5 Akibat Kurang Makan dan Minum, Perhatikan!

By

sumbersehat.com – Perkara makan dan minum sering dianggap sepele oleh masyarakat sehingga sering memperlambat waktu atau melakukan diet ekstrim tanpa makan dan minum. tentunya tubuh Anda akan terasa lesu dan lemah sebagai akibat kurang makan dan minum karena tidak ada asupan energi yang masuk. Kurangnya asupan makanan serta minuman ke dalam tubuh akan berdampak kepada kesehatan Anda.

Anda mungkin bertanya  apakah yang terjadi jika Anda tidak makan dan minum dalam sehari ?. Mengingat biasanya kita menganggap kekurangan makan dan  minum adalah perara angin lalu. Untuk mendapatkan informasinya secara lengkap, simak penjelasan berikut!

akibat kurang makan dan minum

Pentingnya Menjaga Pola Makan dan Minum 

Ketika kekurangan makan dan minum biasanya penderita akan mendapatkan berbagai gejala penyebab gejala tersebut ada bermacam-macam. Saat Anda kurang makan dan minum suplai energi yang rutin diterima oleh tubuh menjadi berkurang sehingga membuat sistem metabolisme tubuh melambat dan akan berpengaruh kepada daya tahan tubuh. 

Biasanya orang yang kurang makan dan minum memiliki alasan yang sangat beragam salah satunya sibuk bekerja sampai melupakan waktu makan dan minum. Padahal asupan makan dan minum sangat penting untuk menunjang kestabilan energi pada tubuh manusia. 

Akibat kurang makan dan minum tak hanya mengganggu sistem pencernaan saja namun juga dapat mengganggu sistem kerja organ lain sehingga masalah ini tidak boleh dibiasakan serta disepelekan. Makan dan minum merupakan kebutuhan serta kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari.

Sudah tidak terbantahkan lagi jika asupan makanan dan minuman menjadi faktor penting penunjang kehidupan manusia. Namun di zaman modern seperti sekarang ini banyak orang yang menganggap remeh kebiasaan tersebut sehingga banyak yang menunda waktu makan bahkan mengurangi porsi makannya menjadi sedikit. 

Inilah Akibat Kurang Makan dan Minum

Saya akan membahas beberapa ulasan akibat kurang makan dan minum, simak informasinya ini:

Turunnya metabolisme tubuh

Akibat kurang makan dan minum yang pertama adalah turunnya metabolisme tubuh. Kurangnya asupan nutrisi bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi menurun. Turunnya metabolisme tubuh dipengaruhi oleh asupan kalori yang rendah sehingga proses pembentukan energi menjadi terhambat. 

Hal inilah yang menyebabkan tubuh Anda terasa lemah dan lesu serta tak bertenaga sehingga akan mengganggu kegiatan harian Anda. Kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang akan berakibat pada turunnya fungsi tubuh yang sangat membutuhkan air. Proses  sistem metabolisme tubuh membutuhkan makanan dan minuman untuk menghasilkan energi agar jaringan dan sel. 

Sehingga membuat tubuh dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat serta dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Akibat kurang makan dan minum  akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan, bahkan bisa membuat sel dan jaringan menjadi rusak. Baca juga Biasakan Menu Makanan Memenuhi Unsur-Unsur Gizi Ini untuk Tubuh Sehat Bugar.

Terganggunya sistem pencernaan

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem penting dalam tubuh manusia. Sistem pencernaan dapat terganggu akibat kekurangan makanan, salah satu contohnya adalah iritasi pada usus. Fungsi dari sistem pencernaan adalah menerima dan memproses makanan yang masuk kedalam tubuh dan mengubahnya menjadi nutrisi yang dapat diserap.

Apa yang terjadi jika asupan makanan yang diserap kurang? maka terjadilah masalah pencernaan. Masalah pencernaan akibat kurangnya makanan yang dicerna oleh tubuh akan membuat sistem pencernaan menjadi terganggu yang biasa disebut dengan intoleransi makanan.

Gangguan sistem pencernaan yang umumnya terjadi akibat kurang makan dan minum adalah maag atau tukak lambung. Gejala yang terjadi jika Anda memiliki maag adalah rasa perih disertai nyeri di perut sampai ke ulu hati ketika telat makan. 

Hal ini disebabkan oleh cairan mukosa yang membuat dinding lambung terluka akibat iritasi. Jika Anda merasakan gejala maag, sebaiknya atur pola dan jam makan yang teratur serta hindari stres berlebihan untuk menghindari naiknya asam lambung.

Mengganggu kekuatan otot, sendi dan temperatur tubuh

akibat kurang makan dan minum  Selanjutnya adalah gangguan kekuatan otot, sendiri dan temperatur tubuh . Untuk mencegah hal tersebut dalam sehari Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas berukuran 250 mL. Apabila tubuh kekurangan cairan sebanyak 5 % saja dalam sehari akan mengakibatkan kekuatan otot terganggu. Fungsi air ialah membantu melumasi sendi supaya gerakan tubuh lancar dan mencegah kekakuan otot. 

Selain membantu melumasi sendi, air juga berfungsi untuk mempermudah pengiriman oksigen ke otak, terutama ketika otot digunakan saat berolahraga, hal itulah yang menyebabkan nafas menjadi terengah-engah ketika Anda sedang berolahraga. Pada setiap bagian tulang tubuh manusia setidaknya terdapat kandungan air sebesar 31%. Anda dianjurkan untuk rutin minum air putih setiap harinya agar menghindari tulang-tulang serta sendi saling bergesekan antara satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut bertujuan agar gerakan pada aktivitas harian Anda tidak akan terganggu. Tak hanya bagi tulang, air juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan suhu tubuh serta membantu keseimbangan cairan yang didistribusikan ke seluruh tubuh dan organ. Untuk itu pastikan Anda mengkonsumsi air untuk meminimalisir akibat kurang makan dan minum.

Mengganggu sistem kekebalan tubuh

Akibat kurang makan dan minum selanjutnya adalah mengganggu sistem kekebalan tubuh. Kurangnya asupan makanan dan minuman dapat menyebabkan sistem imun menurun dikarenakan tidak adanya sumber nutrisi yang dapat dibakar menjadi energi. Akibatnya tubuh akan membakar lemak lebih banyak. 

Tubuh juga  bisa dengan terpaksa membakar otot untuk persediaan energi sehingga membuat tubuh menjadi lemah yang akan berdampak pada turunnya sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh mudah diserang oleh berbagai macam penyakit akibat menurunnya pertahanan sistem imun untuk melindungi tubuh.

Pada sistem ekskresi manusia, air berperan untuk melembabkan kotoran serta urine yang dihasilkan dari proses metabolisme. Jika tubuh kekurangan air maka akan berdampak pada menumpuknya limbah dalam tubuh karena proses ekskresi yang terhambat. Sehingga akan mempengaruhi koordinasi sistem imun tubuh untuk mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis dari luar terhadap zat asing yang akan menyerang tubuh termasuk penyakit.

Sulit berkonsentrasi dan stres

Sulit berkonsentrasi dan stres menjadi akibat kurang makan dan minum yang bisa Anda rasakan berikutnya. Pernahkah anda mengalami dehidrasi sampai mengganggu konsentrasi ketika Anda bekerja , hal tersebut dikarenakan kurangnya pasokan air ke otak. Jika tubuh kekurangan cairan, maka aliran darah dan oksigen yang dikirim ke otak menjadi tidak lancar, sehingga konsentrasi pun menjadi menurun.

Karena alasan itulah anda sering menguap atau mengantuk ketika sulit berkonsentrasi akibat kurang minum. Gejala berikutnya yang bisa Anda rasakan akibat kurang makan dan minum adalah stres. Nafsu makan dapat dipengaruhi oleh faktor pikiran, orang-orang yang sulit berkonsentrasi bahkan sampai stres biasanya tidak dapat menjaga rentang fokusnya dengan baik.

Kurang makan dapat menyebabkan gangguan kinerja otak dan kemampuan kognitif pada manusia, sehingga ketika Anda kekurangan asupan makanan dan cairan akan membuat konsentrasi terganggu, mudah lupa, mengantuk bahkan bisa membuat stres. Beberapa yang telah dipaparkan di atas hanya segelintir dari banyaknya dampak yang dapat anda rasakan akibat tidak makan sehari. Jangankan sehari, beberapa jam saja Anda telat untuk makan, maka tubuh Anda akan bereaksi dengan sendirinya. 

Sesibuk apapun kegiatan ataupun pekerjaan Anda agar terhindar dari  akibat kurang makan dan minum, luangkanlah waktu sebentar untuk makan dan minum dengan  tepat waktu , bila perlu buatlah gerakan kecil untuk berolahraga agar tubuh Anda tidak kaku. Kalau bukan sekarang, kapan lagi Anda akan menjaga kesehatan ? Apakah menunggu sakit dahulu ? Salam sehat !!!

Tinggalkan komentar