Ada 4 Macam Aneka Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

By

Ada 4 Macam Aneka Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan – Diet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh dengan berat badan yang ideal. Berbagai cara dilakukan orang untuk menjalankan program diet, mulai dari mengkonsumsi obat diet berbahan kimia maupun herbal, hingga menahan rasa lapar. Kebanyakan orang yang tidak paham akan menerapkan diet yang salah yang pada akhirnya membawa efek samping yang merugikan seperti badan terasa lemas, tidak bisa berkonsentrasi, dan akhirnya jatuh sakit.

Aneka Diet Sehat

Diet Paleo

Diet Paleo dikenal juga dengan istilah Diet Manusia Gua (The Caveman Diet). diet ini mengadaptasi pola makan manusia gua di jaman dulu yang hanya mengkonsumsi sayur, buah, dan daging-dagingan. Penggagas diet ini percaya bahwa tubuh manusia diprogram hanya untuk mencerna makanan alami, dan cara pengolahan makanan di masa sekarang telah mengakibatkan tubuh mengalami obesitas dan berbagai penyakit metabolis.

diet sehat
diet sehat

Dalam menjalankan diet sehat ini, pelaku diet tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang telah dikemas atau diolah melalui pabrik. Terdapat larangan juga untuk mengkonsumsi susu hewani dan produk yang terbuat dari susu, gandum, oat, kacang tanah, kentang, gula, garam dan makanan olahan yang mengandung garam, serta minyak yang telah melalui berbagai proses seperti minyak canola. Pelaku diet bebas mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran alami serta daging tanpa lemak tanpa perlu menghitung porsinya karena kalori yang dihasilkan tidak akan berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

Diet Mediterania

Diet ini diadaptasi dari pola makan penduduk berasal dari negara-negara yang letaknya di sekitar laut Mediterania. Diet Mediterania sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan dan keberhasilannya dalam proses penurunan berat badan. Sebagian besar menu yang dipakai pada diet ini berfokus pada konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh, dan lemak sehat seperti minyak zaitun.

Dalam diet sehat ini, pelaku harus mengkonsumsi sayur dan buah sekitar lima hingga delapan porsi setiap hari dengan ukuran setiap porsinya setara dengan setengah piring. Roti gandum dan sereal serta pasta yang terbuat dari biji-bijian utuh juga merupakan bagian dari menu diet. Jauhi makanan yang dimasak dengan menggunakan lemak trans atau lemak jenuh seperti mentega, margarin atau minyak goreng. Sebagai gantinya gunakan minyak zaitun.

Konsumsi protein dua kali dalam seminggu sangat dianjurkan. Pelaku diet bisa memperoleh protein dari ikan laut seperti tuna dan salmon. Variasi juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daging ayam tanpa lemak, bagian yang paling baik adalah dada ayam tanpa kulit karena kaya akan protein namun sangat rendah lemak. Yang perlu diingat adalah saat mengolahnya lebih baik dengan mengukus, merebus, ataupun memanggangnya. Bila ingin ngemil, maka pilihlah buah segar atau kacang yang direbus tanpa garam. Jangan lupa untuk minum air putih minimal dua liter sehari serta meminum susu atau yoghurt rendah lemak.

Diet Alkali

Diet sehat Alkali didasarkan pada pengetahuan bahwa tubuh manusia pada umumnya memiliki pH antara 7,35-7,45 (basa). Namun pola hidup yang tidak sehat serta gangguan kesehatan menyebabkan pH tubuh berubah menjadi asam dan akibatnya tubuh mengalami ketidakseimbangan pH. Diet ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan pH di dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa.

Makanan yang dikonsumsi oleh pelaku diet alkali adalah makanan yang bersifat basa, sebagian besar adalah sayur dan buah-buahan. Pelaku diet dapat mengkonsumsi buah segar, atau jus buah tanpa pemanis, buah-buahan kering seperti kismis, segala macam jenis sayur terutama bayam, dan kentang. Kebutuhan akan protein bisa diperoleh dari makanan olahan kedelai terutama tahu, biji-bijian, dan sebagian besar kacang-kacangan. Meminum air putih minimal dua liter sehari adalah suatu keharusan agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Pelaku diet sehat alkali harus menghindari makanan yang berasal dari hewani seperti daging, terutama daging olahan, ikan, unggas, susu dan produk olahan susu seperti keju, mentega, dan yoghurt, serta menghindari telur. Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih dan roti putih sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Jauhi alkohol dan makanan serta minuman yang mengandung gula ataupun pemanis buatan. Kacang tanah dan kacang kenari juga termasuk makanan yang dihindari karena kedua jenis kacang ini bersifat asam.

Diet Golongan Darah

Sesuai dengan namanya, diet ini menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dan jenis olahraga yang sesuai dengan golongan darah seseorang. Diet ini didasarkan atas hasil penelitian bahwa setiap golongan darah mempunyai kemampuan yang berbeda dalam mencerna kandungan lektin di dalam tubuh. Ketidaksesuaian kandungan lektin makanan yang dimakan dengan golongan darah akan menimbulkan masalah kesehatan seperti perut kembung, peradangan, metabolisme melambat, hingga tumbuhnya sel kanker.

Pelaku diet sehat dengan golongan darah O sangat disarankan untuk memakan makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Mereka bisa mengkonsumsi daging ayam tanpa lemak, udang, ikan, kepiting, aneka sayuran seperti brokoli dan bayam, buah-buahan seperti jeruk dan pisang, serta minyak zaitun. Hindari kacang-kacangan dan polong-polongan, beras, jagung, gandum, susu dan produk olahannya. Imbangi dengan olahraga rutin yang memiliki intensitas rendah hingga berat seperti jogging, aerobik, dan bersepeda.

Golongan darah B memiliki sistem pencernaan yang lebih toleran sehingga pelaku diet dapat mengkonsumsi sedikit daging dan susu serta produk olahannya. Akan tetapi dia harus menghindari konsumsi gandum, jagung, dan kacang-kacangan.  Sayuran yang dapat dikonsumsi sehari-hari adalah brokoli, sawi, buncis, dan labu. Sedangkan menu buah untuk diet dapat dipilih melon, kurma, pir, dan jambu biji. Lakukan olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerak dan hentakan.

Golongan darah A melakukan Diet sehat dengan mengkonsumsi makanan dari produk nabati. Golongan darah A tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging karena metabolismenya cukup rendah dan mempunyai potensi meningkatkan stress. Untuk asupan kalori, pelaku diet bisa mendapatkan nya dari roti gandum sedang protein bisa didapat dari kacang-kacangan, tahu, tempe, dan biji-bijian Sayuran yang cocok untuk golongan darah ini adalah bayam, wortel dan buncis. Konsumsi buah-buahan seperti kiwi, kurma, stroberi, dan delima. Lakukan olahraga rutin seperti fleksibilitas dan yoga.

Menghindari daging dan susu serta produk olahannya adalah cara diet untuk golongan darah AB karena pencernaan mereka yang cukup sensitif. Makanan yang baik untuk pelaku diet dengan golongan darah ini adalah ikan tuna, sarden, tahu, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai brokoli, dan seledri. Hindari hazelnut, biji labu, biji bunga matahari, dan wijen. Lakukan olahraga fleksibilitas, yoga, dan pernafasan.

Demikianlah beberapa diet sehat yang bisa anda pilih. Saat melaksanakan diet, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan minum air putih minimal dua liter sehari untuk menghindari tubuh dari kekurangan cairan. Sebelum melaksanakan program, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui diet yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Tinggalkan komentar