Ikuti 7 Aturan Diet Maag yang Aman Agar Tubuh Sehat dan Bugar

By

Sumbersehat.comDiet maag cocok bagi yang ingin melakukan proses penurunan berat badan tetapi takut asam lambung meningkat. Ketika maag kambuh, perut akan terasa perih dan melilit. Bahkan tidak sedikit yang menimbulkan efek mual dan muntah. Jika terjadi tentu hal ini sangat tidak nyaman.

Oleh sebab itu, diet menjadi salah satu hal yang cukup mengkhawatirkan bagi penderita maag. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak informasi mengenai menu diet penderita maag dan gangguan pencernaan. diet maag

Penderita Maag Diperbolehkan Melakukan Diet

Seperti yang kita ketahui, diet merupakan metode yang dilakukan untuk mengatur jumlah yang dikonsumsi. Selain itu, diet juga harus memilih makanan yang tepat. Bagi pederita maag masih diperbolehkan untuk diet, asalkan harus mematuhi beberapa aturan tertentu.

Dengan mengikuti pola makan yang teratur dan membuat menu makanan untuk penderita asam lambung dapat menjadi cara yang efektif. Anda juga harus secara teliti memperhatikan sistem diet seperti apa yang ingin anda jalani. Walaupun sedang diet, anda tetap harus makan dengan teratur untuk menghindari naiknya asam lambung.

Inilah Cara Diet Penderita Maag yang Tepat

Jika melakukan cara diet tersebut dengan benar, maka bukan hanya berat badan saja yang turun melainkan dapat mengurangi gejala maag. Berikut ini adalah beberapa cara diet maag yang dapat anda lakukan :

Makan Dengan Porsi Kecil Tapi Sering

Cara diet maag yang dapat anda lakukan pertama adalah dengan mengatur porsi makan dalam jumlah kecil tetapi dengan intensitas yang sering. Disarankan untuk makan sebanyak 5-6 kali setiap hari dengan porsi yang dibatasi. Hal ini harus dilakukan karena ketika makan maka asam lambung akan diproduksi.

Asam lambung ini yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan.  Jika anda makan dengan porsi banyak maka tubuh akan memproduksi asam lambung dalam jumlah yang banyak. Jika jumlah asam lambung berlebih maka akan menyebabkan iritasi pada lambung.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Resiko asam lambung dapat meningkat jika anda langsung tidur ketika selesai makan. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk makan maksimal tiga jam sebelum tidur. Anda juga diharuskan untuk tetap tegak beberapa setelah jam makan. Tujuannya supaya perut dapat memproses makanan dengan baik dan mencegah meningkatnya asam lambung.

Mengubah Cara Memasak

Diet maag yang satu ini terdengar aneh tapi cukup ampuh dilakukan. Karena makanan yang digoreng lebih mudah memicu naiknya asam lambung dan sulit dicerna sepenuhnya.

Makanan yang digoreng bisa lebih lama berada di dalam lambung. Jika ingin mengurangi resiko asam lambung dapat mencoba cara memasak seperti dikukus, direbus, atau dipanggang.

Konsumsi Makanan Sehat

Memilih makanan untuk maag gampang-gampang susah asalkan anda pandai dalam memilihnya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk lambung diantaranya, yaitu :

  • Sayuran

Jenis sayuran yang bisa anda gunakan seperti brokoli, asparagus, kacang hijau, dan seledri. Sayuran tersebut tergolong ke dalam sayuran yang memiliki kadar asam rendah sehingga aman untuk lambung. Jadi, konsumsi sayuran-sayuran tersebut saat Anda melakukan diet maag.

  • Sayuran akar

Jenis sayuran akar yang baik dikonsumsi seperti kentang, wortel, dan bit. Jenis sayuran akar tersebut tidak mengandung gas yang dapat mengakibatkan asam lambung naik, itu berarti baik untuk diet maag.

  • Oatmeal

Selain digunakan sebagai pengganti nasi, oatmeal juga memiliki kandungan rendah gula dan tinggi serat. Oatmeal dapat menjadi solusi makanan yang aman karena tidak meningkatkan asam lambung.

  • Nasi

Bagi masyarakat Indonesia pasti sulit rasanya jika tidak mengkonsumsi nasi. Oleh sebab itu, alternatif yang bisa anda gunakan berikutnya adalah beras merah. Banyak terdapat menu diet sehat yang bisa anda oleh dengan menggunakan beras merah.

  • Roti

Disarankan untuk menggunakan roti dari bahan gandum whole wheat atau whole grain yang belum diproses oleh serat. Sehingga roti gandum memiliki kandungan vitamin yang baik bagi lambung.

  • Daging, Unggas, dan Aneka Seafood

Kabar baik bagi yang ingin melakukan diet maag karena masih diperbolehkan untuk makan berbagai jenis daging. Anda dapat menikmati daging yang memiliki potongan rendah lemak.

  • Putih Telur

Kandungan yang dimiliki pada putih telur kaya akan kandungan protein dan rendah lemak. Hindari memakan kuning telur karena dapat memicu naiknya asam lambung.

  • Buah

Berbagai jenis buah baik untuk kesehatan, tetapi ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari untuk penderita maag. Contohnya seperti buah yang memiliki kandungan asam tinggi seperti tomat, jeruk, dan lemon.

Hindari Makanan yang Dapat Melukai Lambung

Setelah mengetahui jenis makanan yang dianjurkan untuk diet maag, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari. Diantaranya sebagai berikut :

  • Alkohol

Jika Anda sedang diet maag, maka jangan mencoba untuk mengkonsumsi alkohol. Karena alkohol sudah terbukti dapat membuat iritasi pada lambung.

  • Kafein

Anda yang sering mengkonsumsi kafein mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Dengan mengkonsumsi kopi, teh dan soda dapat meningkatkan produksi asam lambung.

  • Susu

Minuman yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik, tetapi bagi penderita asam lambung disarankan untuk mengurangi susu. Seperti dengan kafein, kandungan dalam susu dapat meningkatkan resiko asam lambung. Jadi, hindari susu ketika sedang diet maag.

  • Jenis daging tertentu

Walaupun anda masih diperbolehkan mengkonsumsi daging jenis apapun, tetapi daging yang dimakan harus dalam bentuk utuh. Hindari memakan daging yang sudah diolah dan memiliki kandungan lemak tinggi.

  • Makanan dengan lemak tinggi

Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan lemak tambahan karena dapat meningkatkan resiko asam lambung.

  • Makanan pedas

Jenis makanan yang satu ini sering disebut sebagai biangnya penyakit maag. Makanan yang dibuat dengan campuran cabai, merica, dan lada dapat meningkatkan produksi asam lambung.

  • Makanan asin

Makanan dengan rasa asin dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang tidak baik bagi lambung.

  • Cokelat

Bagi anda penggemar cokelat harus berbesar hati karena makanan ini dapat memicu meningkatnya asam lambung.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Anda harus rutin untuk meminum air putih sebanyak 1-3 gelas saat bangun tidur, sebelum makan, dan sebelum tidur. Dengan kebutuhan air putih yang tercukupi akan membantu organ pada tubuh untuk bekerja secara optimal.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan diet maag tanpa diimbangi dengan olahraga rasanya percuma. Olahraga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan dengan mudah, murah, cepat, dan efektif. Tetapi sebelum berolahraga sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter. Bagi penderita maag terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan.

Khususnya olahraga yang memiliki intensitas tinggi yang dapat meningkatkan gejala asam lambung.  Sebaiknya anda mulailah dengan berolahraga yang ringan seperti berjalan, berlari kecil, yoga, atau berenang. Lakukan olahraga ini secara rutin selama 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit. Segera kunjungi dokter jika anda tetap merasakan maag walaupun sudah melakukan diet secara aman.

Karena dikhawatirkan terdapat indikasi penyakit tertentu yang berbahaya untuk kesehatan. Demikian informasi mengenai cara diet maag yang aman  dan beberapa jenis makanan untuk maag. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa khawatir perut terasa perih.

Tinggalkan komentar