8 Cara Menurunkan Berat Badan agar Ideal dengan Diet Sehat untuk Remaja

8 Cara Menurunkan Berat Badan agar Ideal dengan Diet Sehat untuk Remaja – Kegemukan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk remaja yang baru mengalami pubertas dan masih dalam masa pertumbuhan. Kegemukan pada remaja ini tentunya menyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah obesitas yang berujung ketidakpercayaan diri. Sehingga tak jarang, banyak remaja tersebut yang jadi terobsesi ingin punya tubuh langsing dan ideal. Tetapi sayangnya banyak yang melakukannya melalui cara yang salah.

Salah satunya dengan diet ketat, padahal usia mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Belum lagi jika mereka melakukan latihan keras namun tidak diimbangi dengan pola makan yang tepat. Tentu hal ini akan menambah masalah kesehatan, yang akan mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Nah, untuk itu sebaiknya perhatikan cara diet yang benar bagi remaja dan memberikan kondisi kesehatan lebih baik.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Cara Diet Sehat Remaja yang Tepat

Membuat target yang realistis

Remaja tidak bisa membuat target jangka panjang dalam menjalankan diet, layaknya mereka yang berusia dewasa. Terlebih jika anda harus melakukan aktivitas diet sehat untuk remaja secara rutin dan terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Tentu cara ini tidak akan optimal, karena remaja mudah mengalami kebosanan untuk melakukan rutinitas lama setiap harinya.

Untuk mengatasinya, sebaiknya buatlah target berat badan yang ingin dicapai secara realistis dan tidak berlebihan. Misalnya saja mengurangi 1 hingga 3 kg setiap bulannya dengan cara yang tepat. Pastikan diet tersebut dilakukan secara pelan dan bertahap agar tidak mengganggu kondisi kesehatannya.

Mengurangi gula dan makanan manis

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mengonsumsi makanan manis dan tinggi gula saat menjalankan diet sehat untuk remaja. Para remaja seringkali acuh terhadap makanan yang ia konsumsi, tidak peduli makanan manis akan menyebabkan penambahan berat badan yang cukup drastis. Alangkah baiknya jika anak remaja tidak membeli makanan kemasan ataupun instan yang dijual di kantin sekolah maupun tempat nongkrong.

Selain itu, hindari juga konsumsi gula dari teh manis ataupun minum minuman lain yang sering anda konsumsi setiap harinya. Anda bisa menggantinya dengan air mineral yang justru menyehatkan tanpa kandungan gula di dalamnya. Contohnya saja seperti minuman yang mengandung bahan perisa, gula tinggi, serta pewarna yang tidak baik bagi tubuh.

Lakukan aktivitas fisik lebih banyak

Remaja yang mengalami kegemukan seringkali disebabkan oleh rasa malas untuk melakukan berbagai aktivitas di usia mudanya. Contohnya mereka hanya menyukai nonton TV, tiduran, bermain handphone, ataupun sekedar duduk tanpa aktivitas yang menghasilkan keringat. Padahal kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan, karena jika tidak berat badan justru akan semakin bertambah dan beresiko kegagalan saat diet sehat untuk remaja.

Lebih baik melakukan aktivitas fisik yang lebih banyak seperti naik turun tangga, bersepeda ke sekolah, ataupun lari-lari kecil di sekitar kompleks rumah. Atau Anda juga bisa aktivitas jalan-jalan dan liburan bareng teman, namun ingat untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Latihan atau aktifitas bisa efektif dalam proses pembuangan kalori dan lemak pada tubuh.

Mengontrol kebiasaan

Remaja seringkali melupakan kebiasaan baik dan mengganti kebiasaan dietnya dengan hal-hal yang bisa merusak berat badan. Seringkali saat sudah di tengah jalan, remaja tidak bisa menghindari godaan untuk menggagalkan diet. Belum lagi jika remaja mengganti program diet yang dijalankan dengan diet sehat untuk remaja lainnya.

Tentu tentu hal ini akan membuat program diet menjadi tidak sempurna dan berakibat gagal tanpa adanya penurunan berat badan. Padahal belum tentu diet yang dijalankan sehat, seperti diet dengan melewatkan waktu makan, olahraga secara keras, puasa terus-menerus, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya kontrol kebiasaan dan adanya kerukunan hidup sehat dan berkomitmen dalam melakukannya.

Biasakan diri membaca label kemasan makanan

Remaja dapat mengontrol asupan kalori dengan kebiasaan diet sehat untuk remaja sederhana yang seringkali dilewatkan saat mengonsumsi makanan dalam kemasan. Salah satu kebiasaan tersebut adalah dengan membaca label kemasan untuk memudahkan anda mengetahui kalori yang dikonsumsi. Ketahuilah bahwa di usia remaja setidaknya mereka harus mengonsumsi kalori sekitar 2000 kalori dan tidak boleh kurang. Kalori yang dikonsumsi harus terhindar dari makanan yang digoreng, dipanggang, ataupun makanan yang tinggi gula dan lemak.

Tetap mengonsumsi sumber makanan yang menyehatkan

Remaja belum begitu mengenal apa itu diet, serta cara menerapkannya dengan tepat dan sehat yang dianjurkan. Dari ketidaktahuan ini, remaja selalu menganggap jika diet sama halnya dengan tidak makan ataupun melewatkan waktu makan. Padahal tidak demikian, lantaran diet adalah mengatur pola makan yang tepat dan sehat. Sehingga dengan demikian, remaja masih bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang tanpa harus kelaparan. Sebaiknya penuhi kebutuhan kalori harian remaja tanpa harus melakukan defisit yang akan mengganggu pertumbuhannya.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Perbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari sangat penting dilakukan remaja untuk menurunkan berat badannya. Diet sehat untuk remaja yang satu ini wajib dilakukan agar kesediaan menjadi lebih optimal dan tubuh tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, sayur juga memiliki banyak nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan mineral yang diperlukan tubuh remaja. Sehingga bagi remaja yang kurang menyukai konsumsi sayur dan buah, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut. Sumber makanan tersebut juga sangat penting untuk memperlancar pencernaan yang seringkali menjadi penyebab seseorang mengalami kegemukan.

Memilih diet yang ramah bagi remaja

Cara menurunkan berat badan remaja selanjutnya yaitu dengan memilih cara diet yang tepat dan ramah bagi remaja. Misalnya saja diet yang hanya membatasi kalori, sehingga memungkinkan remaja tetap mengonsumsi makanan lain dalam jumlah tepat. Cara ini aktif dan cocok karena tidak menggunakan adanya  batasan pada konsumsi bahan makanan tertentu yang menyehatkan. Karena saat ini ada banyak sekali jenis dan cara diet, namun belum terbukti efektifitas dan keamanannnya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Contohnya sana seperti diet tanpa karbohidrat, diet hanya dengan minuman, diet makan sehari sekali, ataupun jenis diet lain yang belum tentu cocok diterapkan remaja. Semakin rumit cara diet yang dilakukan, tentu akan membuat remaja malas dan berakibat diet yang dijalani akan gagal total. Namun yang terpenting, pastikan remaja tetap memperhatikan nutrisi tubuh dan kecukupannya demi mengoptimalkan pertumbuhan remaja berjalan dengan lancar. Jangan sampai salah dalam memilih cara diet sehat untuk remaja yang diterapkannya setiap hari.

Cara melakukan diet sehat untuk remaja tersebut cukup efektif untuk dilakukan dan tidak menimbulkan resiko apapun masalah kesehatan. Seperti yang kita tahu, beberapa cara diet justru tidak baik bagi kesehatan dan mengganggu proses pertumbuhan remaja. Sehingga sebagai remaja ataupun orang tua selayaknya memilih cara diet yang tepat untuk mengurangi berat badan. Salah memilih cara dan penerapan diet, tentu bisa dipastikan jika diet tidak akan optimal dan memberikan efek yang tidak sesuai harapan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *