9 Akibat Tidak Cuci Darah Pada Gagal Ginjal Paling Bahaya dan Mengerikan

Akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal tentunya akan menghantui para penderita gangguan gagal ginjal. Lazimnya, mereka diwajibkan buat rutin cuci darah sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Jika tidak ya bisa berakibat fatal dan bisa menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit lainnya.

Maka dari itu anda harus berhati-hati dan jangan sampai telat atau bahkan tidak melakukan cuci darah. Berikut ini saya jelaskan beberapa akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal yang mungkin bisa Anda alami.

Mengenal Gangguan Penyakit Gagal Ginjal

Gagal  Ginjal menjadi salah satu gangguan penyakit yang banyak dialami oleh banyak orang. Gangguan penyakit ini disebabkan karena kebiasaan pola hidup yang tidak sehat dan faktor lainnya. Siapapun bisa terkena gangguan penyakit ini. Apalagi jika Anda jarang minum air putih tapi banyak konsumsi softdrink atau alkohol. Peluang terkena gagal ginjal akan sangat besar sekali.

Jika sudah terkena gagal ginjal maka Anda diwajibkan untuk melakukan cuci darah sesuai dengan anjuran. Mungkin saja bisa sebulan 3-4 kali. Guna dari cuci darah ini adalah mensterilkan dan memperbaiki kerja ginjal karena jika sudah terkena gangguan gagal ginjal ini tentu saja ginjal tidak akan bisa berkerja dengan benar. Selain itu, juga akan terjadi penumpukan kotoran yang akan semakin memperparah keadaan ginjal.

Akibat Tidak  Cuci Darah pada Gagal Ginjal yang Mengerikan

Meskipun cuci darah memiliki banyak manfaat, ternyata ada efek samping lainnya dari cuci darah yang bisa terjadi. Hal ini mungkin dikarenakan prosedur dalam cuci darah atau karena adanya penurunan pada fungsi ginjal yang tidak dengan sepenuhnya bisa diatasi dengan cuci darah saja.

Para penderita gangguan gagal ginjal yang sudah kronis biasanya akan kehilangan dari fungi ginkal sekitar 85% dan wajib buat cuci darah. Ini sangat penting sekali untuk dilakukan bagi para pendiri gagal ginjal supaya tidak terkena komplikasi.

Namum apa jadinya akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal? Tentu saja jawabnya akan sangat buruk. Bagi penderita gagal ginjal jika tidak mau cuci darah maka akan terjadi berapa efek berikut ini, yaitu :

Terjadi tekanan darah tinggi atau rendah tergantung kondisi tubuh

Salah satu rekomendasi samping jika tidak cuci darah adalah terjadi penurunan. Apalagi jika Anda juga mempunyai riwayat penyakit diabetes. Gejalanya yang akan Anda alami adalah sesak nafas, terjadi kram perut yang menyiksa, terjadi kram otot, mual dan muntah.

Selain penurunan tekanan darah, Akibat tidak cuci  darah pada gagal ginjal adalah terjadi darah tinggi. Ini biasanya terjadi pada penderita gagal ginjal yang juga mempunyai riwayat hipertensi yang masih aktif kondisi garan dan air secara berlebihan.

Mual muntah

Salah satu hal yang menyebabkan muntah serta mual adalah uremia. Uremia adalah sebuah proses penumpukan racun yang ada di dalam darah yang disebabkan karena gangguan gagal ginjal. Selain itu, ini juga bisa disebabkan karena jarang melakukan cuci darah sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Anemia

Anemia adalah sebuah kondisi dimana Anda mengalami kekurangan darah pada tubuh Anda. Ini menjadi salah satu efek yang  bakalan ditimbulkan jika Anda tidak mau cuci darah. Anda akan merasa lemas, letih dan juga lesu.

Kulit menjadi gatal

Jika Anda tidak cuci darah maka bisa menyebabkan gatal pada kulit. Ini sebenarnya adanya Hemodialisa yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal seperti terbakar. Maka dari itu, Anda harus rajin cuci darah dan juga banyak mengonsumsi pengikat fosfat secara teratur Ndan sesuai dengan anjuran dari dokter ya.

Terjadi kram otot

Meskipun penyebab kram otot terkadang tidak jelas, kram otot ini sering terjadi karena telat atau tidak cuci darah. Ini karena pembuluh darah membesar yang akan mempengaruhi pada otot yang bisa menyebabkan rasa nyeri di seluruh badan.

Terjadi peritonitis

Peritonitis adalah sebuah komplikasi yang terjadi akibat dari tidak melakukan cuci darah pada penderita gagal ginjal. Kondisi ini juga disebabkan Karan adanya infeksi pada bagian ginjal sehingga bakteri akan dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Jadi bisa berakibat fatal nantinya.

Terjadi penurunan berat badan yang tidak wajar

Pada dasarnya saat Anda melakukan cuci darah, cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh Anda mengandung banyak kandungan gula. Kandungan gula ini biasanya akan diserap oleh tubuh dan bisa menambah masa tubuh. Sehingga berat badan akan seimbanh.

Akan tetapi jika Anda tidak melakukan cuci darah maka badan Anda akan cenderung mengalami penurunan. Selain itu, badan juga akan nampak tidak sehat akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal.

Terjadi komplikasi Hernia

Orang yang mempunyai riwayat gagal ginjal tapi tidak cuci darah maka akan sangay besar resikonya terkena komplikasi gangguan penyakit. Salah satunya adalah hernia.

Hernia adalah sebagai gangguan penyakit yang terjadi pada bagaian alat reproduksi laki-laki. Hal ini karena adanya penumpukan cairan dan kotoran pada ginjal yang tidak bisa diangkat secara alami. Salah satu caranya ya hanya dengan melakukan cuci darah secara rutin.

Kanker

Selain bisa menyebabkan hernia dan gangguan penyakit lainnya, tidak cuci darah pada penderita gangguan gagal ginjal juga bisa menyebabkan  terjadinya kanker. Tumpukan kotoran yang menimpuk di ginjal yang dibiarkan mengendap dalam waktu yang lama bisa dijadikan sebagai sarang bakteri dan virus.

Bakteri dan virus ini akan menyebar ke seluruh tubuh dan bisa menyebabkan terjadinya kanker. Wah, mengerikan sekali ya. Makanya jika dokter meminta untuk melakukan cuci darah rutin harus manut ya.

Tips Atasi Efek Samping Cuci Darah

Memang ya efek samping melakukan cuci darah sangat beragam. Meskipun begitu, cuci darah bagi penderita gagal ginjal dinilai sangatlah penting buat dijalani. Ini akan sangat membantu dalam mengantikan fungsi ginjal jadi tubuh akan bisa menjalankan fungsinya dengan sangat baik dan metabolisme tubuh menjadi lancar.

Akan tetapi apabila cuci darah dinilai sebagai salah satu tindakan yang sudah tidak efektif untuk menggantiman fungsi ginjal atau dapat menimbulkan efek samping yang parah untuk ginjal maka akan sangat dianjurkan untuk menjalankan transparasi ginjal.

Efek samping dari cusi darah juga dapat ditangani dengan menggunakan bantuan obat dan mengubah pola hidup yang tidak sehat menjadi lebih sehat. Namun semua tetap harus dalam pengawasan dokter spesialis ya. Jadi Anda Harus rajin berkonsultasi dengan dokter secara berkala untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalani prosedur cuci darah.

Gimana masih mau gak rutin cuci darah sesuai dengan anjuran dokter? Jika iya maka Anda harus siap buat menerima segala macam akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal yang sudah disebutkan di atas. Mengerikan sekali, bukan? Jadi, yuk lebih baik lakukan cuci darah sesuai dengan anjuran dari dokter supaya kondisi ginjal tetap sehat dan syukur- syukur bisa terbebas dari gangguan penyakit gagal ginjal yang sering menyerang.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *