8 Cara Mengatasi Anak Masuk Angin Muntah dengan Mudah & Faktor Penyebabnya

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Melainkan juga bisa terjadi pada anak-anak bahkan balita. Anak masuk angin muntah, bisanya ditandai beberapa gejala seperti demam, mual, dan keringat dingin.

Meskipun yang berkembang di masyarakat penyakit ini disebut masuk angin, namun dalam hal medis istilah masuk ingin itu sendiri tidak ada. Menurut medis masuk angin adalah gejala awal dari suatu penyakit yang berhubungan dengan pernafasan atau pencernaan.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena anak masuk angin muntah dapat sembuh dengan sendirinya tanpa ada pengobatan apapun selagi dalam kondisi yang prima serta mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan gizi yang cukup.

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak masuk angin muntah? Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meredakan masuk angin pada si kecil mulai dari memberikan obat kimia hingga memberikan obat herbal.

Penyebab Anak Masuk Angin Muntah

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi anak masuk angin muntah, sebaiknya anda ketahui apa saja penyebab terjadinya si kecil masuk angin hingga terjadi muntah. Berikut ini penjelasannya :

Hingga saat ini tidak ada penjelasan penyebab terjadinya masuk angin dalam medis. Secara tidak mungkin tiba-tiba angin masuk dan terperangkap dalam tubuh. Penjelasan masuk angin dalam medis adalah gejala awal dari suatu penyakit yang berhubungan dengan pernafasan atau pencernaan lebih sering disebut flu.

Gejalah Anak Masuk Angin Muntah

Terdapat beberapa gejala yang diartikan sebagai gejala terserangnya masuk angin. Gejala masuk angin satu orang dengan lainnya bisa berbeda dan bervariasi. Akan tetapi, gejala masuk angin yang sering dikeluhkan sebagai berikut :

  • Kembung
  • Nafsu makan menurun
  • Sering buang gas (kentut)
  • Sering bersendawa
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Menggigil
  • Mual dan muntah
  • Keringat dingin
  • Pilek
  • Dan sebagainya

Jika anak Anda mengalami salah satu dari beberapa gejala di atas, maka segeralah lakukan penganganan sejak dini. Karena memang sudah dapat dipastikan anak akan mengalami muntah-muntah. Penanganan paling cepat adalah dengan memberikan anak minum air hangat atau makanan yang segar-segar seperti buah.

Cara Mengatasi Anak Masuk Angin Muntah

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan gejala terjadinya anak masuk angin muntah. Sekarang kita bahas cara menyembuhkan masuk angin pada anak, simak dengan baik agar bisa menyerapkan dengan baik pada si kecil. Berikut ini ;

1. Berikan air putih yang banyak

Anak masuk angin muntah lebih sering disebabkan karena dihidrasi. Terlebih lagi volumen muntah yang dikeluarkan cukup banyak, jadi pastikan anda memberikan anak air putih dengan cukup setiap harinya.

2. Oleskan minyak telon

Cara praktis yang bisa anda lakukan kedua adalah dengan mengoleskan minyak telon ke perut dan punggung si kecil. Minyak telon sendiri terbuat dari bahan alami dari alam yang bisa memberikan hangat pada tubuh, berikan minyak telon pada si kecil ketika masuk angin menyerang.

3. Berikan pijatan

Bagi anak yang lebih kecil atau masih dalam ketegori balita jika terserang masuk angin. Anda bisa memberikan pijatan di sekitar perutnya, biasanya anak masuk angin muntah terjadi karena adanya ketidakberesan di saluran pencernaan. Untuk itu, berikan pijatan pada sekitar perut dan punggung untuk memberikan efek nyaman.

4. Berikan sup ayam hangat

Iya, rekomendasi para dokter anak untuk memberikan sup ayam hangat pada si kecil jika terserang masuk angin sudah sering kita dengar. Untuk itu, berikan si kecil sup ayam hangat untuk mengembalikan staminanya.

5. Berikan makan lebih sering namun sedikit

Jika anak masuk angin muntah, anda perlu memberikan makanan secara perlahan. Ingat pada saat si kecil terserang penyakit ini jangan memberikan makan dalam porsi besar, lebih baik porsi kecil namun lebih sering.

6. Berikan aromaterapi

Cara ini juga sering dilakukan oleh para ibu jika si anak masuk angin. Untuk si kecil, anda bisa memberikan aromaterapi dikamar agar bisa dihirup lebih sering. Tipsnya, pilih aromaterapi yang tidak terlalu kuat agar tidak menambah rasa mual si kecil.

7. Tempelkan jaun jarak

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak masuk angin muntah adalah dengan menempelkan jauh jarak pada perut si kecil. Caranya, cukup tempelkan jauh jarak yang sudah dicuci bersih, kemudian oleskan minyak telon atau minyak kayu putih. Cara ini cukup effektif untuk mengatasi masuk angin pad si kecil.

8. Berikan ramuan jahe

Manfaat bumbu dapur yang satu ini sudah pasti tidak kita ragukan lagi bukan. Jahe bisa memberikan efek nyaman pada tubuh si kecil jika terjadi masuk angin, dengan memberikan ramuan jahe hanget akan meringankan rasa mual, muntah dan pusing yang disebabkan masuk ingin.

Caranya membuatnya, rebus jahe kemudian campurkan dengan madu dan teh hangat. Cara ini bisa memberikan efek keringat pada sikecil dan kembali sehat.

Apa yang harus dilakukan jika anak muntah?

Jika si kecil muntah, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu dan lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Segera posisikan anak berbaring atau duduk, tujuan ini agar anak lebih nyaman
  • Berkumur, karena muntah memiliki rasa asam tentu ini tidak akan memberikan rasa nyaman setelahnya. Untuk itu, mintalah dia agar berkumur
  • Jangan dulu memberikan susu, jika si kecil masih menyusui sebaiknya berikan ASI. Namun, hindari memberikan susu sapi karena lambung si kecil tidak akan meneyerap dengan baik setelah terjadinya muntah
  • Jangan paksa si kecil untuk minum, karena lampung sedang teriritasi sebaiknya berikan minum secara perlahan dan jangan dipaksakan karena ini akan membuat perut si kecil nyeri
  • Jangan berikan makanan padat, setelah anak muntah jangan berikan makana padat
  • Oleskan minyak telon atau aromaterapi untuk menenangkan anak
  • Berikan cairan oralit, tujuan memberikan cairan oralit adalah untuk menggati cairan yang hilang

Kapan harus ke dokter jika anak terjadi muntah?

Muntah pada anak bisanya tidak akan memberikan efek yang berbahaya. Namun, segera bawa si kecil jika terjadi muntah dan menunjukkan beberapa gejala seperti berikut ini :

  • Muntah lebih sering dan anak nangis merasa sakit perut
  • Muntah diiringi dengan diare, deman dan sakit kepala
  • Muntah disertai dengan darah atau muntahan berwarna kehitaman
  • Perut terasa keras saat di raba
  • Muntahannya berwarna hijau
  • Muntah yang sering terjadi terutama pada bayi kurang dari 1 bulan
  • Jika setelah muntah anak mengalami buang air kecil sedikit, lesu, mata cekung, bibir kering, dehidrasi dan pada bayi bagian kepala yang lunak akan tampak cekung.

Itulah beberapa cara mengatasi anak masuk angin muntah beserta penyebabnya dan gejalanya. Diharapkan dengan mengetahui beberapa hal diatas, si kecil dapat pulih dan bermain dengan temen – temennya. Tak lupa juga, lebih sering si kecil berikan makan sehat agar tidak mudah masuk angin. Semoga membantu dan bermanfaat.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *