Ingin Menurunkan Berat Badan? Begini 3 Cara Diet Alami dengan Air Putih

Ingin Menurunkan Berat Badan? Begini 3 Cara Diet Alami dengan Air Putih – Tubuh manusia sekitar 60 persennya terdiri dari cairan. Itu artinya, tubuh selalu membutuhkan cairan. Apabila cairan dalam tubuh tidak terpenuhi kebutuhannya, maka tubuh bisa mengalami dehidrasi. Selain itu, cairan dalam tubuh juga berfungsi dalam sistem peredaraan darah. Untuk memenuhi cairan dalam tubuh, caranya dengan minum air putih setiap harinya. Minum air putih harus sesuai anjuran, yaitu sebanyak delapan gelas per hari.   

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, ternyata minum air putih sesuai anjuran juga baik bagi kesehatan tubuh. Minum air putih secara rutin dapat melancarkan kerja ginjal dalam mengeluarkan racun yang berbahaya bagi tubuh. Minum air putih yang teratur juga memperlancar sistem pencernaan. Lancarnya sistem pencernaan dapat mencegah terjadinya sembelit, yaitu menurunya frekuensi buang air besar dari biasanya.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak minum air putih. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minum air putih juga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Berat badan bisa turun dengan minum air putih sesuai anjuran. Bagaimana logikanya? Dengan minum air putih, tubuh bekerja lebih cepat dalam membakar lemak. Makin banyak minum air putih, tubuh makin banyak membakar kalori sehingga berat badan lebih cepat turun. Turunnya berat badan hingga menjadi berat badan yang ideal, dapat menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. 

8 4
diet alami dengan air putih

Diet Alami dengan Air Putih

Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat minum air putih secara rutin setiap harinya. Dengan minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya, tubuh dapat membakar kalori sebanyak 100 kalori. Namun untuk mendapatkan penurunan berat badan yang maksimal, Anda dapat mencoba melakukan diet alami dengan air putih. Diet ini dilakukan hanya dengan minum air putih. Diet ini berlangsung selama satu hari dan maksimal tiga hari. Setelah dua hari melakukan diet air putih atau sekitar 72 jam, tubuh akan kehilangan banyak protein. Hilangnya protein dalam tubuh, menyebabkan otot-otot tubuh menjadi mengecil.

Diet dengan air putih cukup terbilang ekstrim karena apabila dilakukan lebih dari tiga hari, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Setelah tiga hari, Anda dapat mengalami kekurangan gizi. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas tubuh. Tidak adanya asupan makanan bergizi, menyebabkan ativitas tubuh semakin turun dan melambat karena kurangnya sumber energi. Tidak hanya pada aktivitas tubuh, kurangnya sumber energi juga berdampak pada otak. Makanan bergizi merupakan sumber energi bagi tubuh dan nutrisi untuk otak. Otak yang kekurangan nutrisi akan sulit untuk berkonsentrasi, mudah emosi, dan rentan mengalami halusinasi.

Diet yang berhasil merupakan kebanggaan tersendiri bagi Anda yang berjuang untuk menurunkan berat badan dan sekaligus menjadi motivasi orang lain yang ingin melakukan diet. Oleh karena itu, diet harus dilakukan dengan cara yang benar. Diet yang salah dapat menyebabkan kegagalan dalam menurunkan berat badan. Selain itu, juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Berikut cara melakukan diet alami dengan air putih yang benar.

diet alami dengan air putih
diet alami dengan air putih

Pilih Waktu yang Tepat

Untuk melakukan diet dengan air putih, baiknya Anda memilih waktu yang tepat. Bagaimana maksudnya? Waktu yang tepat adalah ketika tubuh Anda dalam kondisi yang sehat. Diet tentu tidak boleh dilakukan ketika Anda sedang sakit atau tidak fit. Pada saat sakit, tubuh sedang mengalami penurunan daya tahan. Apabila kondisi tersebut Anda paksakan, tubuh tidak siap dan bisa memperparah sakit yang Anda alami. Tubuh yang sedang sakit atau tidak fit membutuhkan lebih banyak nutrisi dari makanan bergizi, supaya daya tahan tubuh meningkat. Dengan begitu, tubuh segera sehat dan dapat memulai diet kembali.

Selain tubuh harus sehat, diet alami dengan air putih juga dilakukan ketika tubuh tidak sedang melakukan aktivitas yang banyak menguras energi. Aktivitas yang banyak menguras energi, menyebabkan tubuh menjadi lelah. Tubuh yang lelah karena telah mengeluarkan energi untuk aktivitas berat, riskan mengalami penurunan daya tahan. Apabila diet air putih dipaksakan, tubuh tidak siap dan bisa drop. Tubuh juga mengalami kehilangan banyak cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan tubuh tidak lelah ketika melakukan diet ini.

Menyiapkan Nutrisi yang Cukup

Setelah menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan diet dengan air putih, juga wajib menyiapkan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh Anda. Kecukupan nutrisi ini, perlu Anda siapkan jauh-jauh hari sebelum melakukan diet ini. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, Anda juga dapat minum minuman bernutrisi seperti jus, susu, atau minuman bernutrisi lainnya.

Beberapa hari menjelang diet alami dengan air putih ini, mulailah membiasakan minum air putih sebanyak 500 mililiter atau sekitar dua gelas, setengah jam sebelum makan! Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah kenyang sehingga dengan sendirinya Anda akan mengurangi porsi makan dari porsi makan yang biasanya. Mengonsumsi air putih sebelum makan membuat nafsu makan menjadi berkurang. Perilaku ini pening dilakukan, supaya tubuh mudah beradaptasi nantinya ketika melakukan diet dengan air putih. Namun, tetap pastikan menu makanannya bernutrisi dan bervariasi.

baca artikel menarik lainnya disini.

Hindari Olahraga Berat

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Gerakan olahraga, membuat otot tubuh aktif dan kuat sehingga tubuh menjadi bugar. Tubuh yang bugar adalah tubuh yang mempu melakukan kegiatan dengan penuh energi dan setelah melakukan kegiatan setelahnya, tubuh masih mempunyai tenaga untuk melakukan kegiatan lainnya. Tubuh tetap terjaga kebugarannya dengan berolahraga secara rutin.  Namun, Anda juga harus memilih olahraga sesuai dengan kondisi Anda termasuk ketika Anda sedang melakukan diet dengan air putih.

Ketika Anda sedang melakukan diet alami dengan air putih, Anda justru harus menghindari olahraga berat. Olahraga berat menguras tenaga dan memerlukan energi yang besar. Dengan begitu, tubuh banyak mengeluarkan cairan. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan banyak cairan. Dehidrasi dapat dicegah dengan memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, meminum air terlalu banyak mengakibatnya cairan dalam tubuh terlalu berlebihan. Hal ini juga menimbulkan gangguan kesehatan.  

Apa Anda tertarik mencoba memulai diet alami dengan air putih? Sebelum mencoba diet ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Apabila saat diet, Anda jatuh sakit atau badan menjadi lemas segera hentikan diet supaya tidak menimbulkan bahaya lebih lanjut! Apabila Anda berhasil menyelesaikan diet, hindari makan dalam jumlah banyak. Mulailah makan sedikit demi sedikit supaya perut tidak sakit dan terhindar dari gangguan pencernaan!

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *