Apa Pentingnya Asuransi Kesehatan? Simak Ulasan Lengkapnya!

sumbersehat.com – Apa pentingnya asuransi kesehatan? Hal ini seringkali terlintas di benak setiap masyarakat Indonesia, termasuk anda. Kebanyakan menganggap bahwa asuransi kesehatan kurang dibutuhkan di era sekarang. Ada pula yang enggan mengurus asuransi kesehatan karena sulitnya cara pembuatan dan pengumpulan berbagai berkas sebagai persyaratan. Stigma inilah yang terus melekat selama bertahun-tahun oleh masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, apakah memang benar bahwa pembuatan asuransi kesehatan cukup sulit? Nyatanya tidak. Bila anda mengikuti prosedur pada tiap asuransi sesuai dengan ketentuan dan mencukupi setiap berkas yang diminta, maka pembuatan asuransi kesehatan tidak akan memakan waktu yang lama. Bagi anda yang masih bimbang, perlukah asuransi kesehatan? Maka anda perlu menyediakan sedikit waktu untuk membaca ulasan di bawah ini.

apa pentingnya asuransi kesehatan

Pengertian Asuransi Kesehatan

Untuk menjawab pertanyaan apa pentingnya asuransi kesehatan, sangat disarankan bagi anda untuk memahami dengan benar apa itu asuransi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyak orang seringkali gagal mengartikan sebuah asuransi kesehatan. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa asuransi kesehatan hanyalah jaminan biasa dan belum tentu pencairannya. 

Pengertian asuransi kesehatan adalah sebuah produk atau layanan yang secara khusus memberikan anda jaminan dalam kesehatan dan perawatan sesuai dengan asuransi yang anda pilih dan bayarkan. Secara sederhana, asuransi kesehatan adalah sebuah tabungan atau investasi yang akan anda dapatkan dari menyisihkan uang (melakukan pembayaran iuran) sesuai dengan perawatan yang ingin anda dapatkan. 

Sehingga, sebuah asuransi kesehatan sangat layak dimiliki a, apapun profesi anda, seorang pekerja sampai pelajar yang melakukan banyak mobilitas. Sementara itu, asuransi kesehatan sendiri dibagi menjadi 2 jenis. Pertama, asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan. Baca juga Mengulik Rating 2 Survei Gaya Hidup Sehat Di Indonesia.

Apa Pentingnya Asuransi Kesehatan? Inilah Penjelasannya

Adapun pentingnya asuransi kesehatan bagi kehidupan kita adalah:

Biaya kesehatan

Tahukah anda bahwa biaya kesehatan masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan? Sehingga, bila anda tidak memiliki rancangan untuk memiliki asuransi kesehatan, maka akan begitu berat untuk kedepannya. Mengingat kondisi perekonomian di Indonesia yang kini kurang stabil untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti wirausaha sampai pekerja kantoran.

Jadi, apa pentingnya asuransi kesehatan? Yakni untuk meringankan beban finansial anda, dengan cara membuka salah satu asuransi dari layanan kesehatan yang ada di Indonesia. Lagipula, tidak ada yang salah untuk berjaga-jaga sebelum penyakit terlanjur tiba. 

Tindakan pencegahan

Apa pentingnya asuransi kesehatan? Maka otomatis kebanyakan orang akan menjawab sebagai pencegahan. Memang tak sepenuhnya disalahkan, tetapi jauh lebih dalam bahwa asuransi khususnya kesehatan memiliki peranan tak hanya dalam pencegahan penyakit, tetapi pencegahan pengeluaran dana tak terduga padahal keuangan sedang kurang stabil.

Akan sangat berbahaya bila gangguan kesehatan yang tak pernah kita ketahui kapan datangnya, ternyata menimpa orang-orang penting atau bahkan seorang tulang punggung keluarga. Sehingga, ada baiknya untuk mulai memikirkan sebuah tindakan pencegahan dengan membuka asuransi kesehatan.

Adanya riwayat atau keturunan

Tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mempunyai riwayat penyakit berbahaya seperti diabetes sampai kanker, yang mungkin saja menyerang keturunannya. Hal ini tidak dapat dipungkiri melihat banyaknya penyakit turunan yang merenggut nyawa apabila tidak ditangani dengan tepat. 

Bila anda menyadari adanya riwayat penyakit serius dari orang tua sampai kakek dan nenek anda, maka ada baiknya untuk membuka asuransi. Hal ini dimaksudkan apabila sewaktu-waktu anda mengalami penyakit yang sama maka asuransi pun sudah siap untuk membantu anda. Tentunya asuransi memberikan anda perawatan terbaik dengan harga yang terjangkau. Karena itu, jangan tanya lagi apa pentingnya asuransi kesehatan.

Gaya hidup

Apa pentingnya asuransi kesehatan? Bagi anda seorang perokok, pecandu makanan cepat saji, sampai pecinta minuman alkohol, maka hal ini tidak perlu ditanyakan lagi. Asuransi kesehatan begitu penting bagi hidup anda! Bahkan ketika anda telah meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Namun, kerusakan pada beberapa organ tubuh tak bisa lagi dihindarkan.

Berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, bronchitis, atau mungkin gagal ginjal, akan menghantui anda. Maka dari itu, ketika menyadari adanya kesalahan pola hidup pada diri anda walaupun di masa lalu, ada baiknya untuk mengikuti sebuah asuransi kesehatan yang dapat menolong anda kapanpun dan dimanapun.

Sebagai asset 

Jawaban atas apa pentingnya asuransi kesehatan yang terakhir adalah sebagai sebuah asset. Kesehatan adalah sebuah asset yang harus anda jaga dengan baik. Tak perlu menunggu penyakit datang menyerang tubuh anda, baru anda membuat asuransi kesehatan. Perlunya memelihara asset kesehatan dengan mengikuti asuransi kesehatan adalah pilihan yang tepat.

Ketika anda mulai mendapatkan pekerjaan dan gaji tetap, sebaiknya bekali diri sendiri dengan menggunakan asuransi kesehatan. Hal ini sama seperti pepatah yang mengatakan “Sedia payung sebelum hujan”.

Macam Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui apa pentingnya asuransi kesehatan, anda juga perlu mengetahui beberapa macam asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Hal ini agar anda dapat memilih asuransi kesehatan secara tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut terdapat 3 macam asuransi kesehatan di Indonesia.

1. Asuransi kesehatan berdasarkan lembaga penyelenggara:

Pemerintah

Pertama, asuransi kesehatan disediakan oleh pemerintah sebagai bentuk kesejahteraan yang didapatkan setiap masyarakat Indonesia secara merata. Beberapa contoh asuransi kesehatan yang diberikan oleh pemerintah adalah KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan BPJS kesehatan.

Swasta

Kedua, tak hanya pemerintah yang membantu seluruh rakyat untuk mendapatkan hak dalam memperoleh tunjangan kesehatan, melainkan pihak swasta juga menyediakan berbagai layanan asuransi. Beberapa badan swasta yang menyelenggarakan asuransi kesehatan adalah Manulife, Cigna, Asuransi Kesehatan AXA, dan masih banyak lagi.

2. Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan yang dipilih:

Rawat jalan

Selanjutnya, layanan dalam sebuah asuransi kesehatan juga dibagi menjadi rawat jalan dan rawat inap. Rawat jalan adalah sebuah layanan asuransi yang mencakup pengecekan secara medis, diagnosis resmi dari dokter, cek lab, dan beberapa biaya lain di luar biaya opname.

Rawat inap

Sementara itu, perawatan inap adalah sebuah layanan asuransi yang memberikan fasilitas mulai dari pengecekan sampai sampai perawatan yang berupa menginap di rumah sakit atau opname. Dua fasilitas ini tentu menjawab apa pentingnya asuransi kesehatan bagi penggunanya.

3. Asuransi kesehatan berdasarkan pengguna yang ditanggung:

Kelompok

Asuransi kesehatan juga dibedakan menjadi asuransi yang ditanggung oleh kelompok maupun personal. Bila anda menggunakan asuransi kesehatan yang ditanggung oleh kelompok, maka asuransi ini memberikan perlindungan atau jaminan kepada sebuah kelompok tertentu seperti keluarga atau perusahaan.

Personal

Terakhir, asuransi kesehatan juga dibedakan menjadi asuransi kesehatan yang ditanggung perorangan. Artinya layanan asuransi ini diberikan oleh perorangan atau personal, dan jaminan perlindungan yang diberikan sebatas pada orang ini saja. 

Nah, beberapa poin penting yang diulas di atas menjadi jawaban bagi setiap anda yang masih sering menanyakan apa pentingnya asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dapat anda gunakan sebagai sebuah jaminan atau perlindungan bagi diri anda sendiri maupun orang-orang yang anda sayangi. Melihat berbagai situasi yang tak menentu, mulai dari pandemi sampai ketidakseimbangan dalam perekonomian, memiliki asuransi kesehatan menjadi pilihan tepat. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *