10 Aturan Diet Untuk Jantung Koroner Agar Menyehatkan, Patuhi ya!

sumbersehat.com – Diet untuk jantung koroner tidak jauh berbeda dengan aturan diet yang lainnya. Inti dari diet ini adalah dengan mengatur pola makan yang tepat dan sehat supaya terhindar dari kolesterol buruk (LDL). Tujuan dari diet ini untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut. Fokuskan dengan apa yang bisa dimakan bukan hanya dengan apa yang dilarang.

Dengan menambahkan makanan yang menyelamatkan jantung sama pentingnya dengan mengurangi makanan lain. Berikut ini akan membahas mengenai berbagai cara diet untuk jantung koroner yang aman beserta cara mengolah makanan yang tepat bagi penderita jantung.

diet untuk jantung koroner
diet jantung koroner

Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner menjadi salah satu penyakit paling membunuh di dunia. Bahkan, setiap harinya ada saja yang meninggal karena disebabkan oleh jantung koroner. Sehingga penyakit yang satu ini tidak boleh disepelekan. Penyakit jantung koroner ditandai dengan penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Faktor tersebut seperti lemak atau plak yang menempel pada dinding arteri sehingga terjadi penyumbatan arteri. Penyumbatan arteri tersebut yang menyebabkan terbentuknya gumpalan darah. Serangan jantung terjadi karena gumpalan darah menyumbat arteri jantung.

Hal ini menyebabkan suplai oksigen ke jantung terhambat dan membunuh sel-sel jantung. Selain itu, penyumbatan juga dapat terjadi karena timbunan lemak di arteri koroner. Penyebab lain jantung koroner karena kurangnya aktivitas fisik, merokok, dan riwayat penyakit keluarga dapat menjadi penyebab utamanya.

Inilah Cara Diet Untuk Jantung Koroner

Berikut ini adalah cara diet penyakit jantung koroner yang tepat, diantaranya :

Konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Cara diet untuk jantung koroner yang pertama adalah dengan perbanyak konsumsi buah, sayur, berbagai jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan dari nabati ini kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Rasanya yang enak dapat dijadikan sebagai salad dan lauk sehari-hari.

Membatasi asupan lemak jenuh (lemak trans)

Cara diet penyakit jantung koroner yang kedua adalah dengan membatasi asupan lemak trans. Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan serangan jantung. Hindari menggunakan lemak yang berasal dari hewani ketika memasak dan pilih minyak dengan kandungan lemak tak jenuh. Contohnya seperti minyak zaitun, minyak kacang tanah, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein

Diet untuk jantung koroner tidak hanya diperbolehkan mengonsumsi nabati, tetapi juga tetap boleh mengonsumsi protein hewani. Tetap seimbangkan makanan sehari-hari dengan daging, ikan, dan sumber protein lainnya. Tetapi, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak.

Membatasi kolesterol

Hampir semua diet menganjurkan untuk membatasi makanan yang mengandung kolesterol, termasuk diet untuk jantung koroner. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung. Batasi untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan kolesterol seperti daging merah dan produk susu tinggi lemak.

Konsumsi karbohidrat yang tepat

Banyak yang mengira jika karbohidrat hanya dapat diperoleh dari nasi putih. Padahal terdapat banyak sekali sumber karbohidrat yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Contohnya seperti beras merah, oatmeal, quinoa, ubi, dan singkong. Makanan tersebut dapat menambah serat dan membantu mengontrol kadar gula darah.

Makan secara teratur

Makan yang teratur dapat membantu penderita jantung untuk mengontrol gula darah dan megatur kadar kolesterol. Makanlah dengan porsi sedikit tetapi frekuensi waktu yang sering.

Kurangi garam

Diet untuk jantung koroner sebaiknya mengurangi asupan gula dalam makanan. Karena terlalu banyak gula tidak baik untuk tekanan darah, Gunakan bumbu berbahan dasar rempah atau bumbu alami dapur untuk membumbui makanan.

Cukupi asupan cairan tubuh

Jaga tubuh untuk tetap terhidrasi akan membantu Anda merasa energik dan makan lebih sedikit. Minum minimal 1 sampai dengan 2 liter sehari setiap hari.

Sajikan makanan sesuai takaran saji

Jika mau sedikit repot, Anda dapat menakar porsi makanan setiap hari, Caranya dengan menggunakan piring dan gelas yang lebih kecil atau memeriksa label makanan sebelum dikonsumsi.

Kontrol porsi makan

Cara diet untuk jantung koroner yang terakhir adalah dengan mengontrol porsi makan. Jumlah makanan yang Anda konsumsi sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Dengan membiarkan piring terisi penuh makan asupan kalori Anda akan berlebih. Jika dirasa asupan kalori berlebih, sebaiknya diimbangi dengan aktivitas yang banyak juga. Sehingga sisa makanan tidak ada yang mengendap di tubuh dan menjadi lemak.

Cara Mengolah Makanan Diet Penyakit Jantung Koroner

Berikut adalah cara mengolah makanan diet untuk jantung koroner yang tepat, yaitu :

Memasak sendiri

Makanan yang tersedia di restoran mempunyai kalori, sodium, dan lemak jahat yang tinggi. Semua komponen ini akan memperburuk kondisi jantung Anda. Coba untuk masak sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang segar dan sehat. Sehingga Anda meracik masakan sesuai dengan aturan diet untuk jantung koroner.

Memasak menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit jantung. Karena minyak zaitun memiliki efek lebih kecil dalam meningkatkan kolesterol darah dibanding margarin. Walaupun tergolong aman, dalam menggunakan minyak zaitun harus dibatasi terutama dalam hal menumis atau mencampurkannya dengan salad.

Gunakan rempah-rempah sebagai pengganti garam

Dalam melakukan diet untuk jantung koroner dalam penggunaan garam harus dibatasi. Anda dapat mengandalkan rempah-rempah sebagai bahan penyedap makanan. Berikut adalah beberapa trik yang Anda coba, yaitu :

  • Peras lemon atau jeruk nipis pada sayuran kukus, ikan panggang, nasi, salad, dan pasta.
  • Coba lemon lada bebas garam sebagai bumbu pada ayam.
  • Gunakan bawang merah dan bawang putih untuk memberikan cita rasa daging dan sayuran.
  • Panggang ayam dan daging dengan menggunakan saus barbekyu yang Anda olah sendiri.

Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng

Makanan yang digoreng memang menggugah selera, tetapi jika Anda ingin melakukan diet untuk jantung koroner sebaiknya hindari. Karena makanan yang digoreng sangat pantang bagi penderita jantung. Kandungan lemak jenuh dalam proses pemanasan minyak akan menyumbat pembuluh darah.

Hal ini yang menjadikan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Anda dapat beralih ke proses pengolahan makanan dengna cara direbus, dikukus, dan dipanggang. Sehingga makanan yang Anda konsumsi akan jauh lebih sehat dan tentunya dapat menyembuhkan penyakit jantung.

Perhatikan setiap kandungan makanan

Walaupun sedang melakukan diet untuk jantung koroner bukan berarti Anda diperbolehkan mengonsumsi berbagai makanan. Anda tetap diperbolehkan makan asalkan dengan porsi yang aman. Contohnya ketika mengonsumsi jenis daging sebaiknya hindari bagian yang berlemak. Jika ingin makan protein, Anda tetap boleh makan ikan jenis apapun asalkan proses pengolahannya diperhatikan.

Pada dasarnya, diet untuk jantung koroner hampir sama dengan diet yang lainnya. Yang membedakan hanyalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh Anda konsumsi karena dapat memicu penyakit kambuh. Jika sudah mengikuti cara tersebut tetapi kondisi semakin parah, segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *