Asam Urat? Lawan Dengan Diet Penyakit Asam Urat Ini!

By

Sumbersehat.com – Diet penyakit asam urat bisa meringankan atau bahkan meredakan gejala asam urat yang anda alami. Usia yang semakin bertambah, asupan yang dicerna dalam tubuh seringkali tidak seimbang. Bahkan usia senja seringkali merasakan rasa sakit yang biasa di sekitar tulang atau sendi, termasuk asam urat.

Dalam dunia kesehatan, diet bukanlah hal yang mengerikan. Cara ini ampuh untuk membuat tubuh sehat dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang seimbang. Usia remaja ataupun dewasa bisa saja terkena penyakit ini. Daripada harus merasakan sakitnya, cegah dengan konsumsi menu diet penyakit asam urat ini!diet penyakit asam urat

Mengapa harus mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat?

Penyakit asam urat ini, apabila disepelekan maka akan berakibat fatal. Si penderita akan mengalami rasa sakit kram dan bahkan berwarna kemerahan pada sendinya. Hal ini terjadi, karena pola makan terlalu banyak mengandung purin, serta gaya hidup yang kurang sehat. Untuk menghindarinya, coba ganti makanan anda dengan menu diet asam urat selengkapnya di bawah ini!

Mengapa bisa terjadi asam urat?

Penyakit asam urat bisa terjadi disebabkan karena adanya kadar asam yang tinggi di dalam darah. Asam urat tersebut ketika di produksi oleh tubuh dan di proses, maka akan menjadi purin. Purin ini berperan penting jika kadarnya sesuai untuk tubuh. Namun, bagaimana jika purin masuk dan bertambah menjadi tak sehat karena asupan makanan kita? Anda perlu melakukan diet penyakit asam urat.

Purin ini dapat ditemukan alami dalam tubuh atau bisa ditemukan di dalam suatu makanan tertentu. Seperti seafood, makanan mengandung gula dan kalori tinggi. Apabila hal ini terjadi, asam urat akan menumpuk di dalam tubuh dan perlahan berbentuk kristal dalam sendi. Ini dapat menyebabkan nyeri dan bahkan pembengkakan pada otot atau sendi.

Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol pola makan dengan menu diet asam urat. Kristal yang terjadi karena penumpukan asam urat ini, tidak hanya di daerah sendi saja, seperti di pergelangan kaki, tangan, lutut, dan lain-lain. Namun, pembengkakan ini bisa terbentuk di daerah lainnya seperti ginjal dan saluran kemih. Cobalah untuk mulai mengaplikasikan diet penyakit asam urat agar penyakit tersebut perlahan sembuh.

Makanan dan Minuman Yang Perlu Dikonsumsi Penyakit Asam Urat

Tubuh memerlukan asupan yang baik dan seimbang, salah satunya dengan menu 4 sehat 5 sempurna. Diet seperti biasanya, sebenarnya sama dengan diet penyakit asam urat, hanya ada perbedaan sedikit dalam konsumsi makanan yang perlu di cerna.

Anda perlu tahu pantangan penyakit asam urat yang berarti tidak boleh konsumsi makanan tersebut saat penyakit anda kambuh. Salah satu pantangan makanan asam urat adalah makanan mengandung kadar purin tinggi. Sedangkan pantangan lainnya, simak menu diet asam urat di bawah ini!

Konsumsi Makanan Rendah Purin dan Kalori

Untuk menghindari penyakit ini, batasi kadar purin dalam tubuh sekitar 100-1500 mg per harinya. Sehingga penumpukan purin tidak terjadi dalam bagian tubuh Anda. Contoh makanan rendah purin, misalnya roti gandum, olahan susu seperti yoghurt, kacang-kacangan, kentang, dan lain-lain.

Sangat penting sekali makanan ini masuk dalam diet penyakit asam urat, karena dapat menekan angka purin dalam tubuh Anda. Mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan biji-bijian sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat.

Karena hal ini mampu memicu pengeluaran asam urat melalui urine. Pastikan pula mengonsumsi kalori sesuai kebutuhan tubuh. Peneliti menunjukkan bahwa kalori yang diseimbangi dengan penurunan berat badan dapat mengurangi risiko asam urat.

Makanan Rendah Protein dan Lemak

Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah protein dan lemak. Mengapa? Biasanya kadar asam urat ini akan meningkat jika protein tersebut berasal dari hewan, misalnya daging, sarden, makarel, dan lain-lain. Sebaiknya, penderita ini hanya mengonsumsi protein sebanyak 50-70 gr per hari. Sumber protein yang disarankan yaitu protein nabati seperti telur, keju, dan susu.

Menu diet asam urat yang tepat lainnya juga perlu diperhatikan dalam mengonsumsi makanan mengandung lemak. Lemak dapat menghambat pengeluaran zat asam urat melalui urine. Makanan bersantan, berminyak, dan digoreng sebaiknya dihindari. Dan konsumsi lemak sebaiknya hanya sebanyak 15 persen dari total kalori yang dikonsumsi.

Konsumsi Cairan Tinggi Dalam Tubuh

Air mineral sangat berperan penting dalam tubuh dan juga termasuk dalam menu diet penyakit asam urat. Air yang didapatkan dari sumber mata air alami ini mengandung mineral yang kaya akan kalsium, magnesium, dan natrium. Selain menguatkan tulang dan otot, air mineral bisa membantu membuang asam urat melalui urin.

Penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi air mineral sebanyak 2,5 liter per hari. Namun, bisa juga didapatkan dari teh, susu rendah lemak (low fat) atau kopi. Selain minuman, penyakit asam urat bisa memperoleh cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air.

Buah-buahan seperti itu adalah semangka, melon, blewah, nanas, jambu air, dan sebagainya. Selain hanya mengandung cairan, bisa mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat. Anda bisa konsumsi secara bergantian agar tidak bosan.

Kurangi makanan junk food (siap saji)

Bagi penderita penyakit asam urat, diharapkan jangan terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji, apalagi belum tahu benar kandungan gizinya. Makanan siap saji atau dalam kemasan biasanya mengandung asam arakidonat yang cukup tinggi. Sehingga asam ini ketika di dalam tubuh menjadi senyawa yang kuat dan dapat menyebabkan peradangan. Nantinya, diet penyakit asam urat ini akan mudah berhasil dan memuaskan.

Pola Olahraga Untuk Asam Urat

Selain melakukan diet penyakit asam urat, tubuh memerlukan olahraga agar tetap bugar dan sehat. Olahraga diikuti dengan pola makan sehat dapat menurunkan berat badan dan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Olahraga aman untuk penderita asam urat adalah tidak membebani kerja sendi, sehingga sendi tidak terlalu nyeri. Beberapa olahraga ini yang aman untuk penderita penyakit asam urat :

  1. Berenang;
  2. Bersepeda ;
  3. Berjalan kaki;
  4. Melakukan peregangan otot;
  5. Yoga;
  6. Taichi, dan
  7. Kardio

Untuk melakukan olahraga tersebut, usahakan sempatkan waktu 10-15 menit untuk melakukannya. Jangan lupa untuk selalu membuat tubuh rileks. Tidur yang kurang teratur pun dapat menyebabkan asam urat. Diet penyakit asam urat ini jika dilakukan dengan benar, maka akan mendapat hasil memuaskan.

Panduan Menu Diet Asam Urat

Agar penyakit asam urat perlahan menghilang, Anda perlu melakukan diet penyakit asam urat. Berikut menu diet asam urat yang bisa dijadikan referensi Anda sehari-hari :

  • Sarapan : nasi, roti, dan susu (low fat)
  • Makan siang : sayur oyong, 1 buah semangka, air putih
  • Camilan : 1 gelas yoghurt
  • Makan malam : kentang rebus, 1 cangkir teh, kue kering.

Nah, itulah tips diet penyakit asam urat yang bisa Anda lakukan secara pelan dan bertahap. Untuk hasil maksimal, usahakan seimbangi dengan pola makan dan olahraga dengan contoh menu diet asam urat seperti diatas. Penyakit seperti ini, tidak bisa Anda biarkan sepele.

Anda bisa saja mendadak merasakan sakit yang luar biasa dan sukar untuk berjalan bahkan mengalami pembengkakan. Jika terjadi seperti itu, segeralah lakukan pola hidup sehat dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Tinggalkan komentar