5 Cara Untuk Mencegah Penularan Virus Corona Sebagai Salah Satu Bentuk Upaya Waspada Virus Corona

5 Cara Untuk Mencegah Penularan Virus Corona Sebagai Salah Satu Bentuk Upaya Waspada Virus Corona. Di Awal tahun 2020 Indonesia diguncang pandemik yang memberikan banyak dampak yang ada pada semua sektor ekonomi maupun merubah semua kehidupan masyarakat. Hal ini bukan tanpa sebab karena karena semakin banyaknya jumlah penularan dan cara penularan yang cukup mudah ini yang menjadikan pandemik virus corona atau disebut sebgaai Covid-19 menjadi kejadian musibah yang sangat luar biasa.

Dengan berbagai cara pemerintah telah berupaya sebaik mungkin untuk menanggulangi agar penyebaran virus covid-19 ini tidak semakin meluas. Banyak pemerintah daerah yang memberlakukan peraturan dan membatasi interaksi sosial antar masyarakat hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah penyebaran virus. Bukan hanya membatasi interaksi masyarakat banyak sektor ekonomi yang lumpuh akibat dampak dari pendemik Covid-19. Para pengusaha juga merasakan dampak yang sangat besar karena pembatasan bersekala besar dan mau tidak mau bnayak pabrik pabrik besar yang memutus hubungan kerja dengan karyawan.

waspada virus corona
waspada virus corona

Tidak hanya sektor ekonomi banyak masalah sosial yang muncul karena pandemic Covid-19 ini. Mau tidak mau dengan adanya masalah ini masyarakat Indonesia harus mengubah cara hidup dan cara pandang terhadap pentingnya masalah kebersihan. Karena berawal dengan selalu menjaga kebersihan akan meminimalisir penularan virus Covid-19 ini. Hal ini yang menjadikan masyarakat Indonesia bahwa waspada virus corona karena penyebaran dan penularannya semakin mudah.

Waspada Virus Corona Dan Cara Pencegahannya                                                                                                 

Pencegahan virus ini sebenarnya cukup mudah namun beberapa orang yang mengangap mudah bahkan meremehkan masalah ini yang menjadikan waspada virus corona penyebarannya semakin banyak dan tidak terkendali. Protokol kesehatan sampai dengan penggalakkan pemakaian masker dan bergaya hidup bersih dengan selalu melakukan cuci tangan setelah beraktifitas diluar ruangan merupakan upaya pemerintah untuk terus meredam penyebaran virus ini. Simak beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Jaga Kebersihan

Virus corona atau popular yang benama Covid-19 ini merupakan virus berasal dari wuhandi Cina, namun pnyebarannya sampi dengan Indonesia. Salah satu menjaga agar terhindar atau tertular virus ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan pada tubuh kita, karena waspada virus corona selalu mengintai dan tidak pandang bulu penularannya. Rajin cuci tangan setelah memegang atau setelah melakukan kegiatan diluar ruangan merupakan salah satu cara mencegah untuk tertular dengan virus ini. Mengganti semua pakaian dan mencucinya jika Anda setelah beraktifitas di luar ruangan atau berinteraksi dengan orang lain.

Dengan selalu menerapkan hidup bersih ini dirasa mampu untuk mengurangi populasi penyebaran virus corona pada orang lain. Karena menurut penelitian virus Covid-19 ini akan mati jika terkena panas dan sabun jika tidak menempel pada inangnya. Inilah yang menjadi dasar untuk selalu kita menerapkan pola hidup bersih dengan selalu menjaga kebersihan.

Physical Distancing

Jaga jarak aman antar satu orang dengan orang lainnya atau lebih dikenal physical distancing ini juga dihimbau untuk membatasi dan menjaga jarak dengan orang lain. Karena gejala antara satu orang dengan orang lainya berbeda-beda maka cara mencegah penyebaran virus Covid-19 ini dengan menjaga jarak aman. kita harus selalu waspada virus corona, karena kita tidak tahu bahwa orang yang dekat dengan kita merupakan pembawa virus atau bahkan sudah terjangkit virus, itulah mengapa pemerintah menerapkan aturan disemua sektor kegiatan untuk selalu menjaga jarak aman.

Perkuat Sistem Imun

Melindungi diri dari penularan virus corona salah satunya dengan menerapkan makan makanan yang bergizi. Ini dimaksudkan agar asupan nutrisi dan gizi pada tubuh kita tercukupi dengan begitu sistem kekebalan imun pada tubuh akan terbentuk dan kuat. Dengan asupan gizi yang cukup ini menjadikan diri kita dapat menangkal virus yang menyerang jadi tubuh tidak mudah untuk diserang penyakit.

Karena pada dasarnya virus Covid-19 ini akan mudah menyerang jika kondisi tubuh kita dalam keadaan tidak sehat atau kurang fit. Maka dari itu pentingnya memperhatikan asupan makanan dari tubuh kita agar daya tahan tubuh kita selalu terjaga dan ini juga salah satu upaya untuk memerangi virus corona agar tidak sampai menular pada tubuh. Kita dituntut untuk selalu waspada virus corona karena memang virus ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

Gunakan Masker

Jika memang bagi anda yang harus berinteraksi di luar ruangan pemerintah juga membuat aturan untuk tetap menggunakan masker sebagai pelindung dari penyebaran virus Covid-19. Dengan menggunakan masker setidaknya anda melindungi udara ataupun virus yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Aturan kewajiban pemakain virus ini sudah efektif diberlakukan wajib bagi anda yang sedang keluar ruangan. Ada beberapa daerah yang menindak tegas jika kedapatan warganya tidak memakai masker saat berinteraksi diluar ruangan.

POLRI atau polisi Indonesia juga sudah membuat peraturan jika akan dikenakan denda sejumlah uang bagi para masyarakat yang masih bandel tetap melakukan kegiatan diluar ruangan tanpa memperhatikan protocol kesehatan, termasuk kewajiban memakai masker ini. Dengan aturan ini dimaksudkan untuk selalu menekan angka dampak terjangkitnya penularan terhadap virus corona mengingat waspada virus corona sudah banyak memakan korban hingga ribuan orang meninggal karena terjangkit virus ini.

Hindari Bepergian Ketempat Keramaian

Menghindari untuk bepergian ke tempat keramain adalah juga salah satu cara untuk menghindari tertularnya virus Civid-19. Dengan menghindari pergi ketempat keramaian ini juga meminimalisir anda untuk berinteraksi dengan banyak orang yang kita tidak tahu apakah orang yang bertemu dengan kita tidak membawa virus ini? Atau mungkin mereka sudah terinveksi namun tanpa gejala, inilah yang harus dihindari. Pemerintah juga selalu memberikan edukasi jika tidak dalam keadaan mendesak dilarang untuk bepergian keluar rumah atau melakukan aktifitas sosial yang bertemu dengan banyak orang.

Untuk itu penting bagi semua untuk menyadari tidak hanya pemerintah namun kerja sama yang baik antar masyarakat juga diperlukan dalam hal ini. Karena tidak akan segera berakhir pandemik ini jika tidak ada kerjasama kolaborasi yang baik antar keduanya. Mengingat waspada virus corona ini semakain hari semakin meningkat angkanya dan ini terjadi dibeberapa kota di Indonesia. Dikota kota besar yang merupakan padat penduduk juga banyak yang ditetapkan menjadi red zone sebagai kota terbanyak penduduknya terjangkit virus Covid-19 ini.

Simak artikel info kesehatan lainnya disini.

Saat ini memang sangat penting untuk bekerja sama antara masyarakat dan pemerintah agar pandemik covid-19 ini segera berakhir. Banyak sektor yang tumbang dan jatuh akibat dampak pandemik ini. Apalagi sektor ekonomi banyak rakyat kecil yang khususnya bermata pencaharian diluar ruangan yang berdampak sangat besar terhadap masalah ini. Namun itu semua tidak akan berakhir jika masih ada dari Anda yang tidak menerapkan aturan pemerintah untuk tetap mengikuti protokol kesehatan demi terwujudnya kembali pulihnya Indonesia.

Selalu waspada virus corona, dan selalu menerapkan pola hidup sehat agar kita dapat terhindar dari penularan virus Covid-19 ini. Semoga pandemik ini segera berakhir dan kita dapat berinteraksi dan beraktifitas seperti semula, Indonesia kuat Indonesia sehat.

 

About Ibnu Khamill

Check Also

gaya hidup sehat alami

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar. Sehat tidaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *