntah. Biasanya hal ini akan terjadi apabila asam lambung dalam usus naik ke saluran kerongkongan dan menyebabkan rasa mual.

Tingkat  bahaya yang harus diwaspadainya, jika hal ini berlanjut dengan frekuensi yang lebih tinggi maka bisa mengakibatkan iritasi hingga muntah darah. Jika hal ini sampai terjadi, maka segeralah konsultasi-kan dengan dokter yang ahli dibidangnya. Lakukan penanganan dengan baik dan tepat agar anda bisa terhindar dari masalah asam lambung.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *