Anda Vegetarian? Hati-Hati! Ini Dia 13 Manfaat Sayur Kol dan Bahayanya Yang Wajib Diketahui

Apakah Vegetarian? Hati-Hati! ini Dia 13 Manfaat Sayur Kol dan Bahayanya Yang Wajib Diketahui – Bagi masyarakat Indonesia, mungkin tidak asing lagi dengan salah satu sayuran yang tumbuh di wilayah dataran tinggi ini, sayur kol atau yang biasa disebut dengan kubis. Yaps. Salah satu sayuran yang menjadi favorit banyak orang untuk dimasak menjadi sup, salad, tambahan mie dan lain sebagainya. Bagi seorang vegetarian sayur kol ialah salah satu sayuran yang menjadi favoritnya untuk dimakan bersama tomat, kacang panjang, bayam dan lainnya. Tapi tahukah Anda mengenai manfaat sayur kol dan bahayanya sekaligus?

Sayur kol atua kubis memiliki kandungan berbagai serat, vitamin dan nutrisi lainnya yang mudha dicerna oleh tubuh. Bila dimasak dnegan cara yang salah maka kandungan tersebut akan berubah menjadi zat yang beracun dan menjadi pemicu terjadinya penyakit. Selain itu juga bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka yang terjadi juga akan sangat membahayakan untuk kesehatan.

manfaat sayur kol dan bahayanya
manfaat sayur kol dan bahayanya

Oleh karena itulah, beirkut ini akan dijelaskan mengenai manfaat sayur kol dan bahayanya:

Sayur Kol Bermanfaat Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sayur kol mengandung vitamin C yang dapat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Zat antioksidan yang terkandung pada sayur kol bermanfaat sebagai detoksifikasi alami yang membuang racun-racun. Sehingga aliran darh menjaid lancar dan bersih.

Sayur Kol Berkhasiat Untuk Mengobati Peradangan Dan Infeksi

Kandungan sulfurdan glutamin yang terdapat pada manfaat sayur kol dan bahayanya bersifat antiinflamasi. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk mengobati iritasi, nyeri otot, nyeri sendri, dan infeksi yang disebabkan oleh mikroba.

Sayur Kol Berfungsi Untuk Meningkatkan Kesehatan Pada Saluran Pencernaan

Kondisi kesehatan pada saluran pencernaan harus dijaga dengan baik agar tetap sehat. Apabila saluran pencernaan memiliki masalah, maka kondisi tubuh juga akan mengalami beberapa masalah. Sayur kol memiliki kandungan serta yang tinggi dan baik untuk kesehatan pada saluran pencernaan. Selain itu juga vitamin dan beberapa zat lainnya bermanfaat untuk meningkatkan pergerakan usus menjadi lebih baik.

Sayur Kol Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur kol atau yang biasa disebut dengan kubis ini merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat sayur kol dan bahayanya dari kandungan polifenol yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL pada aliran darah. Sehingga resiko penyakit kardiovaskular ada jantung akan menurun.

Berkhasiat Untuk Mengontrol Tekanan Darah Menjadi Lebih Teratur

Kandungan antosianin pada sayur kol membuat arteri menjadi lebih lentur sehingga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Sayur Kol Berkhasiat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang meurpakan salah satu hal yang begitu penting untuk tubuh. Tulang berfungsi sebagai penyokong struktur anggota tubuh, untuk bergerak serta melindungi organ-organ yang lunak. Ada juga manfaat sayur kol dan bahayanya untuk ini.

Oleh karena itu kesehatan tulang harus dijaga dnegan baik. Kandungan kalsium, magnesium dan mineral pada sayur kol berkhasiat untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi kol maka, Anda akan terhindar dari osteoporosis.

Meningkatkan Kesehatan Otak Dan Mencegah Kanker

Otak  merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga dnegan baik. Apabila otak tidak dapat bekerja secara optimal, maka kinerja anggota tubuh lainnya pun juga tidak akan membaik. Oleh karena itu, otak membutuhkan mineral yodium, antosianin dan vitamin K agar sistem kerja saraf dan konsentrasi bekerja dengan baik. Nah, tentu saja, manfaat sayur kol dan bahayanya juga berlaku.

Kandungan mineral dan vitamin ini bisa Anda dapatkan pada sayur kol. Dengan mengonsumsi sayur kol secara rutin dan teratur, maka akan terhindar dari penyakit Alzheimer dan gangguan saraf lainnya. Kandungan Glukosinolat tinggi yang bersifat antikarsinogenik, berfungsi untuk menghancurkan zat radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah tumor.

Sayur Kol Mencegah Katarak

Kandungan beta-karoten dari vitamin A pada manfaat sayur kol dan bahayanya sangat baik untuk penglihatan dan mencegah kerusakan pada mata. Dengan mengonsumsi sayur kol maka kesehatan mata Anda akan terjaga.

Sayur Kol Dapat Merawat Kulit Dan Wajah

Selain berkhasiat untuk organ tubuh dan mencegah peradangan, sayur kol juga berkhasiat untuk merawat kulit dan wajah. Kandungan antioksidan, antosianin dan sulfur berperan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mencegah terjadinya penuaan dini, kerutan, jerawat dan munculnya flek-flek hitam pada wajah.

Sayur Kol Berkhasiat Untuk Merawat Rambut

Selain menjaga kesehatan kulit dan kecantikan pada wajah manfaat sayur kol dan bahayanya untuk menjaga kesehatan rambut. Membuatnya menjadi lebih berkilau, halus, mengatasi rambut kering, mencegah rontok serta menjaganya agar tetap sehat.

Kandungan antioksidannya berkhasiat untuk membantu pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa menggunakan jus kubis kemudian menjadikannya sebagai masker.

Setekah membaca paparan dari manfaat sayur kol, perludiketahui bahwa sayur kol juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan, bila dikonsumsi secara berlebihan dan cara memasaknya yang keliru. Untuk memperoileh khasiatnya maka, antara manfaat sayur kol dan bahayanya harus lebih banyak manfaatnya. Oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati untuk mengonsumsi sayur kol.

Sayur Kol Memiliki Kandungan Gas Yang Tinggi

Sayur kol merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat yang cukup tinggi dan mengakibatkan Anda sering bersendawa dan terasa kembung saat mengonsumsinya.

Sayur Kol Akan Membuat Anda Mengalami Gangguan Tiroid

Manfaat sayur kol dan bahayanya ini terjadi apabila Anda mengonsumsi sayur kol secara berlebihan, sepanjang hari. Diakibatkan oleh kekurangan yodium pada tubuh maka akan mengalami gangguan tiroid contohnya seperti hipertiroidisme.

 Menimbulkan Masalah Pencernaan Dan Gula Darah

Terlalu banyak mengonsumsi sayur kol, maka resiko penyebab gangguan pencernaan seperti diare semakin besar. Nah, apalagi bila Anda memilki sindrom usus, maka Anda wajib menghindari sayuran ini. Kandungan gula pada sayur kol akan berubah menjadi penyebab penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan dikonsumsi secara berlebihan dan cara masak yang keliru. Oleh karena itulah, Anda harus lebih berhati-hati untuk mengonsumsinya.

Dari paparan mengenai manfaat sayur kol dan bahayanya, perlu diketahui juga bahwa bahaya tersbeut tidak akan terjadi apabila Anda mengonsumsinya dengan benar dan cara memaksa yang benar. Tapi meski begitu, beberapa orang yang menderita penyakit tertentu dan ibu hamil harus menjauhi sayur kol ini. Kandungan gasnya yang berlebihan akan membuat terganggunya saluran pencernaan yang mana akan mengganggunya dengan kesehatan janin.

Simak artikel lainnya disini.  

Oleh karena itulah, ibu hamil harus menghindari sayuran ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengonsumsi sayur kol atau yang bisa disebut dnegan kubis ini, harus dikonsumsi mentah atau dengan direbus. Sebab bila sayur kol digoreng, maka kandungan yang terdapat padanya akan menghilang dan akan menjadi pemicu penyakit.

Jadi, kesimpulan dari pembahasan manfaat sayur kol dan bahayanya bahwa setiap sayuran memiliki manfaatnya tersendiri bila dikonsumsi dengan cara yang benar. Sedangkan bila terjadi kekeliruandalam mengonsumsinya maupun memasak, maka berbagai penyakit akan menyerang Anda. Sehat dan tidaknya tubuh kita tergantung dengan kita sendiri. Maka, berhati-hatilah.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *